6 Cara Usaha Pencegahan Dan Penanggulangan Pencemaran Udara

Website Informasi Seputar Tips Android, Komputer, Pendidikan,Biss Key, Frekuensi Tv, Chanel Tv, Pengertian, Contoh

6 Cara Usaha Pencegahan Dan Penanggulangan Pencemaran Udara

Usaha Penanggulangan Pencemaran Udara / Polusi Udara adalah tindakan atau usaha yang sangat diperlukan serta cara mengendalikan polusi udara karena polusi udara memiliki dampak atau dampak yang besar baik lingkungan kita atau tempat tinggal kita semua makhluk hidup, yaitu bumi akan rusak jika udara kita tidak kita simpan dan kita tetap Dengan baik atau jika kontaminasi udara telah menyebar luas ke seluruh bumi, karena memerlukan tindakan atau usaha sehingga dampak pencemaran udara tidak terjadi dan kita, bumi menjadi sehat dapat diselamatkan, hal ini dapat dilakukan dengan adanya polusi udara. bentuk kontrol baik dari pemerintah maupun dari kita dengan kesadaran batin kita. 

Polusi udara menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada manusia. Bahkan, akhirnya bisa dimatikan. Begitu pula dengan tanaman dan hewan, dampak pencemaran ini sangat buruk. Oleh karena itu, upaya harus dilakukan untuk mencegah atau setidaknya mengurangi polusi udara.

Beberapa upaya yang dapat dilakukan antara lain:

1. Lakukan pelarangan terhadap petani, pengusaha perkebunan yang sedang membakar di lahan yang akan mereka tangani.

2. Gas buang industri sebelum dilepaskan / dikeluarkan ke udara, pertama harus dinetralkan.

3. Melakukan reboisasi, terutama di bidang industri dan perkotaan. Tujuan karbon dioksida yang dihasilkan oleh mesin industri dan kendaraan bermotor, bisa diserap oleh tanaman. Begitu pula debu yang terbang di udara, saat bersentuhan dengan dedaunan akan menempel pada dedaunan, dan saat hujan akan dibawa oleh air hujan jatuh ke tanah. Dengan demikian, penghijauan juga bisa mengurangi debu yang terbang di udara. Sudahkah anda ikut mempromosikan reboisasi? Anda dapat melakukannya sendiri atau bersama dengan teman Anda mengambil pengintaian perintis di lingkungan masing-masing.

4. Kurangi penggunaan minyak bumi sebagai sumber bahan bakar dan gantilah dengan energi non-polusi lainnya seperti energi panas matahari (hydroelectric), tenaga angin, dan sebagainya.

5. Penempatan kawasan industri menjadi jauh dari pemukiman, terutama permukiman padat penduduk.


6. Membuat mesin dari kendaraan bermotor yang hemat energi dan efek kontaminasi kecil

Usaha Penanggulangan Pencemaran Udara
Mobil bertenaga surya memberikan pengaruhnya terhadap kebersihan udara disamping penghematan pemakaian  minyak bumi

demikian Artikel Usaha Penanggulangan Pencemaran Udara semoga bermanfaat
(Sumber : Geografi, Hal : 131-132, Penerbit : Erlangga. 2004. Jakarta, Penulis : P.Ginting)

0 komentar:

Posting Komentar