PENGERTIAN DAN JENIS JENIS TINDAKAN SOSIAL

Website Informasi Seputar Tips Android, Komputer, Pendidikan,Biss Key, Frekuensi Tv, Chanel Tv, Pengertian, Contoh

PENGERTIAN DAN JENIS JENIS TINDAKAN SOSIAL

Pengertian dan Jenis-Jenis Tindakan Sosial - Ditafsirkan oleh berbagai ahli dan tindakan sosial memiliki tipe yang diusulkan oleh Max Weber (George Ritzer, 1992) yang membedakan ke dalam empat kategori seperti Zwerk Rational, Werk Rational, Affectual Action, Traditional Action, masing-masing jenis berbeda dan memiliki contoh keempat jenis aksi sosial. Gagasan aksi sosial juga diungkapkan oleh pakar seperti Max Weber, Emile Durkhiem dan Karl Max, yang menafsirkan "Understanding of Social Action". Untuk Mengetahui Lebih Baik Tentang Memahami Aksi Sosial oleh Beberapa Ahli yang berada di atas dan Jenis Aksi Sosial, Mari kita lihat pembahasannya di bawah ini.

Pengertian dan Jenis-Jenis Tindakan Sosial

A. Memahami tindakan Sosial Menurut Pakar
Aksi Sosial oleh Pakar seperti:
Sebuah. Max Weber, Memahami Aksi Sosial adalah tindakan manusia yang dapat mempengaruhi individu lain di masyarakat.

b. Emile Durkheim, Memahami Aksi Sosial adalah Sebagai tingkah laku manusia yang diarahkan oleh norma dan jenis solidaritas kelompok tempat dia tinggal.

c. Karl Marx, Memahami Aksi Sosial adalah Sebagai Aktvitas Manusia yang berusaha menghasilkan barang, atau mencoba sesuatu yang unik untuk mengejar tujuan tertentu.

B. Jenis tindakan Sosial

Manusia bertindak didorong oleh tujuan tertentu. Gol yang berbeda menimbulkan berbagai aksi sosial. Max Weber (George Ritzer, 1992) membedakan aksi sosial dengan empat kategori berikut.

Sebuah. Zwerk Rational (Rasio Instrumental)
Ibu Nurhayati membeli sepeda motor supaya bisa berangkat sekolah lebih awal. Fauzi memutuskan untuk mempelajari materi fisika yang akan diuji besok daripada menonton tindakan Jet Li di televisi.

Dua bentuk aksi sosial teratas meliputi Zwerk Rational. Tindakan tersebut dilakukan setelah mempertimbangkan dengan cermat tujuan dan cara yang ingin dicapai untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan demikian, Zwerk Rational dilekatkan pada tindakan yang diarahkan secara rasional untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

b. Werk Rasional (Rasionalitas Nilai)
Aksi sosial semacam ini hampir serupa dengan kategori atau jenis tindakan rasionalitas intrumental. Hanya di Werk, tindakan sosial yang rasional ditentukan oleh pertimbangan berdasarkan kepercayaan individu terhadap nilai estetika, etis, dan religius. Misalnya, seorang pemuda memberi tempat duduknya kepada seorang nenek karena dia memiliki keyakinan etis bahwa orang muda harus menghormati orang tua. Atau, seorang pertapa mau berpuasa berhari-hari untuk mendapatkan berkah sesuai dengan keyakinan agamanya (kepercayaan).

c. Aksi Affectual
Aksi sosial ini dipengaruhi oleh emosi atau perasaan. Misalnya, hubungan kasih sayang seorang saudara dengan adik laki-laki atau hubungan cinta sedang jatuh cinta.

d. Aksi Tradisional (Tindakan oleh Kebiasaan)
Tindakan sosial ini dilakukan murni mengikuti tradisi atau adat yang sudah baku. Satu tindakan karena telah menjadi bagian dari kebiasaan atau telah rutin dilakukan. Misalnya, tradisi mudik Lebaran atau Idul Fitri. Orang terus mendorong diri mereka untuk pulang meski harus berjuang mewujudkannya. Contoh lain dari peringatan kelahiran, mitoni, atau kegiatan seremonial yang telah dilakukan sejak nenek moyang pertama.

PENGERTIAN DAN JENIS JENIS TINDAKAN SOSIAL


Sekian Artikel Tentang, Pengertian dan Jenis-Jenis Tindakan Sosial, Semoga Bermanfaat (Sumber : Sosiologi , Hal : 37-38, Penyusun : Tim Dosen Sosiologi Universitas Negeri Yogyakarta,.Penerbit : SMK (saka mitra kompetensi), 2004. Diperbayak : PT macanan jaya Cemerlang)

0 komentar:

Posting Komentar