Ginjal: Apa itu Ginjal? Dan Bagian Bagian Ginjal Beserta Fungsinya Masing-masing

Website Informasi Seputar Tips Android, Komputer, Pendidikan,Biss Key, Frekuensi Tv, Chanel Tv, Pengertian, Contoh

Ginjal: Apa itu Ginjal? Dan Bagian Bagian Ginjal Beserta Fungsinya Masing-masing

Ginjal: Apa itu Ginjal? Dan Bagian Bagian Ginjal Beserta Fungsinya Masing-masing - Ginjal adalah pengeluaran utama pada manusia. Manusia memiliki sepasang ginjal yang terletak di rongga perut, tepatnya ke kanan dan kiri tulang pinggul. Lokasi ginjal kanan sedikit lebih rendah dari pada ginjal kiri karena ditekan oleh posisi hati. Kedua ginjal itu berbentuk seperti kacang merah dan merah keunguan. Bobot ginjal manusia sekitar 200 gram atau kurang 0,5% dari berat badan. 

Ginjal berfungsi untuk membuang limbah metabolisme yang mengandung nitrogen, seperti amonia. Amonia adalah hasil percabangan protein. Ginjal juga berfungsi untuk menghilangkan zat asing seperti obat-obatan atau zat beracun dari tubuh dan kelebihan air dari sel atau jaringan.

Ginjal: Apa itu Ginjal?

Darah masuk akan menjalani proses skrining. Jumlah darah yang mengalir melalui ginjal sekitar 1,2 liter per menit. Artinya, setiap 4-5 menit semua darah yang beredar di tubuh melewati ginjal. Ginjal menyaring aliran darah yang masuk melalui arteri ginjal. Hasil saringan ginjal atau filtrat dalam bentuk urine. Urine yang terbentuk di ginjal akan disalurkan melalui ureter ke kandung kemih. Sepasang ginjal menghasilkan 125 ml per menit atau sekitar 180 liter per hari. Dari jumlah tersebut dikeluarkan urine hanya 1 ml per menit atau 1,5 liter per hari, sedangkan sisanya diserap kembali oleh pembuluh darah.

Bagian Bagian Ginjal

Ginjal terdiri dari bagian-bagian yang saling berhubungan. Potongan longitudinal ginjal menunjukkan tiga bagian, kulit ginjal (korteks), sumsum ginjal (medula), dan rongga ginjal (panggul). Di kulit ginjal ada jutaan nefron yang merupakan unit kecil dari saringan darah. Setiap nefron terdiri dari tubuh Malpighi dan tubulus. Setiap tubuh Malpighi terdiri dari glomerulus dan kapsul Bowman. Glomerulus adalah anyaman pembuluh darah yang membentuk simpul, sedangkan kapsul Bowman adalah bagian dari tubuh Malpighi yang berbentuk seperti cangkir yang mengelilingi glomerulus. Kapsul Bowman dikaitkan dengan tabung nephron (saluran).

Bagian Bagian Ginjal

Ginjal tubulus nefron terbagi menjadi tiga bagian, yaitu tubulus proksimal, tubulus distal, dan tubulus pengumpul (saluran pengumpul). Tubulus nefron mendidih ke panggul. Tabung proksimal mamanjang ke medula daerah dan membentuk kurva yang membungkuk ke daerah kortikal. Lengkungan itu disebut lengkungan Henle. 

Bagian sumsung dari ginjal terdiri dari tubuh berbentuk kerucut yang disebut piramida ginjal. Di dalam sumsum ginjal berkumpullah tubulus yang merupakan kelanjutan dari kapsul Bowman. Fungsi tubulus ini adalah mengalirkan filtrat (urine) ke tubulus yang lebih besar, tubulus pengumpul. Tubulus pengumpul bermuara ke rongga ginjal.

0 komentar:

Posting Komentar