Pengertian Teori Atom Dalton Dan Menurut Para Ahli

Kamis, 27 Juli 2017

Pengertian Teori Atom Dalton Dan Menurut Para Ahli

Setelah Anda belajar tentang gagasan tentang atom dan partilkel maka pembahasan ini akan membahas tentang pemahaman teori atom deltonik, teori atom delton, teori atom menurut para ahli dan Atomnusia.

Teori Atom
Partikel material bisa berupa atom, molekul, atau ion. Partikel material memiliki ukuran yang sangat kecil, sehingga hampir tidak mungkin untuk mengamatinya. Namun, berkat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, saat ini telah ditemukan partikel terkecil yang disebut quark atau dalam bahasa Indonesia disebut quark.

Asumsi bahwa atom adalah bola kecil yang kompak dan tidak bisa dipecahkan menjadi partikel yang lebih sederhana tidak benar.

Penemuan radioaktivitas oleh Antonie Henri Becquerel ratusan tahun yang lalu telah membuktikan bahwa atom terdiri dari partikel, elektron yang lebih kecil (ditemukan oleh Joseph John Thomson), proton (ditemukan oleh Ernest Rutherford), dan neutron (ditemukan oleh James Chadwick).

Atomnusia sebenarnya terdiri dari ratusan ribu hingga jutaan jenis material. Bahannya, jika dijelaskan, akan menjadi kombinasi atomatom. Apa sebenarnya atomnya? Kami akan mempelajarinya melalui diskusi berikut.

Demokritus, seorang filsuf Yunani pada abad keempat SM, adalah pencetus gagasan atom pertama. Saat itu ada dua pendapat tentang pembagian materi. Menurut Democritus, pembagian materi terputus-putus.

Artinya, jika sebuah benda dibagi dan terbagi maka akhirnya didapat partikel terkecil yang tidak bisa dibagi lagi. Partikel terkecil disebut atom, yang dalam bahasa Yunani berarti terbagi (a = tidak; tomos = habis dibagi).

Pendapat lain dikemukakan oleh Aristoteles yang mengatakan bahwa pembagian materi bersifat terus menerus, artinya pembagian bisa berlanjut tanpa batas waktu.

Pada tahun 1803, John Dalton, seorang ahli fisika dan kimia mengajukan teori yang menegaskan bahwa materi terdiri dari atom. Dengan demikian, atom adalah bagian terkecil dari elemen. Atom netral (tidak bermuatan listrik).

Teori atom Dalton

Teori atom Dalton mencakup empat hal sebagai berikut.

1. Semua materi disusun oleh partikel terkecil yang disebut atom.

2. Atom tidak bisa dibuat, dipecah, atau terbagi menjadi bagian kecil lainnya.

3. Atom dari unsur yang sama memiliki sifat dan massa yang sama.

4. Atom dari unsur yang berbeda memiliki sifat dan massa yang berbeda.

Penataan atom dalam besi bisa dilihat pada gambar di bawah ini. Pada tahap selanjutnya, model atom benar-benar berkembang sampai konsep paling modern yang berlaku sampai saat ini bahwa atom sama-sama mirip gelombang seperti yang diungkapkan oleh Broglie. Berikut ini adalah gambaran perkembangan model atom dari waktu ke waktu.

Pengertian Teori Atom Delton dan Murut Para Ahli
Memahami Teori Atom Pakar Dalton dan Murut

Pengertian Teori Atom Delton dan Murut Para Ahli
Model atom Bohr Menjelaskan stabilitas elektron
Yang bergerak di orbitnya.

Pengertian Teori Atom Delton dan Murut Para Ahli

Orbital: elektron tanpa momentum sudut menempati tempat seperti ini. Bayangan menunjukkan kemungkinan menemukan elektron di tempat. Model atom Schrodinger Menjelaskan probabilitas menemukan elektron yang disebut orbital.

Atom memiliki diameter 10-8 (0,00000001) cm, yang terdiri dari inti atom dan dikelilingi oleh elektron yang bergerak di orbit tertentu. Hampir semua massa atom berpusat di inti atom dalam bentuk proton dan neutron, sedangkan jari-jari inti atom berukuran 10-13 cm dibandingkan dengan jari-jari atom itu sendiri adalah 1: 100.000. Jika kita anggap inti atom adalah marmer yang diameternya 1 cm, maka kulit atomnya akan berukuran 100.000 cm atau 1 km dari marmer. Jadi, kita bisa membayangkan bagaimana soket atom yang kita anggap kokoh.

0 komentar:

Posting Komentar