Pengertian Norma dan Fungsi Norma Dalam Masyarakat

Website Informasi Seputar Tips Android, Komputer, Pendidikan,Biss Key, Frekuensi Tv, Chanel Tv, Pengertian, Contoh

Pengertian Norma dan Fungsi Norma Dalam Masyarakat

Pengertian Norma dan Fungsi Norma Dalam Masyarakat - Memahami norma adalah ukuran (benar salah, tidak pantas tepatnya, tidak pantas atau tidak) perilaku seseorang di masyarakat. Norma adalah serangkaian sanksi bagi pelakunya dan pembatasan sanksi bagi pelaku yang telah kita diskusikan tentang nilai. Nilai umumnya dijabarkan lebih jauh ke dalam norma. Dengan demikian, nilai menjadi fondasi bagi terbentuknya norma. Nilai menjadi pembenaran untuk norma. 

Di Norma ada norma fungsi atau norma tujuan dalam kehidupan bersama masyarakat sehingga Norma dapat berarti dengan melihat fungsi norma dimana kita tahu bahwa norma dari berbagai jenis norma dan dalam setiap jenis norma memiliki fungsinya sendiri. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Norma, lihat berbagai definisi yang diajukan oleh para ahli tentang norma-norma apa adanya. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:


A. Pengertia Norma Menurut Para Ahli 
1. Norma adalah aturan-aturan dan harapan-harapan masyarakat yang memandu perilaku anggota-anggotanya (John J. Macionis, 1997). 
2. Norma adalah standar perilaku yang mapan yang dipelihara oleh masyarakat ( Richard T. Schaefer & Robert P. Lamm, 1998). 
3. Norma adalah aturan atau pedoman yang menyatakan tentang bagaimana seseorang seharusnya bertindak dalam situasi tertentu (Craig Calhoun, 1997). 
4. Norma adalah rancangan ideal perilaku manusia yang memberikan batas-batas bagi anggota masyarakat dalam mencapai tujuan hidupnya (Broom & Selznic). 
5. Norma adalah prinsip atau aturan yang konkret, yang seharusnya diperhatikan oleh warga masyarakat (Antony Giddens, 1994).

B. Fungsi Norma 
1. Mengatur tingkah laku masyarakat agar sesuai dengan nila yang berlaku 
2. Menciptakan ketertiban dan keadilan dalam masyarakat. 
3. Membantu mencapai tujuan bersama masyarakat ; dan 
4. Menjadi dasar untuk memberikan sanksi kepada warga masyarakat yang melanggar norma 

Sekian Pembahasan Tentang Pengertian Norma dan Fungsi Norma semoga bermanfaat 
(Sumber : Sosiologi kelas X, Hal : 49-50, Penerbit : Phibeta.2006.Jakarta, Penulis : Saptono dan Bambang Suteng S.)

0 komentar:

Posting Komentar