Pengertian Pancasila dan Pancasila Menurut Para Ahli

Pengertian Pancasila dan Pancasila Menurut Para Ahli - Pancasila pastinya kita sering mendengar di acara sekolah kita pada hari Senin, tahukah anda mengapa dikatakan Pancasila dan tahukah anda apakah itu Pancasila, yang sebenarnya sudah sering anda dengar tapi belum tahu arti Pancasila. Karena itu mari kita lihat penjelasan tentang diawah ini. Pengertian atau makna Pancasila dan Pemahaman Pancasila Menurut para ahli sebagai berikut ......

A. Definisi Pancasila Secara Umum
Dilihat dan asal usulnya, kata "Pancasila" berasal dan bahasa Sanskerta mengandung dua suku kata, yaitu panca dan syila. Lima berarti lima dan silabus dengan huruf pendek yang bisa dibaca adalah gabungan, pondasi, alat, atau prinsip. Sedangkan syila dengan pengucapan yang panjang (syi: la) berarti aturan perilaku yang baik, utama atau penting. Dengan demikian Pancasila dapat ditafsirkan untuk menerapkan persendian, lima. Atau lima perilaku utama, atau penerapan lima moral (Panca syila krama).

Pengertian Pancasila dan Pancasila Menurut Para Ahli


B. Memahami Pancasila Menurut Ahli
Berikut ini adalah pendapat para ahli tentang pemahaman Pancasila, yaitu sebagai berikut.

1. Notonegoro
Pancasila adalah landasan filosofi negara Indonesia, sehingga bisa ditafsirkan kesimpulan bahwa Pancasila adalah landasan filosofi dan ideologi negara yang diharapkan bisa menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia, sebagai pemersatu Pondasi, simbol kesatuan dan kesatuan, dan pembelaan bangsa dan negara.

2. Muhammad Yamin
Pancasila diturunkan dan kata panca yang berarti lima dan sila yang berarti dasar, dasar, dasar, atau peran menjalankan perilaku penting dan baik. Dengan demikian, Pancasila adalah lima pedoman dasar atau aturan perilaku yang penting dan baik.

3. Ir. Sukarno
Pancasila adalah isi jiwa bangsa Indonesia secara turun-temurun yang sekian abad Iamanya terpendam bisu oleh kebudayaan Barat. Dengan demikian, Pancasila tidak saja falsafah negara, tetapi Iebih tuas lagi, yakni falsafah bangsa Indonesia.

Demikian informasi tentang Definisi Pancasila dan Pancasila Menurut Ahli. Semoga teman bisa menerima dan menguntungkan kita semua apakah itu pemahaman Pancasila, dan pengertian Pancasila menurut para ahli. Itu semua dan terima kasih. Halo Teman Berbagi

(Sumber: PKn, Hal: 2, Penerbit: Citra Pustaka, Penulis: Fifi Purnama Dewi, S.Pd. Diponegoro No. 76A)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Pancasila dan Pancasila Menurut Para Ahli"

Posting Komentar