Macam Macam Pembuluh Darah dan Fungsinya

Macam Macam Pembuluh Darah dan Fungsinya  - Menurut arah arus, pembuluh darah bisa terbagi menjadi dua, yaitu: arteri (arteri) dan vena (pembuluh darah) Arteri (arteri), adalah pembuluh darah yang mengeluarkan darah dari jantung. Vena (pembuluh darah), adalah pembuluh darah yang mengalirkan darah ke jantung. Untuk mengetahui lebih jelas tentang arteri dan vena (vena), mari kita lihat pembahasan yang dirangkum menjadi Jenis-Jenis Pembuluh Darah, seperti di bawah ini ...

Macam-Macam Pembuluh Darah

a. Pembuluh Nadi (arteri). 

Arteri merupakan pembuluh yang membawa darah keluar dari jantung. Lokasi arteri agak ke dalam dan permukaan tubuh. Jika arteri terluka, darah akan memancar keluar.

Pembuluh balik besar ini memiliki lapisan elastis yang tebal, sehingga bisa menahan tekanan darah dan jantung yang berasal. Denyut nadi dirasakan hanya pada bagian tubuh tertentu, seperti pada daerah pergelangan tangan atau leher, dan memiliki katup di dekat jantung. Katup ini berfungsi untuk menjaga agar darah tidak mengalir kembali ke ruang jantung.

Arteri arteri yang berasal dari bidang jantung kiri dan kanan disebut aorta (arteri utama). Aorta ventrikel kiri akan membawa darah bersih yang kaya oksigen. Aorta ruang kiri akan bercabang menjadi arteri dan yang terkecil disebut arteriole. Aorta ventrikel kanan akan bercabang ke arteri pulmonalis paru kanan dan kiri (arteri pulmonalis). Arteri ini membawa darah kotor yang kaya akan karbon dioksida.

b. Pembuluh Balik (Vena)
Vena memiliki lapisan elastis yang tipis dan arteri, sehingga tidak kuat dan arteri seperti pada pembuluh darah. Kapal ini terletak di dekat permukaan kulit, terlihat kebiruan, denyut nadi tidak terasa, jika terluka, darah tidak memancar keluar, dan memiliki katup di sepanjang bejana. Katup ini berfungsi untuk menjaga aliran darah ke satu arah dan menjaga agar darah tetap mengalir karena tidak adanya pompa di aliran darah di pembuluh darah. Vena terdiri dari pembuluh darah besar dan pembuluh darah paru.

Pembuluh balik besar membawa darah yang berasal dan seluruh tubuh ke jantung jantung yang tepat. Pembuluh ini membawa darah kaya karbon dioksida. Pembuluh balik besar ada dua macam, yaitu
a. vena atas besar (superior vena cava)
b. vena bawah besar (inferior vena cava).

Vena kava unggul berfungsi untuk mengangkut darah dan kepala asal dan tangan ke jantung jantung yang tepat.

Pembuluh balik besar bawah besar ditugaskan untuk mengangkut darah dan tubuh dan kaki yang berasal ke jantung jantung yang tepat. Kapal besar bercabang menjadi pembuluh yang lebih kecil (vena), kemudian bercabang menjadi venula terkecil yang disebut.

Pembuluh paru (Pulmonary Veins) terdiri dari pembuluh paru kanan dan kiri. Pembuluh paru kiri mengangkut darah dari paru kiri. Paru-paru kanan mengangkut darah dari paru kanan. Keduanya akan bersatu menuju serambi kiri jantung. Kereta ini membawa darah kaya oksigen.

c. Pembuluh Kapiler
Arteri terkecil (arteriole) dan vena terkecil (venule) dihubungkan oleh pembuluh kapiler. Kapiler sangat berdinding tipis karena hanya di atas lapisan sel, dan sangat kecil sekitar 7,5 mikron. Kapiler ini berhubungan langsung dengan sel tubuh.


Macam-Macam Pembuluh Darah

Sekian Artikel tentang, Macam-macam pembuluh darah, semoga bermanfaat. 
(Sumber : Ipa Terpadu, Hal : 43-44, Penerbit : Erlangga, Penulis : Tim Abdi Guru. Eka Purjiyanta, S.Pd.2006

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam Macam Pembuluh Darah dan Fungsinya"

Posting Komentar