Faktor-Faktor Yang Memaksa Belanda Keluar dari Indonesia

Website Informasi Seputar Tips Android, Komputer, Pendidikan,Biss Key, Frekuensi Tv, Chanel Tv, Pengertian, Contoh

Faktor-Faktor Yang Memaksa Belanda Keluar dari Indonesia

Faktor-Faktor Memaksa Belanda Keluar dari Indonesia- Kembali lagi dalam sejarah Indonesia, dimana kita tahu bahwa perjuangan rakyat Indonesia sangat banyak dan untuk menumpahkan darah untuk kemerdekaan Indonesia, banyak penjajah dari luar terutama Belanda yang ingin merebut dan menguasai wilayah Indonesia, tapi keinginannya hanya mimpi saja, rakyat indonesia tidak mau hal itu terjadi sehingga perang di wilayahnya juga terjadi, tapi tidak hanya itu, ada juga hal yang membuat Belanda keluar dari indonesia, ada faktornya. 

Yang memaksa Belanda keluar dari Indonesia terbagi menjadi dua faktor dari dalam, Dan faktor dari luar, untuk mengetahui faktor-faktor yang memaksa Belanda harus keluar dari Indonesia yang bisa dilihat seperti di bawah ini.

a. Faktor dari Dalam

1. Dari dalam Indonesia, Belanda menyadari bahwa kekuatan militernya tidak cukup kuat untuk memaksa RI menyerahkannya
2. Perang yang berkepanjangan mengakibatkan hancurnya perkebunan dan pabrik Belanda. Untuk menghindarinya Belanda harus mengubah strategi mereka.
3. Belanda tidak mendapatkan dukungan politik dari dalam Indonesia. Saat membujuk Sultan Hamengkubowono IX untuk memimpin sebuah negara di Jawa dia menolaknya.
4. Para pejuang Republik Indonesia terus melakukan perang gerilya dan serangan umum

B. Faktor dari luar

Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Amerika Serikat bersikap keras terhadap Amerika Serikat yang mengancam akan menghentikan bantuan pembangunan yang merupakan landasan ekonomi Belanda.

Dengan faktor-faktor di atas, KMB diadakan yang berujung pada pengakuan kedaulatan republik Republik Indonesia pada tanggal 27 Desember 1949, yang memaksa Belanda keluar dari bumi indonesia.


Demikian Beberapa artikel tentang Faktor-faktor yang memaksa Belanda untuk keluar dari Indonesia mungkin berguna 

(Sumber: IPS, Hal: 72, Penerbit: Pusat Buku Kementerian Pendidikan Nasional, Pengarang: Sutarto)

0 komentar:

Posting Komentar