Pengertian Kalimat Efektif dan Aturan Penulisannya

Pengertian Kalimat Efektif dan Aturan Penulisannya - Kalimat yang efektif memiliki prosedur dalam penulisan atau peraturan. Dalam arti kalimat yang efektif sesuai dengan definisi para ahli yang telah merangkum dan menyimpulkan bahwa makna kalimat efektif adalah kalimat yang mampu menyampaikan pemikiran dan perasaan si penulis secara jelas dan tepat kepada pembaca. 

Kalimat efektif yang mengarah pada fungsi, tujuan, topik pembicaraan dan apa yang ingin Anda baca disebut kalimat efektif, oleh karena itu membuat kalimat yang efektif seperti kebutuhan akan prosedur penulisan atau aturan penulisan kalimat efektif dengan aturan yang benar di penulisan kalimat yang efektif, untuk mengetahui mari kita lihat aturan penulisan atau prosedur penuliasannya sesuai aturan penulisan kalimat yang efektif seperti di bawah ini.

 Aturan Penulisan Kalimat Efektif
a. Kalimat yang efektif ditulis dengan aturan yang benar, mis
1). Kalimat harus memiliki subjek dan predikat. kelompok kata kemudian pergi tidur bukan kalimat yang efektif karena kalimatnya tidak memiliki subjek; hanya ada predikat dan deskripsi. Begitu juga kebun luas yang pernah dia jalani selama bertahun-tahun sampai dia menjadi lelucon belum sebuah kalimat. urutan kata sebenarnya adalah bagian dari sebuah kalimat. Meski terlihat panjang, kelompok kata hanya memiliki subjek
2). Tidak bisa hanya klausa bawahan. Karena dia telah melakukan pekerjaan dengan baik, atau bahwa dia dianggap paling mampu belum menjadi hukuman. Ini karena kata group hanya klausa bawahan.
3). Pilihan kata-kata harus tepat. Kalimat dia terlihat sakit di RSCM, bukan kalimat yang efektif. Ini karena kata pilihan yang digunakan tidak benar. Seharusnya, kata yang digunakan adalah kata untuk dikunjungi, tidak terlihat, tonton, atau tonton.

b. Pesan yang terkandung harus jelas. Kalimat panjang bisa mengaburkan pesan.

Pengertian Kalimat Efektif dan Aturan Penulisannya
Pengertian Kalimat Efektif dan Aturan Penulisannya

Demikian artikel tentang Pengertian Kalimat Efektif dan Aturan Penulisannya semoga bermanfaat terima kasih

(Sumber : Cerdas Berbahasa Indonesia, Hal : 227, Penerbit : Erlangga. 2006. Jakarta, Penulis : Engkos Kosasih)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Kalimat Efektif dan Aturan Penulisannya"

Posting Komentar