Pengertian Batuan Metamorf (Malihan), Jenis, Contoh dan Penjelasannya

Pengertian Batuan Metamorf (Malihan), Jenis, Contoh dan Penjelasannya - Batuan metamorf dari beberapa bebatuan di bumi ini, Memahami batuan metamorf menurut beberapa ahli yang dirangkum, bahwa pemahaman batuan metamorf adalah batuan beku atau sedimen yang mengubah sifat dan bentuknya karena tekanan dan suhu yang meningkat di kerak bumi (metamorfosis) . Batu metamorf memiliki manfaat dan kegunaan bagi manusia. Jenis batuan yaitu batuan beku, batuan sedimen, batuan metamorf, 

Sebelumnya kedua jenis batuan tersebut telah dijelaskan dan dibahas, saat ini kita akan menjelaskan batuan metamorf atau batuan malihan dimana dalam proses metamorfosis yang terbagi menjadi 3 kelompok seperti dibawah ini.

a. Metamorf termal atau taktil adalah batuan yang terpapar sentuhan magma panas di sekitar ruang magma atau badan batu yang mengganggu. Misalnya batu kapur berubah menjadi batu marmer.

b. Metamorfosis Dynamo atau metamorfosis tekanan. Batu yang terkena tekanan itu berasal dari peristiwa tektonik (hanya di kulit bumi saja) sehingga akan mengalami metamorfosis. Misalnya, pada bidang kesalahan cermin gesekan atau tepung milonit akan terbentuk.

c. Metamorfosis Regional, adalah metamorfosis yang menyangkut area yang sangat luas (di bagian bawah kerak bumi) karena seluruh tekanan terbentuk yaitu mika ski, filit, gneiss. Ciri utama batuan metamorf adalah mengkilap dan non-fosil.

Pengertian Batuan Metamorf (Malihan) dan Penjelasannya
(Batuan Gamping)

Demikian artikel tentang Pengertian Batuan Metamorf (Malihan) dan Penjelasannya semoga bermanfaat terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Batuan Metamorf (Malihan), Jenis, Contoh dan Penjelasannya"

Posting Komentar