Pengertian Macam-Macam Rangkaian Listrik Seri, Paralel dan Campuran Beserta Rumusnya

Diskusi ini akan membahas definisi rangkaian listrik seri, pemahaman rangkaian listrik paralel, pemahaman rangkaian listrik campuran, rangkaian rangkaian listrik seri, rumus rangkaian listrik paralel, rangkaian rangkaian listrik campuran, rangkaian listrik paralel dan rangkaian, Pembatasan penggantian secara seri, rangkaian listrik, resistansi pengganti pada rangkaian paralel dan ketahanan pengganti pada rangkaian campuran.

Rangkaian listrik

Amati berbagai peralatan listrik di sekitar Anda. Lampu, kulkas, dan setrika listrik terhubung ke sumber tegangan listrik, membentuk sirkuit listrik.

Ada dua jenis sirkuit listrik. Jenis rangkaian tergantung pada bagaimana bagian sirkuit (sumber tegangan, konektor kawat, dan kendala) diatur. Rangkaian rangkaian dan rangkaian sejajar.

1. Rangkaian seri

Mungkin Anda pernah memasang lampu dekoratif untuk hari kemerdekaan sang prajurit. Jika salah satu lampu padam, semua lampu mati, dan Anda biasanya merasa sulit menemukan lampu yang rusak. Lampu diatur secara seri.
Rangkaian seri merupakan salah satu sirkuit listrik yang disusun secara paralel (seri). Baterai di senter umumnya disusun secara seri.
Pada rangkaian seri, hanya ada satu jalur arus listrik. Bagian sirkuit dipasang secara berurutan, tanpa percabangan apapun. Perhatikan diagram rangkaian pada Gambar di bawah ini


Memahami Macam Seri Sirkuit Listrik, Paralel dan Campuran Dengan Formula

Pengertian Macam-Macam Rangkaian Listrik Seri, Paralel dan Campuran Beserta Rumusnya
Pada rangkaian seri, hanya ada satu cara untuk arus listrik

2. Hambatan pengganti dalam rangkaian seri

Kita bisa mengganti beberapa kendala yang dijalin secara seri dengan hambatan. Sebagai contoh, R1, R2, dan R3 pada Gambar. Kita bisa ganti dengan Rs. Kita akan mencari Rs besar.
Hambatan R1, R2, dan R3 dapat digantikan oleh hambatan, yaitu Rs.

Anda tahu bahwa jumlah perbedaan potensial di setiap rintangan sama dengan beda potensial sumber tegangan. Sesuai Gambardi diatas, maka:

VAB = VAX + VXY + VYB

Sesuai dengan hukum Ohm, V = I × R, persamaan di atas dapat dituliskan:

I × RS = I × R1 + I × R2 + I × R3

Karena saya di mana-mana sama besarnya, maka:

Rs = R1 + R2 + R3

Secara umum, jika ada rangkaian seri dengan n resistansi R1, R2, R3, ... Rn, maka resistansi pengganti adalah:

Pengertian Macam-Macam Rangkaian Listrik Seri, Paralel dan Campuran Beserta Rumusnya

3. Rangkaian paralel

Apa yang terjadi jika lampu di rumah Anda diserialkan? , Setelah salah satu lampu padam, lampu lainnya juga akan padam. Untungnya berbagai peralatan listrik di rumah Anda terhubung secara paralel. Sirkuit paralel terdiri dari beberapa cabang arus.
Hambatan R1, R2, dan R3 dihubungkan secara paralel.

Perhatikan rangkaian paralel pada Gambar di atas. Arus listrik dipisahkan menjadi tiga, mengalir di setiap cabang.

Rangkaian listrik paralel adalah rangkaian listrik, di mana semua masukan komponen berasal dari sumber yang sama. Semua komponen sejajar satu sama lain.

Jika kekuatan masing-masing cabang dijumlahkan, maka besarannya sama dengan kekuatan saat ini sebelum memasuki cabang. Inilah bunyi Hukum Pertama Khirrchoff, persamaannya bisa ditulis sebagai berikut.
Jika persamaan di atas diperluas ke setiap cabang di sirkuit, arus kuat yang memasuki titik cabang sama dengan kekuatan arus yang meninggalkan titik cabang. Jika fakta ini diterapkan pada cabang A point, maka akan menjadi sebagai berikut.

Saya masukkan titik cabang A = I dari titik A
atau

I = I1 + I2 + I3 + I4

4. hambatan Pengganti di sirkuit Rangkaian paralel

Beberapa hambatan paralel yang bisa kita ganti dengan satu hambatan pengganti. Apa resistansi pengganti di sirkuit paralel? Perhatikan tiga hambatan yang paralel ditambah dengan gambar ini
Cabang arus masuk (Iin) sama dengan arus keluar (Iout).

Di sirkuit ini hubungan kuat saat ini berlaku sebagai berikut.

I = I1 + I2 + I3 +

Sesuai dengan hukum Ohm, persamaannya bisa ditulis:


Seperti yang Anda amati dalam Kegiatan 4, perbedaan potensial antara ujung resistansi di sirkuit paralel sama dengan perbedaan sumber potensial, atau

V = VAB = VCD = VEF. Akibatnya persamaan di atas dapat dituliskan:


Persamaan di atas dapat diperluas untuk menemukan hambatan penghilangan R1, R2, R3, ..., Rn paralel digabungkan. Resistansi pengganti dapat diperoleh dari persamaan berikut.


Dengan Rp = resistansi pengganti paralel ........................ Ω

5. Rangkaian Seri dan paralel campuran 

Di sirkuit yang kompleks, seperti sirkuit pada perangkat elektronik, Anda dapat menemukan sirkuit yang terdiri dari kombinasi seri dan paralel. .

Untuk menghitung hambatan pengganti yang Anda temukan pertama, hambatan penggantian R1, R2, dan R3 digabung secara paralel. Seri berikutnya bisa disederhanakan menjadi seri.

(A) R1, R2, dan R3 disejajarkan, dengan resistansi pengganti sebesar Rp, (b) Resistansi penggantian total adalah rangkaian seri dengan R4.

Rangkaian Pemutus Arus

Tegangan listrik jala (PLN) di rumah Anda adalah 220 V dan kekuatan arus yang mengalir di sirkuit listrik cukup besar.

Aliran yang mengalir bisa menjadi sangat besar, jika terjadi arus pendek. Dalam peristiwa hubung singkat, arus listrik tidak melewati rintangan, namun lolos langsung melalui kawat.

Kejadian arus pendek terjadi saat insulator pembungkus kawat mengelupas. Karena besarnya arus listrik pada konduktor kawat, maka ada energi listrik yang berubah menjadi panas.

Untuk mencegah korsleting, sirkuit harus segera terbuka (arus tidak mengalir) sehingga arus pendek terjadi. Caranya adalah dengan memasang kabel yang mudah dilepas dengan mudah di sirkuit listrik.

Jika ada arus lebih di sirkuit, dan arus melebihi batas arus sekering, sekering segera meleleh dan pecah.

Pemilik rumah mencari dan memperbaiki apa yang menyebabkan korsleting. Selanjutnya ia harus mengganti sekering yang patah dengan sekering baru yang mirip dengan sekering aslinya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Macam-Macam Rangkaian Listrik Seri, Paralel dan Campuran Beserta Rumusnya"

Posting Komentar