Pengertian Norma, Macam-macam Norma, Penjelasan Dan Contoh Norma

Pengertian Norma, Macam-macam Norma, Penjelasan Dan Contoh Norma - Pengertian dan Penjelasan Norma Dalam mensosialisasikan lingkungan masyarakat harus selalu berpegang teguh pada norma, norma memiliki pemahaman dan penjelasan yang sangat luas karena banyak ahli yang mengemukakan pendapatnya tentang apa itu Norma ?? .. karena norma adalah ketentuan yang harus dipatuhi oleh karna yaitu dalam menafsirkan norma yang terbagi, karena norma, untuk mengetahui lebih banyak tentang Definisi Norma dan Penjelasan Norma mari kita lihat artikel di bawah ini.

Definisi Pengertian dan Penjelasan Norma

(Norma Definisi dan Penjelasan Normal) Norma adalah peraturan, ketentuan, peraturan, kriteria, atau persyaratan yang mengandung nila tertentu yang harus dipatuhi oleh masyarakat dalam melakukan, dan berperilaku membentuk komunitas dalam melakukan, dan berperilaku agar membentuk Biasa, aman

Pengertian Norma, Macam-macam Norma, Penjelasan Dan Contoh Norma

A. Definisi Norma
Pengertian Norma menurut para ahli antara lain

1. Achmad C. Zubair
pengertian Norma adalah ukuran, garis pengarah, aturan atau kaidah bagi pertimbangan dan penilaian.

2. Thomas Hobbes,

Menyatakan bahwa tidak ada norma manusia yang akan menjadi serigala bagi sesama (homo homini lupus), Jika sebuah masyarakat tidak memiliki norma, hal itu akan menyebabkan kekerasan, dan tidak adanya keadilan, ketertiban dan kedamaian dalam kehidupan. Dengan demikian, pesta yang akan menindas yang lemah

Norma memiliki perintah dan sifat penghalang berikut.
Norma memiliki sifat perintah dan batasan yang harus dipatuhi oleh semua kelas masyarakat, sifat perintah dan larangan norma adalah sebagai berikut.

A. Perintah, yang merupakan keharusan bagi seseorang untuk melakukan sesuatu, karena akibatnya yang baik. Misalnya setiap orang diharuskan melapor ke pihak berwenang jika mereka mengetahui adanya tindak pidana

B. Larangan, yang merupakan keharusan bagi seseorang untuk tidak melakukan apapun karena konsekuensinya dianggap tidak menguntungkan, dan tidak dapat memberi sanksi kepada mereka yang mengorganisir misalnya dilarang membunuh dan mencuri.

C. Penggunaan norma adalah
Norma memiliki kegunaan di manapun kita berada, kegunaan norma adalah sebagai berikut.
1. Sebagai panduan atau panduan untuk melakukan dan berperilaku,
2. Sebagai ukuran dalam mengevaluasi tindakan seseorang dalam berperilaku,
Norma dan sanksi selalu berpasangan, yaitu kondisi yang dikenakan pada pelaku norma. Jika seseorang melanggar norma maka harus mendapat sanksi, itu sebagai akibat atau tanggung jawab atas tindakannya.

D. Macam-macam Jenis Norma
Norma agama / agama, yaitu peraturan kehidupan yang berasal dari Tuhan (Tuhan) yang diterapkan pada manusia ciptaannya melalui perantara utusannya.
Norma adat / kerendahan hati adalah norma yang timbul dari kebiasaan sosial sehari-hari untuk area tertentu. Misalnya, orang muda harus menghormati yang lama, memberi kursi, berjabat tangan dan banyak lagi
Norma hukum adalah norma peraturan yang timbul dari hukum yang berlaku. Norma hukum bertujuan untuk mengatur kepentingan manusia dalam masyarakat agar bisa mendapatkan kehidupan yang teratur.

Demikian Beberapa artikel tentang Norma dan Evaluasi, Semoga bermanfaat

(Sumber: buku teks pendidikan kewarganegaraan untuk SMA / SMK, penerbit CITRA PUSTAKA, Kompilator: Fifi Purnama dewi, S.pd dkk.)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Norma, Macam-macam Norma, Penjelasan Dan Contoh Norma"

Posting Komentar