Macam-Macam Gerak Pada Tumbuhan dan Contohnya

Website Informasi Seputar Tips Android, Komputer, Pendidikan,Biss Key, Frekuensi Tv, Chanel Tv, Pengertian, Contoh

Macam-Macam Gerak Pada Tumbuhan dan Contohnya

Macam-Macam Gerak Pada Tumbuhan dan Contohnya - Seperti kita ketahui bahwa karakteristik organisme bergerak, sedangkan gerak pada tanaman disebabkan oleh adanya atau tidak adanya rangsangan, sekarang rangsangan ini bisa berupa Light, Touch, Kinera, Gravity dan juga temperature. Dan arah gerakan tanaman ada yang dekat dengan beberapa jauh dari rangsangan. Nah sekarang tentu saja Anda bertanya apa sih gerak tanaman paa? Berdasarkan aa atau gagasan rangsangan seperti yang baru saja kita gambarkan, Gerak pada tanaman biasanya terjadi karena rangsangan luar. Gerakan pada tanaman biasanya sangat lambat sehingga tidak terlihat oleh mata. 

Proses tumbuh dari tanaman juga merupakan gerakan tanaman. Rangsangan yang mempengaruhi terjadinya gerakan pada tanaman meliputi stimulasi cahaya, air, sentuhan, suhu, gravitasi, dan bahan kimia. Stimulasi ada yang menentukan arah gerak tanaman, ada pula yang tidak menentukan arah gerak tanaman. Stimulasi yang menentukan arah gerak menyebabkan tanaman bergerak menuju atau menjauh dari sumber rangsangan.

Gerak pada tanaman dibagi menjadi gerakan higroskopik, gerakan esionomik, dan gerak otonom / endonomis.

Gerakan higroskopis: Gerakan higroskopik adalah pergerakan bagian tanaman yang disebabkan oleh perubahan kandungan air. Contoh gerakan higroskopis yang mudah kita lihat adalah pecahnya kulit kacang polong, seperti tanaman lamtoro, bunga merak, dan kacang. Gerakan higroskopis juga terjadi pada pembukaan spora kotak (sporangium) tanaman kuku dan lumut untuk menghilangkan spora.

Gerakan esionomik: Gerakan esionom adalah gerak tanaman yang dipengaruhi oleh rangsangan dari luar tubuh tumbuhan. Stimulasi itu bisa menjadi rangsangan cahaya, sentuhan, suhu, air, gravitasi bumi, bahan kimia, dan sebagainya. Gerakan esionom dapat dibagi menjadi tiga, yaitu nasti, tropisme, dan gerakan taksis.

Gerak Otonom / Endonomis: Gerak otonom atau endonomi juga dikenal sebagai gerakan spontan karena tanaman melakukan gerakan spontan tanpa memerlukan stimulus eksternal. Contoh gerakan endonomik adalah gerak pertumbuhan daun sitoplasma dan gerakan rotasi (siklosis) pada daun sel Hydrilla verticillata.

Begitu banyak deskripsi gerak pada tanaman, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar