Pengertian, Contoh Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Paragraf Bahasa Indonesia

Website Informasi Seputar Tips Android, Komputer, Pendidikan,Biss Key, Frekuensi Tv, Chanel Tv, Pengertian, Contoh

Pengertian, Contoh Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Paragraf Bahasa Indonesia

Pengertian, Contoh Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Paragraf Bahasa Indonesia - Pengertian kalimat utama adalah kalimat yang mengandung gagasan utama. Adapun yang dimaksud dengan gagasan utama adalah gagasan yang menjadi dasar pengembangan suatu paragraf. Gagasan utama menyatakan hal-hal umum, yang merangkum seluruh gagasan yang ada dalam suatu paragraf.Pragraf yang baik hanya mengandung satu gagasan utama . Pengertian Kalimat penjelas adalah kalimat yang mengandung gagasan penjelas. 

Adapun yang dimaksud dengan gagasan penjelas adalah gagasan yang menjelaskan suatu gagasan utama. Penjelasannya bisa berupa rincian atau deskripsi, contoh atau ilustrasi, kutipan dan sebagainya. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Kalimat Utama dan Kalimat Penjelasan Mari kita lihat contoh kalimat utama dan penjelasan kalimat Contoh seperti di bawah ini.

Pengertian Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas


Contoh Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas 

Perhatikan paragraf berikut.
1). Memasuki abad ke-21, sejumlah masalah populasi menghadapi umat manusia dengan "tumpang tindih". Sebagai contoh, masalah lansia (lansia) muncul saat pertumbuhan penduduk masih besar. Kemiskinan semakin terlihat di tengah isu perburuhan rumithya. Kemudahan masalah juga berkontribusi terhadap lanskap kehidupan di awal milenium ketiga, terutama yang menyangkut kesehatan perempuan dan anak. .

Kalimat utamanya dan kalimatnya jelas
Bagian tersebut menyampaikan gagasan tentang masalah populasi yang tumpang tindih yang dihadapi manusia. Idenya adalah dasar pembahasan dalam paragraf. Karena itulah, ide tersebut disebut ide utamanya. Ide utamanya jelas dinyatakan dalam kalimat pertama. Dengan demikian, kalimat pertama adalah kalimat utama dari paragraf di atas. Kalimat di bawah ini adalah kalimat penjelasan.
'

2). Salah satu penyebab protes tersebut adalah kurangnya kepercayaan dalam pelaksanaan peraturan. Para pemrotes tidak menemukan jalan keluar untuk ketidakpuasan yang mereka rasakan. Tekanan marah yang tidak menemukan celah untuk keluar akhirnya menjadi amuk massa. Hal ini menyebabkan demonstrasi besar-besaran sering mengakibatkan anarkisme massal jika aspirasi mereka tidak disalurkan. Mereka ingin tindakan mereka dijaga.

Kalimat utamanya dan kalimatnya penjelasnya
Paragraf menyatakan gagasan tentang penyebab protes, yakni ketidakpercayaan terhadap pelaksanaan berbagai peraturan. Idenya adalah dasar pembahasan paragraf. idenya adalah kalimat pertama. Dengan demikian, kalimat pertama adalah kalimat utama, sedangkan kalimat berikutnya adalah kalimat penjelasannya.

Demikian Artikel tentang Memahami Kalimat Utama dan Kalimat Kalimat mungkin berguna
(Sumber: Indonesia Intelligent 2, Hal: 26-27, Penerbit: Erlangga, 2006.Jakarta, Penulis: Engkos Kosasih)

0 komentar:

Posting Komentar