Cara Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Pencemaran Air

Website Informasi Seputar Tips Android, Komputer, Pendidikan,Biss Key, Frekuensi Tv, Chanel Tv, Pengertian, Contoh

Cara Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Pencemaran Air

Cara Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Pencemaran Air - Kontaminasi air memiliki efek buruk pada manusia dan makhluk lainnya. Akibat aktivitas manusia berbagai jenis penyakit timbul yang berdampak juga kembali pada manusia dan hewan hanya karena aktivitas manusia, hewan yang terkena dampak mengkonsumsi air yang telah terkontaminasi atau makan ikan di tubuh telah terkandung tumpukan bahan berbahaya dan toksin. , tapi apakah kita harus diam? ... haruskah ini ditinggalkan sendiri? .... Tentu saja tidak, kita siapa kita juga harus bertanggung jawab yang mungkin merupakan kata yang tepat untuk manusia, dari tindakan kita, semua dampaknya. 

Cara yang diperlukan untuk mengatasi polusi air dengan mengurangi polusi air, sekalipun bisa menghilangkan polusi air. Maka dibutuhkan upaya atau upaya pencegahan pencemaran air. Oleh karena mari kita bahas tentang upaya mengatasi pencemaran air atau perairan seperti di bawah ini.

Upaya Penanggulangan Pencemaran Air


Usaha atau Upaya Penanggulangan Pencemaran Air 

1. Limbah industri sebelum dibuang ke sungai atau laut harus dinetralisir terlebih dahulu sehingga tidak lagi mengandung unsur-unsur yang mencemari perairan. Untuk itu, setiap industri diharuskan memiliki unit pengolahan limbah.

2. Melarang pembuangan sampah ke parit (selokan), sungai, danau, dan laut. Sampah harus dibuang di tempat yang telah ditentukan.

3. Kurangi penggunaan pestisida dalam memberantas hama tanaman. Musuh alami (predator) hama tanaman perlu dikembangkan untuk memberantas hama tanpa pestisida.

4. Setiap perusahaan minyak diharuskan memiliki peralatan yang bisa membendung tumpahan minyak dan kemudian menyedotnya kembali. Dengan demikian, tumpahan minyak tidak akan melebar sehingga pengaruhnya terhadap polusi bisa dikurangi.

5. Daur ulang, yaitu mengolah ulang limbah menjadi bahan yang bermanfaat. Pembuangan sampah dan bahan organik (berasal dari tumbuhan dan hewan) dapat didaur ulang menjadi pupuk yang disebut kompos. Kaleng alumunium almunium bisa didaur ulang menjadi aluminium baru. Begitu pula barang bekas lainnya, semua bisa didaur ulang sehingga menjadi bahan yang bermanfaat.

Demikian Artikel tentang Upaya Penanggulangan Pencemaran Air  semoga bermanfaat 
(Sumber :Geografi, Hal : 166-167, Penerbit : Erlangga.2004. Jakarta, Penulis : P.Ginting dkk)

0 komentar:

Posting Komentar