Pengaruh Letak Geografis Indonesia terhadap Kondisi Alam dan Penduduk

Pengertian dan Pengaruh Letak Geografis Indonesia terhadap Kondisi Alam dan Penduduk - Lokasi geografis Indonesia sangat strategis karena Indonesia yang berada di tengah khatulistiwa dan diapik oleh benua dan samudera banyak berpengaruh bagi Indonesia, pengaruhnya bagi masyarakat Indonesia, terutama kondisi alam dan populasinya sangat besar. Bukan karena letak geografis Indonesia sangat strategis untuk membuat banyak pengaruh dari luar dan pengaruh alam yang tidak dapat dihindari oleh Indonesia. Mari kita lihat pembahasan Pemahaman dan Pengaruh Lokasi Geografis Indonesia tentang Kondisi Alam dan Kependudukan, sebagai di bawah ...

Pengaruh Lokasi Letak Geografis Indonesia terhadap Alam dan Penduduk

Pengertian Lokasi geografis adalah lokasi suatu negara yang dilihat dari kenyataan di permukaan bumi. Menurut lokasi geografisnya Indonesia terletak di antara dua benua, yaitu Asia dan Australia, dan antara dua Samudera, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Lokasi Indonesia diapit oleh dua benua dan berada di antara dua samudra yang sangat mempengaruhi alam dan kehidupan penduduk
Iklan

1. Pengaruh Lokasi Geografis terhadap Kondisi Alam
Indonesia adalah negara kepulauan yang merupakan pertemuan dua samudra besar (Samudera Pasifik dan Samudra Hindia) dan diliputi oleh lahan yang luas (Continental Asia dan Australia). Ini mempengaruhi kondisi alam.

  1. Wilayah Indonesia memiliki iklim laut, karena merupakan negara kepulauan, sehingga banyak yang mendapat pengaruh angin laut yang membawa banyak hujan.
  2. Indonesia memiliki iklim musiman, yang merupakan iklim yang dipengaruhi oleh angin monsoon yang berhembus setiap enam bulan untuk mengubah arah. Hal ini menyebabkan musim kemarau dan musim hujan di Indonesia


2. Pengaruh Lokasi Geografis pada Kependudukan
Karena Indonesia terletak pada posisi silang antara dua benua dan dua samudera, pengaruhnya bagi kehidupan bangsa Indonesia adalah sebagai berikut.

  1. Indonesia sangat dipengaruhi oleh budaya asing, yaitu dalam seni, bahasa, peradaban, dan agama
  2. Indonesia berada di antara negara-negara berkembang, sehingga memiliki banyak mitra.
  3. Lalu lintas perdagangan dan pengiriman di Indonesia cukup ramai, sehingga mendukung perdagangan di Indonesia dan menambah devisa negara.


Pengertian dan Pengaruh Letak Geografis Indonesia terhadap Kondisi Alam dan Penduduk

Sekian Artikel tentang Pengaruh Letak Geografis Indonesia terhadap Kondisi Alam dan Penduduk|Letak Geografis Indonesia, Semoga bermanfaat. 

(Sumber: Galeri Pengetahuan Sosial Terpadu,Penulis : Sri Sudarmi dan Waluyo, Hal : 5, Penerbit : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional,2008.jakarta)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengaruh Letak Geografis Indonesia terhadap Kondisi Alam dan Penduduk"

Posting Komentar