Virus Pemakan Bakteri ( Bakteriofag ) Beserta Penjelasannya

Virus Pemakan Bakteri ( Bakteriofag ) Beserta Penjelasannya

Virus Pemakan Bakteri ( Bakteriofag ) Beserta Penjelasannya - Bakteriofag, bakteri Bakteriofag atau bakteri sering disebut bakteri Bakteriofag atau bakteri yang biasa disebut bakteri Bakteriofag atau bakteri yang sering disingkat fagsa yang ditemukan oleh dua bakteri. Seorang ahli mikrobiologi bernama fredick Twort (1913) dan Felix d'Herelle (1917) sebagai partikel yang menyebabkan sel bakteri lisis (break). Nama virus ini berasal dari kata bakteri dalam bahasa Inggris dan kata phagien berasal dari bahasa Yunani yang berarti makan ..

Struktur bakteriofag terdiri dari:
A. Kepala
B. ekor
C. kaki.
Virus Pemakan Bakteri ( Bakteriofag ) Beserta Penjelasannya

Kepala terdiri dari asam nukleat yang ditutupi dengan kapsid polyhedral. Bagian ekor menempel di kepala. Serat kaki adalah ekor yang berfungsi untuk menempel pada tubuh bakteri.

Para peneliti mengembangkan pengetahuan tentang virus yang mengeksplorasi berbagai penelitian tentang bakteriofag. Hal ini karena bakteriofag mudah berkembang pada sel bakteri hidup di laboratorium. Fag yang sering diteliti adalah fag yang bersifat parasit pada bakteri E. cole yang disebut Fag T.

Fag T terdiri dari kepala berbentuk heksagonal dengan diameter 50-65 milimikron dan panjang hingga 200 milimikron. Panjang ekornya adalah 100 milimikron. Kepala adalah bagian utama dari pusat yang terdiri dari kapsul yang tertutup DNA. Ekor adalah badan tersumbat yang dilengkapi dengan serat.

Ada beberapa phage yang diketahui: phage:

  1. T2,
  2. T3
  3. T4
  4. T5,
  5. T6
  6. T7.

Secara morfologis, bentuk luar dari enam fag tidak jauh berbeda. Namun secara serologis (studi serum)
Mereka menunjukkan perbedaan sebenarnya adalah:

  1. Fag T2 T4, T6 disebut T genap
  2. Termasuk satu kelas serologi. T3 dan T7 termasuk dalam kelas serologi lainnya,
  3. Sedangkan T3 dan T5 berbeda satu sama lain dan juga berbeda dengan kelas serologi T lainnya


Artikel Tentang Virus Baktri (Bacteriofag), Semoga Bermanfaat
(Sumber: Biologi volume 1 untuk kelas SMA X Hal: 23)

0 komentar:

Posting Komentar