Pengertian dan Gambar Tahapan Siklus Calvin Pada Tumbuhan

Pengertian dan Gambar Tahapan Siklus Calvin Pada Tumbuhan

Pengertian dan Gambar Tahapan Siklus Calvin Pada Tumbuhan - Diskusi ini akan membahas makna siklus calvin, tahap siklus calvin, definisi siklus calvin, proses siklus calvin pada tanaman, pemahaman reaksi gelap pada tanaman, pemahaman reaksi cahaya pada siklus tanaman dan calvin.

Reaksi Gelap (siklus Calvin)
Reaksi gelap (siklus Calvin) terjadi di dalam stroma (rongga daun). Dalam siklus Calvin, H2 dilepaskan dari molekul air (H2O) akan terikat oleh NADP dan membentuk NADPH2, sementara O2 tetap berada dalam keadaan bebas.

Dalam reaksi gelap terjadi serangkaian reaksi siklik (berulang) yang membentuk gula dari CO2 dan energi (ATP dan NADPH). Reaksi ini tidak membutuhkan cahaya.

Energi yang digunakan dalam siklus Calvin diperoleh dari reaksi ringan. Saat reaksi gelap terjadi proses respirasi seluler.

Glukosa yang diperoleh dalam reaksi ringan digunakan oleh tanaman untuk membentuk senyawa organik lainnya seperti selulosa yang merupakan komponen utama dari tumbuhan dan juga bisa dijadikan bahan bakar.

Pernapasan pada tanaman terjadi di malam hari. Tanaman bercita-cita dan melepaskan CO2, uap air, dan energi. Karena itu, pada malam hari udara di bawah tanaman terutama yang berdaun banyak akan terasa pengap, sedikit lembab dan gerah.

Karbon dioksida menyerap panas dari lingkungan yang menyebabkan udara menjadi panas. Udara lembab yang dirasakan disebabkan kelembaban yang dilepaskan.

Pengertian dan Gambar Tahapan Siklus Calvin Pada Tumbuhan
Gambar: Siklus Calvin

Spektrum Cahaya Fotosintesis

Proses fotosintesis terjadi dengan bantuan sinar matahari. Dari semua radiasi matahari yang dipancarkan, hanya panjang gelombang yang berada dalam kisaran cahaya yang terlihat dengan panjang gelombang 380-700 nm yang dapat digunakan untuk fotosintesis.

Cahaya nampaknya terbagi atas beberapa spektrum antara lain sebagai berikut.

A. Cahaya merah
Spektrum cahaya merah memiliki panjang gelombang antara 610-700 nm.

B. Terang hijau muda
Spektrum cahaya kuning muda memiliki panjang gelombang 510-600 nm.

C cahaya biru
Spektrum cahaya biru memiliki panjang gelombang antara 410-500 nm.

D. Violet cahaya
Spektrum cahaya ungu memiliki panjang gelombang <400 nm.

Setiap spektrum cahaya memiliki pengaruh yang berbeda terhadap proses fotosintesis. Hal ini terkait dengan jenis dan sifat pigmen dalam kloroplas sambil menangkap cahaya pada fotosintesis.

Pigmen yang ada di dalam membrane granit menyerap cahaya yang memiliki panjang gelombang tertentu. Pigmen yang berbeda menyerap cahaya dengan panjang gelombang yang berbeda.

  1. Pada reaksi tanaman reaksi ringan dan gelap terjadi secara simultan dan simultan
  2. Reaksi reaksi cahaya tidak bergantung pada suhu
  3. Reaksi gelap-tidak tergantung pada cahaya tapi terkena suhu.
  4. Pigmen: senyawa yang menyerap cahaya
  5. Beberapa pigmen menyerap cahaya dengan panjang gelombang tertentu

Klorofil adalah molekul pigmen yang dimiliki tanaman hijau. Menyerap cahaya terbesar pada spektrum biru dan merah

Reaksi menangkap energi cahaya:

1). Sistem Cahaya I: Spektrum menyerap 700 nm

2). Sistem Cahaya II: Spektrum penyerapan 680 nm

0 komentar:

Posting Komentar