Dampak Positif dan Negatif Tenaga Endogen Bagi Kehidupan

Dampak Positif dan Negatif Tenaga Endogen Bagi Kehidupan - tenaga endogen terdiri dari tektonisme, vulkanisme, dan gempa bumi yang berdampak pada kehidupan manusia, baik positif maupun negatif, dilihat dari energi endogen yang diklasifikasikan memiliki banyak dampak negatif namun tidak salah paham akan energi endogen juga memiliki banyak dampak positif yang menguntungkan yang ditujukan pada manusia. 

Tentunya, jadi energi endogen tidak seperti apa yang kita pikirkan, energi endogen itu hanya merugikan manusia tapi ternyata energi endogen juga bermanfaat bagi manusia yang sangat berfungsi bagi manusia, bukan? .. semuanya akan dijawab dalam diskusi tentang Dampak Positif dan Negatif tenaga Endogen. Harus tahu arti endogen atau endogen, jadi kita tidak perlu lagi membahas energi endogen dan marilah kita fokus pada Dampak Positif dan Negatif dari tenaga Endogen, seperti di bawah ini, ...

Dampak Positif dan Negatif Tenaga Endogen 

Dampak Positif dan Negatif Tenaga Endogen

1. Dampak Positif Tenaga Endogen 
Kekuatan tektonik konstruktif telah memberi bentuk pada permukaan bumi di dataran dan gunung. Jika tidak ada tektonisme, kita tidak akan menemukan dataran tinggi dan pegunungan. Dataran tinggi sebenarnya adalah bagian dari pegunungan, namun bentuknya relatif datar dibandingkan dengan bentuk pegunungan beriak. Kita harus bersyukur bahwa kekuatan endogen dari tektonisme yang telah membentuk dataran tinggi dan pegunungan memberikan manfaat besar bagi kehidupan manusia. Pemandangan alam dataran tinggi dan pegunungan adalah tempat yang baik untuk:
Sebuah). Pertanian, terutama sayuran dan buah-buahan, teh, kopi, kina, dan lain-lain.

b). Daerah tangkapan air hujan merupakan sumber air bagi sungai.
c). Pembangkit listrik tenaga air (hydropower).
d). Tempatkan habitat hewan, terutama tanah liat karena daerah pegunungan umumnya tertutup oleh hutan.
e). Menyediakan hasil hutan karena gunung sangat cocok untuk kehidupan pohon yang membentuk hutan.
f). Menyediakan produk pertambangan, terutama jenis logam seperti bijih besi, emas, nikel, tembaga, dan lain-lain.
g). Tanah di daerah pegunungan pada umumnya subur karena di daerah pegunungan ini juga merupakan daerah dengan adanya gunung berapi.
h). Tempat wisata ini banyak dikunjungi wisatawan karena udaranya sejuk.

2. Dampak Negatif Tenaga Endogen 
Dampak negatif tenaga endogen antara lain.
Sebuah). Lereng gunung yang dibentuk oleh kekuatan endogen terjal dan ada pula yang lebih pintar. Lereng curam memiliki erosi tinggi, sehingga tidak bertani dengan baik.
b). Daerah pegunungan sering terjadi longsor yang menyebabkan banyak bahaya baik material maupun korban jiwa, terutama di musim penghujan.
c). Membuat jalan di pegunungan menghabiskan banyak uang karena jalanan semakin membesar bila dibandingkan dengan jalan lurus seperti medan.
d). Gempa bumi dan letusan gunung berapi sering menyebabkan korban dan harta benda yang berat.

Sekian Artikel tentang Dampak Positif dan Negatif Tenaga Endogen semoga bermanfaat
(Sumber :Geografi, Hal : 84-86, Penerbit : Erlangga.2004. Jakarta, Penulis : P. Ginting dkk)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dampak Positif dan Negatif Tenaga Endogen Bagi Kehidupan"

Posting Komentar