Pengertian, Dan Jenis-Jenis Batuan Beku Beserta Contohnya Lengkap

Pengertian, Dan Jenis-Jenis Batuan Beku Beserta Contohnya Lengkap- Batuan beku adalah beberapa jenis batuan di bumi. Jenis batuan beku atau jenis batuan beku yaitu ada tiga jenis atau jenis batuan beku di (batuan plutonik), batuan beku gang atau karang, batuan beku di luar atau lelehan batuan. Sebelum membahas berbagai jenis batuan beku atau jenis batuan beku, mari kita bahas batuan beku apa? Pengertian batuan beku menurut definisi para ahli menyatakan bahwa pemahaman batuan beku adalah batuan yang terbentuk dari magma yang membeku. Dalam proses pembentukan batuan beku kita bisa mengetahui dengan melihat ciri batuan beku. 

Diskusi selanjutnya adalah penjelasan tentang jenis batuan beku dan proses pembentukannya seperti proses pembentukan batuan beku dalam proses pembentukan batuan beku di gang atau goresan, proses pembentukan batuan beku luar atau batuan cair, dan contoh batuan dari masing-masing jenis batuan beku, semua pembahasan dapat dilihat seperti di bawah ini.

Pengertian Batuan Beku dan Jenis-Jenis Batuan Beku


Jenis-Jenis Batuan Beku

a.Batuan Beku dalam (batuan plutonik) , membeku di dapur magma dengan sangat pelan sehingga tubuh batunya terdiri dari kristal besar. Misalnya batu granit, batuan peridotit dan batu gabro.

b. Batuan beku gang atau korok . Batuan beku di gang membeku di gang atau celah antara lapisan di dalam kerak bumi. Proses pembekuan berjalan lebih cepat sehingga selain kristal besar juga ada banyak kristal kecil (semi kristalin = porfiri). Misalnya granit porfiri.

c.batuan beku Luar atau batu  lelehan, batuan beku luar membeku di luar kerak bumi. Batuan ini terjadi saat gunung berapi meludah keluar dari lahar cair. Pembekuan terjadi tidak hanya di sekitar kawah vulkanik, tapi juga di udara. Proses pembukuan singkat hampir tidak mengandung kristal (amorf)

Demikian artikel tentang Pengertian Batuan Beku dan Jenis-Jenis Batuan Beku semoga bermanfaat. terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian, Dan Jenis-Jenis Batuan Beku Beserta Contohnya Lengkap"

Posting Komentar