Dampak Positif dan Negatif Tenaga Eksogen Bagi Kehidupan Manusia

Website Informasi Seputar Tips Android, Komputer, Pendidikan,Biss Key, Frekuensi Tv, Chanel Tv, Pengertian, Contoh

Dampak Positif dan Negatif Tenaga Eksogen Bagi Kehidupan Manusia

Dampak Positif dan Negatif Tenaga Eksogen Bagi Kehidupan Manusia - tenaga eksogen memiliki dampak, baik positif maupun negatif atau bermanfaat dan merugikan kehidupan manusia. Kekuasaan eksogen disebabkan oleh manusia itu sendiri sehingga kebutuhan akan cara mengatasi tenaga eksogen, karena tenaga eksogen juga bisa menuntut kehidupan dan kekuatan eksogen juga bisa berjalan dengan baik jika kita memanfaatkannya sebaik mungkin. tenaga eksogen yang berasal dari permukaan bumi seperti pelapukan, erosi, dan sedimentasi memiliki banyak dampak pada kehidupan manusia. Dampaknya selain positif, ada yang negatif.

a. Dampak Positif Tenaga Eksogen
Dampak positif tenaga eksogen antara lain.. 

1). Memunculkan habitatnya. Dengan pelapukan batuan, tanah terbentuk untuk memungkinkan tanaman hidup di tanah. Dengan kehidupan tanaman di atas tanah, telah menyebabkan keberadaan hewan dan kehidupan manusia. Manusia, hewan, dan tumbuhan adalah penghubung hidup satu sama lain bergantung satu sama lain.

2). Memperluas tanah di bumi. Erosi yang terjadi di pegunungan material akan dibawa ke laut dan menetap di dasar laut. Peristiwa seperti ini telah berlangsung selama jutaan tahun sehingga sedimen yang terbentuk semakin tebal dan melebar dan akhirnya terbentuklah tanah. Banyak medan terbentuk dari erosi dan sedimentasi seperti pantai timur Sumatera, pantai utara Jawa, dan lain-lain. Hal ini membentuk hasil polos dan menetap disebut dataran aluvial dan tanahnya disebut tanah aluvial.

3). Mendekati barang tambang ke permukaan bumi. Dengan erosi yang sangat lama (jutaan tahun) pegunungan mengandung mineral dan mineral semakin rendah dan turun sehingga mineral di dalamnya lebih dekat ke permukaan bumi, dan akhirnya di permukaan bumi.

b. Dampak Negatif Tenaga Eksogen
Dampak negatif tenaga eksogen antaralain.. 

1). Kesuburan tanah menurun karena tanah subur di permukaan bumi terus mengikis setiap hujan.

2). Hasil erosi yang diendapkan (sedimentasi) di muara sungai menyebabkan endapan lumpur di muara sungai, sehingga sungai menjadi rentan terhadap banjir pada musim hujan. Hal ini terjadi karena aliran sungai mengalir deras di muara sungai.

3). Abrasi (erosi air laut) di pantai menyebabkan tanah di dekat garis pantai terkena gelombang. Banyak rumah pantai hancur karena abrasi.

Dampak Positif dan Negatif Tenaga Eksogen
(Gemburan Ombak yang menghantammenimbulkanabarasi parah dan mengikis habis)
Sekian Artikel tentang Dampak Positif dan Negatif Tenaga Eksogen semoga bermanfaat
(Sumber : Geografi, Hal 96-97, Penerbit : Erlangga.2004.Jakarta, Penulis : P.Ginting dkk) 

0 komentar:

Posting Komentar