Pengertian Penyusun Partikel Atom Neutron, Proton dan Elektron

Pengertian Penyusun Partikel Atom Neutron, Proton dan Elektron

Pengertian Partikel Penyusun Atom Proton, Neutron dan Elektron - Setelah Anda belajar tentang gagasan teori atom dan atom, diskusi ini akan membahas partikel atom, proton, neutron, jumlah atom, pengertian elektron dan formula atom.

Partikel sub atom

Proton
Proton adalah partikel bermuatan positif yang ada di inti atom.
Proton dilambangkan dengan huruf p dan massanya 1 sma (unit massa atom). Tuduhan proton adalah +1 yang juga sebanding dengan 1,602. 10-19 coulomb.

Setiap elemen memiliki atom tertentu dengan jumlah proton yang tidak sama. Sebagai contoh, hidrogen jumlah proton adalah satu, lithium jumlah proton adalah tiga, natrium sebelas, dan seterusnya.

Neutron

Neutron atau neutron adalah partikel sub-atomik yang netral dan memiliki massa 940 MeV / c² (1.6749 × 10-27 kg, sedikit lebih berat dari pada proton.
Kata neutron berasal dari bahasa Latin netral yang berarti tidak ada muatan. Simbol untuk neutron adalah n.

Massa neutron setara dengan 1 sma (unit massa atom). Sebagai contoh, helium memiliki 2 neutron, lithium memiliki 3 neutron, sodium memiliki 11 netron, dan seterusnya.

Elektron

Elektron adalah partikel subatomik yang bermuatan negatif dan umumnya ditulis sebagai e-.
Partikel penyusun teringan adalah elektron. Massa elektron hanya 1 / 1.840 sma. Oleh karena itu, elektron dianggap tanpa massa. Elektron memiliki muatan negatif sebesar 1,602. 10-19 C. Posisi elektron dalam atom dapat digambarkan sebagai berikut.

Memahami Partikel Komposer Proton Atom, Netron dan Elektron
Pengertian Partikel Penyusun Atom Proton, Neutron dan Elektron

Proton dan neutron hadir di inti atom yang dikelilingi elektron dalam lintasannya. Atom tidak dibebankan Oleh karena itu, jumlah proton dan elektron dalam atom selalu sama. Elektron juga disebut kulit atau orbital.

Nama-nama jalur elektron dari yang paling dekat dengan inti atom adalah jalur 1, 2, 3, 4 ,. . . (K, L, M, N, ...) Elektron yang mengisi setiap nomor jalur maksimum: lintasan pertama dapat diisi 2 elektron. Lintasan lintasan maksimum kedua dapat diisi 8 elektron. Lintasan maksimum ketiga bisa diisi 18 elektron.

Simbol atom ditulis sebagai berikut.
Pengertian Partikel Penyusun Atom Proton, Neutron dan Elektron


Informasi:
J: jumlah massa (jumlah proton dan neutron)
Z: nomor atom

0 komentar:

Posting Komentar