Pengertian Diastropisme dan Penjelasannya

Pengertian Diastropisme dan Penjelasannya - Diastropismie adalah bagian dari kekuatan tektonik yang terlepas dari vulkanisme, pada definisi Diastropisme oleh definisi para ahli menyatakan bahwa diastropisme adalah proses pembentukan relief wajah bumi dengan energi endogen tanpa aktivitas magma. Dalam terjadinya diastropisme itu menimbulkan konsekuensi dari diastropisme yang berbahaya dan gejala diastropisme. Jika prosesnya melibatkan area luas yang disebut epirogenese dan hasilnya adalah penghilangan perisai. 

Bagaimana jika proses suatu daerah yang tidak terlalu luas disebut orogenese. Menurut teori tektonik lempeng, arus konveksi yang ada di astenosfer adalah sumber energi endogen. Arus akan menyeret pelat kerak bumi ke arah masing-masing. Karena arus konveksi sangat banyak, lempeng kerak bumi akan bergeser dan bertabrakan sehingga mereka akan tergelincir dan menjauh satu sama lain.
Pengertian Diastropisme dan Penjelasannya

Tumbukan (konvergensi) menghasilkan sekumpulan lipatan dan punggung bukit, sementara yang saling eksklusif menghasilkan fraktur geser. Tumbukan timbal balik menghasilkan pembukaan longitudinal cairan panas yang disebut Lava. Bentuk-bentuk yang dihasilkan dari proses diastrofik adalah lipatan pegunungan dan gunung yang salah.

Bentuk-Bentuk Pegunungan Lipatan 
1. Lipatan Lipat Pegunungan
2. Kubah dan Cekungan
3. Tunjam lipatan
4. Folding yang kompleks

Bentuk-Bentuk Pegunungan Patahan
1. Kesalahan normal
2. Patah tulang jatuh
3. Kesalahan geser 
4. Horst

Demikian artikel tentang Pengertian Diastropisme semoga bermanfaat terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Diastropisme dan Penjelasannya"

Posting Komentar