17 Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya + Gambar Contoh Ilustrasi

Website Informasi Seputar Tips Android, Komputer, Pendidikan,Biss Key, Frekuensi Tv, Chanel Tv, Pengertian, Contoh

17 Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya + Gambar Contoh Ilustrasi

Mata adalah salah satu sistem sensorik yang dimiliki tubuh kita. Organ ini berfungsi sebagai penglihatan. Kita bisa melihat berbagai hal, membedakan kegelapan, membedakan warna, dan sebagainya karena didukung oleh peran mata. Sedangkan untuk menjalankan peran ini, mata didukung oleh beberapa bagian vital yang memiliki fungsi masing-masing. Apa bagian mata dan fungsinya? Untuk mengetahui jawabannya, lihat uraian berikut dengan gambarnya!

Bagian Mata dan Fungsi nya
Setidaknya ada 17 bagian mata yang berperan penting dalam mekanisme penglihatan. Tujuhbelas bagian mata dan fungsinya antara lain seperti gambar gambar bagian mata berikut.

17 Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya + Gambar Contoh Ilustrasi


1. Kornea
Kornea (kornea) adalah bagian mata yang terletak di lapisan terluar. Bagian ini transparan tembus pandang (transparan). Sifat kornea ini memungkinkan cahaya masuk ke sel penerima cahaya di dalam bola mata. Selain melindungi mata dari benda asing dari luar, kornea juga berfungsi dalam refraksi di lensa mata.

2. Iris
Iris adalah bagian mata yang berfungsi untuk mengatur ukuran pupil. Bagian inilah yang memberi warna pada mata. Sebagai contoh, orang Asia memiliki mata hitam sampai coklat, orang Eropa memiliki mata biru ke hijau, dan seterusnya.

3. Pupil
pupil adalah bagian mata berupa lubang kecil yang berfungsi mengatur jumlah cahaya yang masuk ke bola mata. Ukuran pupil diatur oleh iris. Saat cahaya datang terlalu terang, pupil akan menyusut. Sementara saat cahaya datang terlalu redup, pupil akan membesar. Mekanisme tindakan murid ini untuk mengatur mata agar bisa menerima jumlah cahaya yang tepat.

4. Retina
Retina adalah bagian mata dari lapisan tipis sel yang terletak di bagian belakang bola mata. Bagian ini berfungsi untuk menangkap bayangan yang dibentuk oleh lensa mata dan kemudian mengubahnya menjadi sinyal saraf. Retina adalah bagian mata yang sangat peka terhadap cahaya karena memiliki 2 sel fotoreseptor, batang dan kerucut.

5. Lensa mata
Lensa mata adalah bagian mata yang berfungsi untuk membentuk gambar. Citra lensa mata kemudian dilanjutkan agar retina diterima. Lensa mata bisa menipis atau menebal sesuai dengan jarak mata dengan benda yang dilihatnya. Bila jarak objek terlalu dekat, lensa mata akan menipis, sedangkan bila jaraknya terlalu jauh, lensa mata akan menebal.

6. Akomodasi otot
Mekanisme penebalan dan penipisan lensa mata bisa terjadi akibat fungsi lensa lensa akomodasi. Otot ini bekerja untuk mendorong dan menarik lensa mata sehingga bisa menebal dan kurus.

7. Bintik-bintik kuning
Bintik kuning adalah bagian paling sensitif dari mata ke cahaya. Bila bayangan objek jatuh pada bagian mata ini, objeknya akan sangat terlihat, sedangkan jika bayangan benda jatuh sebelum atau sesudah titik kuning, maka tidak terlihat (lamur).

8. Bintik-bintik buta
Bintik buta atau blind spot adalah bagian mata yang tidak sensitif terhadap cahaya. Jika bayangan objek jatuh tepat ke bagian ini, maka objek tidak bisa dilihat oleh mata.

9. Saraf optik
Saraf optik adalah bagian mata yang berfungsi untuk menyampaikan informasi bayangan objek yang diterima oleh retina untuk menguji otak. Melalui saraf inilah kita bisa menentukan bagaimana bentuk objek yang kita lihat. Jika saraf optik rusak, berarti kita tidak bisa melihat alias buta.

10. Aqueous humor
Aqueous humor adalah cairan yang menyerupai plasma berlendir transparan dengan konsentrasi protein rendah. Humor berair dihasilkan oleh silia tubuh dan berfungsi sebagai pendukung struktur lensa.

12. Vitreous humor
Vitreous humor atau yang juga disebut vitreous body adalah sejenis gel yang berfungsi untuk mengisi ruang antara retina dan lensa.

13. Sklera
Sklera adalah bagian dari dinding putih mata. Bagian ini memiliki ketebalan rata-rata sekitar 1 mm, namun bisa juga menebal menjadi 3 mm karena otot-ototnya tidak beraturan.

Selain 13 bagian mata dan fungsi di atas, bagian luar mata juga terlindungi oleh beberapa organ, diantaranya:

14. Bulu mata
Bulu mata berfungsi untuk menjaga mata dari masuknya benda asing berukuran kecil seperti debu atau pasir.

15. Alis mata
Alis mempertahankan air keringat atau air yang jatuh dari dahi (dahi) agar tidak masuk mata. Beberapa orang mencukur alis mereka, tapi alis yang mencukur secara logika tidak begitu bagus.

16. Kelopak mata
Kelopak mata berfungsi menjaga bola mata dari masuknya benda asing dari luar mata seperti debu, goresan, pasir, atau asap. Selain itu, bagian mata ini juga berfungsi untuk menyapu bola mata dengan cairan dan mengatur jumlah cahaya yang masuk ke mata. Fungsi kelopak mata didukung oleh mekanisme membuka tutup (berkedip) oleh otot kelopak mata.

17. kelenjar lacrima
Kelenjar lacrima atau kelenjar air mata adalah bagian mata yang berfungsi untuk menghasilkan air mata. Air mata bermanfaat untuk melembabkan mata, bersihkan mata debu, dan bunuh kuman yang masuk mata.

Nah, begitu singkat paparan kita tentang bagian mata dan fungsinya. Dengan memahami bagian mata, semoga kita lebih memperhatikan kesehatan mata kita. Bisa dilihat adalah salah satu berkat yang Tuhan berikan. Kita harus bisa menjaga berkat ini! Salam.

0 komentar:

Posting Komentar