Manfaat, Keuntungan dan Kerugian Gunung Berapi Bagi Kehidupan Manusia

Manfaat, Keuntungan dan Kerugian Gunung Berapi atau gunung api Bagi Kehidupan Manusia - Gunung berapi meletus saat akan menimbulkan bahaya, dibalik itu ada manfaat dari gunung berapi yang meletus, namun terkadang kerugian akibat gunung berapi menyebabkan kematian seseorang sehingga sangat dipelukan cara mengantisipasi gunung berapi saat meletus oleh pihak berwenang, terutama pemerintah dan ilmu pengetahuan. 

Bagi warga yang berada di dekat gunung berapi sehingga warga mengetahui tanda-tanda letusan karena gunung berapi meletus gunung berapi harus memiliki proses atau mekanisme terjadinya gunung berapi yang ditandai oleh beberapa kejadian sebelum gunung berapi meletus, misalnya Indonesia dilewati dua jalur pegunungan muda yang panjang di dunia, jalur Pasifik dan Mediterania, menyebabkan banyak gunung berapi. Beberapa manfaat gunung berapi adalah:

Manfaat, Keuntungan dan Kerugian Gunung Berapi Bagi Kehidupan Manusia


Manfaat dan Kerugian Gunung Api

A. Manfaat Gunung Api
1. Memupuk tanah / Menyuburkan tanah, debu vulkanik yang dilepaskan oleh gunung berapi mengandung banyak unsur yang dibutuhkan oleh tanaman, sehingga tanah di sekitar gunung berapi sangat subur (tanah vulkanik). Sebagai obyek wisata, Di sekitar gunung berapi terdapat banyak sumber air panas yang dicampur dengan belerang, merupakan tempat yang menarik dan ramai dikunjungi wisatawan. Selain itu, kegiatan pendakian gunung merupakan kegiatan yang menarik, sekaligus dapat menikrnati panorama indah puncak gunung sehingga bisa memberikan tangki tersendiri bagi wisatawan.

2. Sumber energi, Volcano menghasilkan panas bumi (panas bumi) yang bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik. Pemanfaatan pembangkit listrik tenaga panas bumi terletak di Gunung Kamojang (Jawa Barat), dibangun atas kerjasama dengan pemerintah Selandia Baru. Pemanfaatan panas bumi lainnya terletak di Gunung Dieng (Jawa Tengah), dan Gunung Sibayak (Sumatera Utara) yang sedang dalam proses pengerjaan. Pemanfaatan energi panas bumi sebagai sumber pembangkit listrik di Indonesia dimulai pada bulan November 1978 di Kamojang. Sampai dengan tahun 2003, hanya sekitar 4,3% dari cadangan yang telah digunakan, yaitu sekitar 860 megawatt (MW). Indonesia menjadi negara terbesar di dunia dengan cadangan panas bumi sekitar 40% dari cadangan dunia atau 20.000 MW (perkiraan cadangan dunia sebesar 50.000 MW). Menghasilkan berbagai barang pertambangan, Volcano menghasilkan berbagai mineral seperti besi, emas, perak, tembaga, sulfur dan sebagainya.

B. Kerugian Gunung Api
Selain memberikan manfaat yang sangat besar untuk kehidupan, gunung berapi juga dapat menyebabkan bencana alam yang mengakibatkan kerugian material dan korban jiwa. Untuk menghindari korban akibat letusan gunung berapi, maka dibangunlah gunung berapi pengamatan pos, untuk mengamati aktivitas gunung. Dimanapun ada tanda-tanda bahwa gunung berapi tersebut dapat menyebabkan bencana, maka pos pengamatan gunung berapi segera melaporkannya ke masyarakat sekitar melalui pemerintah daerah untuk waspada dan menghindari bahaya. Tanda-tanda aktivitas vulkanik yang meningkat adalah terjadinya gempa bumi, suhu udara di sekitar gunung meningkat, terjadi semburan lava panas dan aktivitas mata air panas meningkat.

Dimanapun tanda-tanda menunjukkan bencana alam, pos pengamatan gunung berapi segera menginformasikan masyarakat di sekitar gunung dan menyarankan agar berhati-hati dan, jika perlu, warga harus mengungsi. Salah satu gunung berapi yang paling berbahaya adalah Gunung. Merapi di Jawa Tengah. Pada tahun 1930 sebuah letusan yang sangat dahsyat, menyebabkan awan pijar yang sangat panas dan merenggut nyawa 1.693 orang. Hingga saat ini, Gunung Merapi tetap aktif, di beberapa tempat telah dibentuk pos pengamatan yang setiap saat waspada karena daerah sekitarnya merupakan pemukiman padat penduduk.

Sekian Artikel tentang Manfaat dan Kerugian Gunung Api semoga bermanfaat 

(Sumber : Geografi, Hal : 76-78, Penerbit : Erlangga.2004. Jakarta, Penulis : P.Ginting dkk

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat, Keuntungan dan Kerugian Gunung Berapi Bagi Kehidupan Manusia"

Posting Komentar