Pengertian Pegunungan Patahan, Contoh dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Pegunungan Patahan, contoh dan Jenis-Jenisnya- patahn terdiri dari beberapa jenis atau jenis patah tulang, dalam artian kesalahan gunung adalah gunung dengan struktur geologi patahan (sesar). Struktur retak terjadi akibat gerakan horisontal kerak bumi pada lapisan batuan yang tidak lentur sehingga mengalami lapisan batuan yang tidak lentur sehingga rusak. patahanr tipe, termasuk patahan normal, broken fault, shear faults, dan horst and graben. 

Setiap jenis patahan atau jenis kesalahan apapun harus memiliki suatu proses untuk menetapkan makna mengapa patahan seperti jenis patahan dapat terjadi dan mau tidak mau terjadi pada kejadian tersebut sehingga kejadian dan kerugian yang dialami sangat besar dan mungkin memiliki manfaat, keuntungan , dampak positif tapi kali ini kita akan membahas dan menjelaskan jenispatahan yang akan dijelaskan seperti di bawah ini.

Jenis-Jenis Patahan 
a. Patahan normal terjadi bila bagian yang pecah terletak di atas bidang kesalahan.

b. Patahan Rebah (Thrush Fault) adalah patahan yang terjadi ke bawah akibat kelanjutan lipatan. Jika tekanan satu sisi lebih kuat dan kontinyu maka struktur lipatan akan jatuh dan porosnya terjadi di bidang sesar. Akibat lapisan batuan patah ini akan terjadi penataan terbalik.

c. Patahan Sesar geser adalah patahan yang bergeser secara horizontal ke arah garis pivot. Misalnya, daerah yang menjadi pusat gempat di california dan Amerika Serikat, dan patahan Opak sebagai pusat gempa Yogyakarta pada 27 Mei 2006.


d. Horst adalah segmen atau segmen dari fraktur yang menonjol ke atas, sedangkan graben adalah segmen ke bawah.

Pengertian Pegunungan Patahan dan Jenis-Jenisnya


Demikian artikel tentang Pengertian Pegunungan Patahan dan Jenis-Jenisnya semoga bermanfaat terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Pegunungan Patahan, Contoh dan Jenis-Jenisnya"

Posting Komentar