Bentuk-Bentuk Pegunungan Lipatan

Bentuk-Bentuk Pegunungan Lipatan - Pegunungan terlipat merupakan bagian dari proses diastropisme selain gunung patahan. Pegunungan yang dilipat memiliki berbagai lipatan atau lipatan dan memiliki bentuk gunung terlipat yang terdiri dari empat, yaitu lipatan pegunungan, kubah dan baskom, lipatan tunjam, lipatan kompleks, masing-masing bentuk lipatan terlipat yang memiliki proses terbentuk, juga menjelaskan Pemahaman akan berbagai bentuk lipatan pegunungan, sehingga tidak timbul pertanyaan bahwa apa arti lipatan pegunungan, apa arti kubah dan baskom, apa arti lipatan tunjam, apa definisi lipatan kompleks dan Pertanyaan lain, mengapa lipatan bisa terjadi. 

Begitu pun dengan gunung fraktur yang memiliki bentuk gunung yang salah dan berbagai jenis patah atau patahan, seperti tema di atas dimana kali ini kita akan menjelaskan bentuk lipatan gunung yang akan digambarkan seperti di bawah ini.

Bentuk-Bentuk Pegunungan Lipatan

Bentuk-Bentuk Pegunungan Lipatan
Bentuk-Bentuk Pegunungan Lipatan
a. Jalur Pegunungan Lipatan. Rentang gunung lipatan adalah rangkaian pegunungan lipatan yang sangat panjang, di beberapa benua, dan terletak di sebelah dasar dasar laut. Tonjolan lipatan dan palung terbentuk oleh benturan antara lempeng samudera dan lempeng benua. Piring samudra lebih berat sehingga produksi akan menyusup ke piring kontinental, sementara lempeng benua akan diangkat ke atas karena massanya lebih ringan.

b. Dome dan Basin. Kubah adalah gunung lipat yang bulat, terbentuk karena tekanan horizontal yang memiliki kekuatan untuk datang pada waktu dan arah yang sama. Misalnya, kubah sangiran di Jawa Tengah terkenal sebagai tempat penemuan fosil manusia purba. Cekungan tersebut merupakan cekungan bulat karena daerah sekitarnya terangkat.

c. Lipatan Tunjam. Lipatan Tunjam adalah lipatan terlipat yang garis sumbunya menusuk sudut ke pesawat.

d. Lipatan Kompleks. Lipatan kompleks adalah berbagai jenis lipatan yang ditemukan di jalur gunung besar yang disebut geantlinlin (anticlinic besar). Jalan di atas itu memiliki anticlinal dan sinklinal kecil dari berbagai jenis.

Demikian artikel tentang Bentuk-Bentuk Pegunungan Lipatan semoga bermanfaat terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bentuk-Bentuk Pegunungan Lipatan"

Posting Komentar