Bahan-Bahan Material Yang Dikeluarkan Gunung Api Saat Meletus / Erupsi

Bahan-Bahan Material yang dikeluarkan Gunung Api Saat Meletus / Erupsi - Gunung berapi, saat gunung meletus meletus akan merilis berbagai bahan yang berasal dari dalam gunung berapi, apakah bahan yang mengeluarkan gunung api tersebut? Bahan Lava, Lahar, Gas, Piroklastik, semua bahan ini adalah material vulkanik yang berdampak pada manusia dan alam, baik efek positif maupun menguntungkan dari material vulkanik, atau bahkan efek negatif atau efek berbahaya yang dikeluarkan oleh gunung berapi. 

Dalam diskusi sebelumnya kita telah membahas bentuk-bentuk vulkanik dan karakteristiknya, dan kali ini kita akan menjelaskan materi vulkanik yang dikeluarkan, Oh ya diskusi sebelumnya juga membahas manfaat dan kerugian gunung berapi, keseluruhan diskusi berada dalam lingkup gunung berapi, segera Kami masuk ke penjelasan tentang bahan yang dikeluarkan oleh gunung berapi di bawah ini.

Bahan-Bahan yang dikeluarkan Gunung Api


Bahan-Bahan Material yang dikeluarkan Gunung Api

1). Lava adalah cairan tanah liat dan panas yang dilepaskan dari gunung berapi. Jika lahar sangat cair dan mengalir menuruni lereng gunung berapi yang disebut lahar. Lahar terbagi menjadi lahar panas dan lahar dingin. Lava terjadi ketika lahar yang keluar pada saat erupsi bercampur dengan air danau di kawah gunung berapi atau air hujan yang turun bersamaan dengan letusannya.

Misalnya, banjir lahar panas Gunung Kelud di Jawa Timur. Lava dingin terjadi ketika lahar padat yang telah menumpuk lamadi di sekitar kawah, terdampar terus menerus sehingga menjadi berat dan mengalir turun seperti banjir lahar dingin (galado). Contoh. Banjir lahar Gunung Galunggung, Gunung Merapi di Jawa Tengah, dan Gunung Merapi Singgalang di Sumatera Barat.

2). Gas yang keluar dari gunung berapi tersebut disebut sebagai pernafasan. Letusan gunung berapi yang memancarkan gas (ekhslasi) pernah terjadi ke gunung berapi di dataran tinggi Dieng dan Gunung Merapi di Jawa Tengah. Di Dataran Tinggi Dieng ledakan gas beracun meletus pada tahun 1979 yang menewaskan ratusan penduduk desa setempat.

3). Bahan piroklastik, yaitu puing-puing padat yang diseburkan oleh gunung berapi. Gunung Karakatau pada tahun 1883 menyemprotkan piroklastik ke lapisan stratosfer dan abu dibawa oleh angin sampai menjadi selibat pada paralel khatulistiwa. Di Gunung Merapi dalam letusan itu menimbulkan awan panas (wedus gembel) dan hujan abu.

Demikian artikel tentang Bahan-Bahan Material Yang Dikeluarkan Gunung Api Saat Meletus / Erupsi semoga bermanfaat.terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahan-Bahan Material Yang Dikeluarkan Gunung Api Saat Meletus / Erupsi"

Posting Komentar