Macam-macam Pola dalam Paragraf Deskripsi

Website Informasi Seputar Tips Android, Komputer, Pendidikan,Biss Key, Frekuensi Tv, Chanel Tv, Pengertian, Contoh

Macam-macam Pola dalam Paragraf Deskripsi

Macam-macam Pola dalam Paragraf Deskripsi - Dalam Definisi pengertian dan Karakteristik Paragraf ada pola paragraf deskripsi dalam mengembangkan deskripsi paragraf sehingga dalam menggambarkan sebuah situasi. Pola dalam mengembangkan deskripsi paragraf yang terbagi menjadi 2 yaitu Pola Tematik, dan Pola Tata Ruang, masing-masing pola ada pemahaman dan penjelasan pola tematik dan pengertian dan penjelasan pola spasial, Untuk mengetahui mari kita lihat pembahasan dan penjelasannya seperti di bawah ini.

Macam-Macam Pola Pengembangan Paragraf Deskripsi
Paragraf deskripsi dapat dikembangkan dalam berbagai pola yakni 
a. Pola tematik
Paragraf ini disusun berdasarkan tema kecil. Setiap tema diwakili oleh satu atau dua kalimat. Tema yang tercantum dalam paragraf meliputi:

Contoh:
Suara seruling sangat merdu. Merasa memilukan hati. Suara gamelan berdebar kencang dengan suara gong. "Gung ... gung ..." begitu bergema suaranya. Tepuk tangan penonton kadang-kadang mencegatnya. Tidak ada lagi kesedihan di sana, meski bagiku, kejadian itu tidak lain hanyalah peristiwa yang memilukan.
Tema dalam paragraf tersebut adalah:
1). Suara seruling
2). Suara gamelan
3). Tepuk tangan penonton,
4). Kesedihan
5). Acara yang memilukan

b. Pola Keruangan
Susunan paragraf ini diatur dalam urutan ruang, misalnya dari atas ke bawah, dari ujung ke ujung, dari utara ke selatan, dan seterusnya.

Contoh:
Bagian belakang yang remang-remang, hampir tidak ada yang bisa dilihat di sana. Namun, tidak begitu di atas panggung. Di situ situasinya cerah. Apalagi di atas panggung. Ternyata, setiap jarum jika terjatuh harus ada yang terlihat
Tata ruang dalam paragraf tersebut adalah sebagai berikut
1). belakang panggung,
2). di depan panggung, dan
3). di atas panggung,

Demikian Beberapa artikel tentang Berbagai Pola dalam Deskripsi Paragraf mungkin berguna
(Sumber: Cerdas Indonesia, Hal: 64-65, Penerbit: Erlangga.2006.Jakarta, Penulis: Engkos Kosasih)

0 komentar:

Posting Komentar