Kelompok atau Klasifikasi Tumbuhan Lumut ( Lumut hati, lumut daun, lumut tanduk)

Website Informasi Seputar Tips Android, Komputer, Pendidikan,Biss Key, Frekuensi Tv, Chanel Tv, Pengertian, Contoh

Kelompok atau Klasifikasi Tumbuhan Lumut ( Lumut hati, lumut daun, lumut tanduk)

Klasifikasi atau Kelompok Tumbuhan Lumut ( Lumut hati, lumut daun, lumut tanduk) - Dulu, lumut merupakan bagian dari divisi Bryophyta yang terbagi dalam tiga kelas, yaitu lumut daun, liverwort, dan lumut tanduk. Kini ketiganya menjadi divisi terpisah, yaitu Bryophyta, Hepaticophyta, dan Anthocerotophyta.

A. lumut Daun (Bryophyta)
Lumut daun adalah lumut yang paling banyak dikenal. Hamparan lumut sering ditemukan di tempat yang lembab. Bryophyta memiliki struktur mirip akar yang disebut rhizoid, struktur seperti batang, dan struktur seperti daun. Badan fase daun mekar gametofit memiliki gametangium di bagian atas. Sebagian besar spesies lumut menghasilkan gamet yang berbeda yang dapat dibedakan antara tanaman jantan dan betina. Namun, beberapa menghasilkan antheridium dan arcegonium di satu pabrik.

Klasifikasi atau Kelompok Tumbuhan Lumut ( Lumut hati, lumut daun, lumut tanduk)


Tubuh fase sporofit yang dihasilkan akan tumbuh di tubuh bagian atas gametofit betina. Sporophyte akan terus menempel pada gametophyte dan bergantung untuk mendapatkan nutrisi. Setelah dewasa, sporophyte akan berubah warna menjadi coklat. Sporofit dewasa terdiri dan kaki yang melampirkan sporofit ke gametofit dan menyerap nutrisi dan gametofit, seta atau batang, dan kapsul yang mengandung sel sporogen. Pada beberapa spesies, kapsul dilapisi struktur seperti kerudung, yang disebut calipras, diproduksi oleh arkegonium. Jika lumut masuk ke lingkungan yang sesuai, spora akan berkecambah dan tumbuh menjadi filamen yang disebut protonema.

B. Lumut hati (Hepaticophyta)
Hati Moss mencakup 6.000 spesies tanaman non-abadi. Bentuk tubuh gametofit hati mammae berbeda dengan lumut daun gametofit. Dalam hati, tubuh terdiri dari struktur jantung berbentuk datar, yang disebut talus, yang tidak berdiferensiasi menjadi akar, batang, dan daun. Tububnya terbagi menjadi dua lobus sehingga terlihat seperti lobus pada hati.

Klasifikasi atau Kelompok Tumbuhan Lumut ( Lumut hati, lumut daun, lumut tanduk)

Siklus hidup lumut mirip dengan daun lumut, meski bentuk tubuhnya agak berbeda. Di dalam sporangium ada sel dalam bentuk gulir yang disebut gajah. Elava akan dilepaskan saat kapsul terbuka, sehingga membantu membubarkan spora. Di beberapa hati hati, gametangium berada dalam struktur batang yang disebut arkegoniofor (yang menghasilkan arkegonium) dan anteridiofor (yang menghasilkan antheridium). Lumut hati juga bisa melakukan reproduksi aseksual dengan sel yang disebut gemma, yang merupakan struktur seperti mangkuk di permukaan gametofit. Contoh lumut hati adalah Marchantia polymorpha dan Porella (Solomon et al., 2005).

c. Lumut Tanduk (Anthocerotophyta)


Klasifikasi atau Kelompok Tumbuhan Lumut ( Lumut hati, lumut daun, lumut tanduk)

Lumut tanduk memiliki gametofita yang mirip dengan hati gametofitik, perbedaannya hanya terletak pada sporofitnya. Tanduk tanduk sporophyte memiliki kapsul memanjang yang tumbuh seperti tanduk dan gametofit. Masing-masing memiliki satu besar, tunggal, dan kebanyakan lumut. Contohnya adalah Anthoceros natans. Pada spesies ini, arkegonium dan anteridium melekat pada gametofit talus. Karakteristik unik dan lumut tanduk adalah sporophytes akan terus tumbuh selama masa gametophytes (Campbell et al 2005; Solomon eta 2005).

Demikian Beberapa artikel tentang Klasifikasi atau Kelompok Tanaman Lichen (Lumut hati, lumut daun, tanduk lumut) bisa bermanfaat (Sumber: Biologi SMA jilid 1, Pengarang: D.A. Pratiwi)

0 komentar:

Posting Komentar