Sejarah Sebab Terjadinya Perang Dunia II : Penyebab Umum - Khusus

Sejarah Sebab Terjadinya Perang Dunia II / kedua - Segala sesuatu yang muncul pasti ada penyebabnya, mengapa hal itu bisa terjadi, seperti Perang. Perang besar Perang Dunia II, yang telah menjadi sejarah perang dunia terbesar, pasti memiliki penyebab kelahiran, letusan, atau terjadinya Perang Dunia II. Dari peperangan ini ada berbagai konsekuensi yang menyebabkan efek perang. Karena terjadinya Perang Dunia II terbagi menjadi dua yaitu penyebab umum, dan Penyebab Khusus, seperti apa penyebab umum? Seperti apa penyebab spesialnya? .. untuk mengetahui penyebab kemunculan atau penyebab kemunculan Perang Dunia II bisa dilihat seperti di bawah ini.

1. Penyebab Umum Perang Dunia II

A. Kegagalan Liga Bangsa-Bangsa (LBB). Dalam menciptakan kedamaian dunia. LBB bukan lagi sarana untuk mengakhiri, tapi alat politik bagi negara-negara besar menghasilkan keuntungan. LBB tidak dapat melakukan apapun ketika negara-negara besar melakukan apa yang mereka inginkan, misalnya pada tahun 1935 Italia melakukan serangan ke Ethiopia.

B. Negara maju bersaing satu sama lain untuk memperkuat militer dan senjata mereka. Dengan kegagalan LBB, dunia Barat, terutama Jerman dan Italia, mencurigai komunisme Rusia, namun kemudian Rusia mencurigai fasisme sosialis dan fasis nasionalis Italia. Karena saling curiga, negara-negara ini memperkuat militer dan senjata mereka.

C. Adanya aliansi politik (mencari rekan persekutuan). Kekhawatiran tentang perang besar, maka negara mencari teman dan ada dua blok besar:

1. Blok fasis terdiri dari Jerman, Italia, dan Jepang
2. Sekutu Blok terdiri dari:
  • A) Blok demokratis Prancis, Inggris, Amerika Serikat, dan Belanda
  • B) Blok komunis Rusia, Polandiaja, Hungaria, Bulgaria, Yugoslavia, Rumania, dan Cekoslovalcia.

D. Ada kontradiksi karena ekspansi. Jerman mengumumkan "Lebensraum" (Jerman Raya) yang mencakup Eropa Tengah dan Italia yang menginginkan Irredenta Italia (Greater Italy) yang mencakup seluruh Laut Mediterania dan Abbesinea, serta Jepang mengumumkan Kemakmuran Bersama di Asia Timur. Ini berarti tantangan bagi imperialisme Inggris, Prancis dan AS.

E. Adanya ideologi yang bertentangan antara demokrasi, fasisme dan komunisme.

F. Adanya balas dendam politik ("Revanche Idea"). Jerman melawan Prancis, karena Jerman merasa terhina dengan Versailles Treaty.

Sejarah Sebab Terjadinya Perang Dunia II


2. Penyebab Khusus Perang Dunia II
Di Eropa, penyebab khusus Perang Dunia II adalah invasi Jerman ke Kota Danzig, Polandia pada tanggal 1 September 1939. Polandia adalah sebuah negara yang berada di bawah pengawasan Liga Bangsa-Bangsa. Hitler menuntut Danzig karena populasinya adalah orang Jerman, namun Polandia menolak permintaan tersebut. Pada tanggal 3 September 1939, negara-negara pendukung LBB, terutama Inggris dan Prancis mengumumkan perang terhadap Jerman, diikuti oleh sekutu mereka. Perang Dunia di Pasifik disebabkan oleh invasi Jepang ke pangkalan angkatan laut Amerika di Pearl Harbor, Hawaii (7 Desember 1941)

Sekian artikel tentang  Sebab Terjadinya Perang Dunia II semoga bermanfaat 
(Sumber : IPS, Hal : 16, Penerbit : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Penulis : Sutarto )

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Sebab Terjadinya Perang Dunia II : Penyebab Umum - Khusus"

Posting Komentar