Pengertian Rawa, Ciri-Ciri, Manfaat Rawa Dan Macam Macam Rawa

Website Informasi Seputar Tips Android, Komputer, Pendidikan,Biss Key, Frekuensi Tv, Chanel Tv, Pengertian, Contoh

Pengertian Rawa, Ciri-Ciri, Manfaat Rawa Dan Macam Macam Rawa

Pengertian Rawa, Manfaat Ciri-Ciri Rawa Dan Macam Macam Rawa - Rawa adalah daerah rendah yang tergenang air dan pada umumnya permukaan air rawa selalu di bawah atau sama dengan permukaan laut, sehingga air selalu menggoda dan permukaan airnya selalu tertutup oleh tanaman air. Rawa atau rawa terkadang sangat sulit dibedakan dari sungai, terkadang ada sungai seperti dengan rawa, dimana sungai bila dilihat sangat mirip dengan rawa, namun ada banyak perbedaan antara rawa dan sungai, Dalam proses pembentukan rawa juga harus Dikenal untuk mengetahui jernih tentang rawa. 

Untuk mengetahui lebih banyak tentang Rawa dan bagaimana membedakannya dari sungai, mari kita lihat karakteristik rawa dengan mengetahui karakteristik rawa maka kita bisa membedakan antara rawa dan sungai. Karakteristik rawa bisa dilihat seperti di bawah ini

Pengertian Rawa dan Macam-macam Jenis Rawa
Gambar: Contoh rawa air tawar

Ciri-ciri Rawa 
Ciri-Ciri rawa antara lain.. 

1. Dilihat dari air rawa adalah air asam dan coklat sampai kehitaman.
2. Berdasarkan tempat itu, ada rawa-rawa di pedalaman daratan tapi banyak yang berada disekitar pantainya.
3. Rawa-rawa air di sekitar pantai sangat dipengaruhi oleh pasang surut air laut
4. Pada saat pasang air muka permukaan rawa banyak membanjir dan saat air surut daerah ini kering.
5. Rawa-rawa di pantai banyak ditumbuhi oleh pohon bakau sementara di pedalaman banyak dtumbuhi sawit nipah (sejenis telapak tangan).

Rawa-rawa di Indonesia banyak ditemukan di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi (sekitar pantai) dan di sepanjang pantai provinsi Irian Jaya (Papua).

Macam-macam rawa (Jenis-jenis rawa)

Berdasarkan kandungan air, rawa bisa dibagi menjadi tiga jenis, yaitu rawa air tawar, rawa air asin, dan rawa air payau.

a) Rawa air tawar

Rawa air tawar berair dan air tidak mengalami gerakan. Rawa ini biasanya terletak di hutan dengan lokasi yang dekat dengan aliran sungai. Air rawa ini bersifat asam, karena sebagian besar makhluk membusuk.

b) Rawa air asin

Rawa asin biasanya merupakan rawa jenis ini yang terletak di daerah dekat pantai. Pada jenis rawa ini, air bisa mengalami gerakan, sehingga bisa diganti. Hal ini terjadi karena gelombang pasang yang membasahi sebagian atau seluruh daerah rawa. Jenis air rawa ini biasanya tidak terlalu asam.

c) Rawa air payau

Rawa payau berisi campuran air tawar dan air asin. Rawa ini biasanya terletak di dekat muara sungai dan airnya bisa mengalami gerakan, sehingga bisa diganti. Jenis air rawa ini biasanya tidak terlalu asam.

Manfaat rawa

Rawa memiliki banyak manfaat dan kegunaan bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa manfaat rawa bisa dirasakan baik secara langsung maupun tidak langsung. Contoh manfaat langsung yang bisa kita rasakan antara lain adalah penggarapan jenis ikan tertentu.

Rawa juga sebagai sumber beberapa jenis tanaman seperti anggrek, enceng gondok dan kayu, karena sawah pengganti lahan itu tidak perlu diirigasi lagi, sekaligus sebagai tempat pengembangan keanekaragaman hayati.

Jadi setelah mempelajari karakteristik rawa, apakah bisa membedakan rawa dan sungai ?, tentunya dong karna sangat jelas perbedaan antara rawa dan sungai sehingga diskusi tentang pengertian rawa dan sifat rawa mungkin bermanfaat (Sumber: Geografi, halaman: 148, Penerbit: Erlangga 2004.Jakarta, Penulis: P.Ginting, Fathur Rahman M.)

0 komentar:

Posting Komentar