Penyebab Timbulnya Perdagangan Internasional

Penyebab Timbulnya Perdagangan Internasional - Memahami Perdagangan Internasional | Penyebab Munculnya perdagangan internasional adalah perdagangan internasional sesuai dengan angka atau tenaga ahli yang mengemukakan teori tentang terjadinya perdagangan internasional. Angka-angka ini termasuk Adam Smith dan David Ricardo. Adam Smith mengajukan sebuah teori yang disebut Theory of Absolute Advantage (teori superioritas absolut). Menurut teori ini sebuah negara dikatakan memiliki keunggulan mutlak dibanding negara lain jika bisa menghasilkan barang atau jasa yang tidak dapat diproduksi oleh negara lain. Misalnya Indonesia menghasilkan gas alam cair. Jepang tidak memiliki sumber gas alam, namun mampu memproduksi mobil. Dengan demikian, ada perdagangan antara Indonesia dan Jepang.

Penyebab Kejadian Perdagangan Internasional

Penyebab Timbulnya Perdagangan Interanasional
(David Ricardo)


Sementara David Ricardo mengemukakan teori perdagangan internasional yang disebut Theory of Comparative Advantage (Teori Keuntungan Komparatif). Menurut David Ricardo keunggulan komparatif suatu negara jika negara bisa menghasilkan produk atau jasa secara efisien dan lebih murah dibanding negara lain. Misalnya, Indonesia dan Korea Selatan adalah negara penghasil komputer. Korea Selatan mampu memproduksi komputer dengan harga lebih murah dari pada Indonesia. Korea Selatan memiliki keunggulan komparatif atas Indonesia dalam memproduksi komputer. Indonesia akan lebih menguntungkan jika mengimpor komputer dan Korea Selatan. Penyebab perdagangan internasional terjadi karena hal berikut.


Penyebab Timbulnya Perdagangan Internasional

Penyebab perdagangan internasional terjadi karena hal berikut.

A. Perbedaan Hasil Produksi
Setiap negara memiliki sumber daya alam, modal, teknologi, dan budaya yang berbeda. Karena itu, setiap negara memiliki hasil protoform yang berbeda. Ada negara yang bisa menghasilkan produk atau jasa yang melimpah, padahal ada negara yang kekurangan produksi barang atau jasa namun memiliki barang atau jasa lain. Contoh Indonesia menghasilkan banyak hasil pertanian, Korea dan Jepang menghasilkan banyak barang elektronik.

B. Perbedaan Harga Barang
Harga barang di setiap negara berbeda. Perbedaan harga inilah yang mendorong perdagangan internasional. Misalnya, harga komputer di Korea Selatan dan di Jepang lebih murah daripada harga di Indonesia yang mendorong orang Indonesia untuk membeli komputer semacam itu di Korea atau Jepang untuk dijual di Indonesia. Mereka berdagang karena menghasilkan keuntungan sebagai hasilnya dan selisih harga jual dan harga beli.

C. Ada Keinginan untuk Meningkatkan Produktivitas
Setiap negara memiliki kebutuhan akan keragaman barang. Tapi secara ekonomi, masing-masing negara lebih baik menghasilkan beberapa jenis barang kemudian melakukan perdagangan internasional. Dengan spesialisasi ini produktivitas masing-masing negara menjadi lebih tinggi.


Kesimpulan: Timbulnya Perdagangan Internasional
A. Perbedaan Hasil Produksi berarti setiap negara memiliki produksinya sendiri namun ada yang berbeda dan kurang melimpah.
B. Perbedaan Harga Barang berarti harga barang di suatu negara atau wilayah bervariasi. Perbedaan harga adalah untuk mendapatkan keuntungan
C. Adanya keinginan untuk meningkatkan produktivitas berarti memproduksi barang dengan memusatkan perhatian pada hanya memproduksi beberapa barang yang bertujuan melakukan perdagangan internasional

Ikhtisar tersebut Penjelasan tentang penyebab munculnya perdagangan internasional, Pemahaman Perdagangan Internasional, dan Penyebab perdagangan internasional, Lihat berbagai macam artikel Disini, Semoga Bermanfaat.

(Sumber: IPS, Hal: 162-163, Pengarang: Sutarto, Penerbt: Pusat Buku Kementerian Pendidikan Nasional, Pencetakan: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri-Solo)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Timbulnya Perdagangan Internasional"

Posting Komentar