Sejarah Legenda Candi Prambanan : Asal usul Terjadinya Candi Prambanan

Minggu, 30 Juli 2017

Sejarah Legenda Candi Prambanan : Asal usul Terjadinya Candi Prambanan

Sejarah Legenda Candi Prambanan : Asal usul Terjadinya Candi Prambanan - Sejarah Legenda Candi Prambanan Ada legenda di balik pembangunan candi ini atau tepatnya candi Prambanan. Legenda Candi Prambanan adalah sebuah cerita yang berasal dari masyarakat, Menurut cerita yang dikatakan sebagai raja bernama Raja Boko, Raja Boko adalah raksasa yang tinggal di sebuah desa, Desa bernama Desa Prambanan, 

Raja Boko memiliki anak perempuan cantik yang Adalah Roro Jongrang, Lalu ada kerat dari Kerajaan Pengging bernama Bandung Bondowoso, ksatria ini mengalahkan Raja Boko, dalam kemenangan Bondowoso Bandung, Bondowoso hanya mengaplikasikan Putri Raja Boko yang cantik yaitu Roro Jonggrang,

Sejarah Legenda Candi Prambanan

Lamaran Bandung bondowoso diterima namun memiliki Kondisi yang harus dipenuhi oleh Bandung Bondowoso untuk membangun seribu candi dengan waktu yang sangat singkat yaitu suatu malam. Bandung Bondowoso Terima Roro Jonggrang dengan membangun seribu pura. Dalam pembangunan seribu candi Bandung Bondowoso yang menggunakan bantuan roh tersebut bisa mewujudkan keinginan Roro Jonggrang. Namun, saat candi tersebut mendekati sosok seribu candi (1000 buah), Roro Jonggrang membunyikan lesung dengan bantuan rakyat, Dalam membunyikan lesung pipi, bertujuan menipu ayam jantan untuk berkokok.

Bandung Bondowoso yang keliru hari sudah pagi dan Bondowoso terpaksa berhenti bekerja, namun sudah 999 buah candi tercipta, hanya satu candi lagi yang bisa memenuhinya menjadi seribu pura. Namun, Bandung Bondowoso tahu kalau Putri Roro Jongrang sudah melakukan licik, Bandung Bondowosopun langsung marah dan memberi kutukan kepada Roro Jongrang berubah menjadi batik untuk memenuhi candi bandung bondowoso yang dibuat menjadi 1000 Pura Buah.

Dalam sekejap Roro Jonggrang berubah menjadi patung. Dalam cerita ini tidak benar-benar terjadi, namun cerita ini hanya menjadi legenda bagi masyarakat sekitar Prambanan. Dan memang, Candi Prambanan tidak berjumlah 1000 buah seperti cerita diatas tapi hanya berjumlah 250 buah candi. Patung Batari Durga Mahisa Suramardhani di pura Siwa, oleh masyarakat setempat diyakini sebagai penjelmaan Roro Jonggrang. 

Kalasan ditulis dalam bentuk puisi Sanskerta dan surat Pranagari, disebutkan bahwa biksu Budha meminta izin kepada Raja Panangkaran untuk mendirikan tempat suci bagi Dewi Tara. Raja mengabulkannya dan menyerahkan desa Kalasan kepada para bhikkhu. Dewi Tara sendiri adalah dewi cinta dan pelindung bagi umat Budha.

Sejarah Legenda Candi Prambanan
Candi Prambanan
Beberapa artikel tentang, Legenda Candi Prambanan, semoga bermanfaat
(Sumber: Sejarah SMA dan madrasah aliyah)

0 komentar:

Posting Komentar