Contoh Perilaku Masyarakat dari Perubahan Sosial Budaya Dan Dampaknya

Website Informasi Seputar Tips Android, Komputer, Pendidikan,Biss Key, Frekuensi Tv, Chanel Tv, Pengertian, Contoh

Contoh Perilaku Masyarakat dari Perubahan Sosial Budaya Dan Dampaknya

Dampak dan Contoh Perilaku Masyarakat dari Perubahan Sosial Budaya - Faktor perubahan sosio-kultural yang secara langsung maupun tidak langsung akan berdampak negatif dan positif. Kami tidak khawatir jika perubahan yang terjadi itu positif karena perubahan positif akan memberi pengaruh yang baik. Namun, kita harus berhati-hati dengan dampak negatif yang timbul.

A. Dampak Positif
Perubahan bisa terjadi jika masyarakat dengan budaya mampu menyesuaikan diri dengan gerak perubahan. Keadaan masyarakat yang memiliki kemampuan menyesuaikan diri disebut adjusment, sedangkan bentuk penyesuaian masyarakat dengan pergerakan perubahan disebut integrasi.

B. Konsekuensi Negatif
Konsekuensi negatif terjadi ketika masyarakat dengan budayanya tidak mampu beradaptasi dengan gerak perubahan. Ketidakmampuan untuk beradaptasi terhadap perubahan disebut maladjusment. Maladjusment akan menyebabkan disintegrasi.

Penerimaan masyarakat terhadap perubahan sosial budaya dapat dilihat dari perilaku masyarakat yang bersangkutan. Jika perubahan sosio-kultural tidak mempengaruhi eksistensi atau penerapan nilai dan norma maka perilaku masyarakat akan positif. Namun, jika perubahan sosio-kultural menyimpang atau mempengaruhi nilai dan norma maka perilaku masyarakat akan negatif.

Perilaku Sosial Perubahan Budaya
Contoh perilaku masyarakat akibat perubahan sosio-kultural adalah sebagai berikut.

1. Aksi protes
Aksi protes adalah sebuah pergolakan massa secara umum sebagai wujud ketidakpuasan terhadap keputusan dan kejadian di masyarakat.
2. Demonstrasi
Demonstrasi adalah gerakan massa yang bersifat langsung, terbuka dan lisan atau tertulis dalam perjuangan demi kepentingan yang disebabkan oleh penyimpangan sistem, perubahan inkonstitusional, dan tidak efektifitas sistem yang berlaku.
3. Kenakalan remaja
Kenakalan remaja adalah tindakan antisosial yang dilakukan oleh remaja. Kenakalan remaja bisa terjadi karena faktor keluarga tidak harmonis sehingga anak berperilaku bertentangan dan melanggar norma dalam keluarga.
4. Kejahatan
Kejahatan adalah pelanggaran terhadap norma seseorang yang dilakukan dan diancam dengan sanksi pidana. Penyebab kejahatan adalah perbedaan budaya, perbedaan ideologi politik, perbedaan mental yang tidak stabil.
5. Daerah pergolakan
Pergolakan regional adalah gerakan sosial vertikal dan horisontal yang dilakukan bersamaan dengan banyak cara untuk memaksakan kehendak.

Kesimpulan Dampak dan Contoh Perilaku Komunitas dari Perubahan Sosial Budaya:

Dampak Dari adanya perubahan sosio-kultural terbagi menjadi 2 yaitu, dampak positif dan dampak negatif
1. Dampak positif perubahan sosio-kultural dapat terjadi jika disesuaikan dengan perubahan tersebut
2. Dampak negatif dari perubahan sosial budaya dapat terjadi jika masyarakat tidak dapat mengendalikan perubahan sosio-kultural.

Contoh Perilaku masyarakat dari perubahan sosio-kultural meliputi hal berikut ..
1. Aksi protes
2. Demonstrasi
3. Kenakalan remaja
4. Kejahatan
5. Pergolakan Daerah

Bahwa Penjelasan, Dampak dan Contoh Perilaku Komunitas dari Perubahan Sosio-Budaya, Lihat berbagai artikel, Disini, Semoga Bermanfaat

(Sumber: IPS, Hal: 111-112, Penerbit: Pusat Buku Kementerian Pendidikan Nasional, Penulis: Sutarto, Pencetakan: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri-Solo)

0 komentar:

Posting Komentar