Pengertian Batuan Sedimen dan Jenis-Jenis Batuan Sedimen Disertai Contohnya

Pengertian Batuan Sedimen dan Jenis-Jenis Batuan Sedimen Disertai Contohnya - Batuan sedimen atau endapan, menurut definisi dan berbagai batuan sedimen atau jenis batuan sedimen, batuan sedimen dikelompokkan menjadi tiga, yaitu batuan sedimen klastik, kimia, dan organik, sebelum kita membahas jenis batuan sedimen atau klasifikasi batuan sedimen mari kita membahas Artinya batuan sedimen, batuan sedimen atau batuan sedimen adalah batuan yang terbentuk dari sedimen bahan yang dibawa oleh air atau angin. Ada juga yang mengatakan Sedimentasi, 

Tahukah anda apa arti sedimentasi? atau apa itu sedimentasi? sedimentasi telah dibahas sebelumnya. Untuk itu mari kita jelaskan atau bahas tentang jenis batuan sedimen yang tergolong menjadi 3 seperti di bawah ini.

Jenis-Jenis Batuan Sedimen Disertai Contohnya

a. Sedimen Batu Klastika, batuan sedimen klastika adalah batuan sedimen yang terdiri dari klastika-klastika (batuan hancur) yang mengendap secara alami (mekanis) dengan gravitasi tersendiri. Sedimen klastik juga disebut sedimen mekanis. Misalnya, breksi, konglomerat, batu pasir, dan lempengan batu. Breksi adalah krikil yang diendapkan tajam (masih dekat dengan asal asalnya). Konglomerat diendapkan sudut tikar tajam (ujung sungai yang jauh). Batu pasir adalah batuan sedimen yang berasal dari fragmen batuan berukuran 1/16 - 2 mm. Ukuran klastika di sedimen ini menunjukkan di mana ia terbentuk. Konglomerat dan breksi adalah sedimen terestrial di sepanjang sungai sampai muara. Pasir diendapkan sepanjang pantai sampai kedalaman 200 meter di laut.

b. Batu Sedimen Kimia, batuan sedimen kimia adalah sedimen yang terbentuk oleh reaksi kimia, seperti penguapan, presisi, dan konsentrasi. Misalnya, garam batu, gypsum, stalaktit, dan stalagmit.

c. Batuan Sedimen Organit atau Sedimen Asal Jasad  adalah sedimen yang berasal dari sisa-sisa organisme hidup atau dibuat oleh tubuh makhluk hidup. Kelas sedimen ini dapat dibagi menjadi dua, yaitu sedimen biomekanis dan sedimen biokimia. Sedimen biomekanik diendapkan sisa-sisa bagian hidup dari benda hidup yang mengendap secara alami karena beratnya sendiri, misalnya kulit batu kapur, numilit batu kapur, dan batu kapur berlapis. Sedimen biokimia adalah pengendapan unsur batu kapur dan silika dengan makhluk hidup. Misalnya, terumbu karang kapur (rumah binatang koral) dan tanah diatom (endapan unsur silika akibat karbon dioksida (CO2) dalam air banyak diserap oleh alga diatom.
Pengertian Batuan Sedimen dan Jenis-Jenis Batuan Sedimen
(Contoh Gambar : Batuan Sedimen Klastika yakni  Breksi )

Demikian artikel tentang Pengertian Batuan Sedimen dan Jenis-Jenis Batuan Sedimen semoga bermanfaat. terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Batuan Sedimen dan Jenis-Jenis Batuan Sedimen Disertai Contohnya"

Posting Komentar