Pengertian Vulkanisme, Contoh dan Penjelasannya

Pengertian Vulkanisme, Contoh dan Penjelasannya- Vulkanisme adalah bagian dari kekuatan tektonik selain diastropisme. Apa itu vulkanisme? Pengertian Vulkanisme menurut definisi para ahli yang telah menyimpulkan bahwa gagasan tentang vulkanisme adalah hasil pembentukan energi endogen disertai gerakan magma ke permukaan bumi. Dalam proses terjadinya vulkanisme dan proses pembentukan vulkanisme adalah pembentuka energi endogen. Dalam arti vulkanisme adalah kata magma, tahuka apa itu magma? Apa arti magma? 

Pengertian Magma adalah campuran (substansi) berbagai unsur yang panas dan berpijar. Magma terbentuk pada kerak bumi bagian bawah dengan kedalaman 60-100 km dibawah permukaan bumi. Suhu pada kedalaman tersebut 1.000°C -1.200°C. Pada suhu tersebut beberapa elemen telah mencapai titik lelehnya sehingga meleleh menjadi cairan dan zat neon di bumi.
Pengertian Vulkanisme dan Penjelasannya

Padatan panas akan meleleh sehingga volume meningkat dan beberapa menjadi gas. Gas yang terbentuk akan menekan magma yang bergerak mencari jalan keluar melalui celah yang berada di atasnya. Jika magma bisa mencapai permukaan bumi, gunung berapi terbentuk. Jika daya habis di tengah jalan dan tidak sampai ke permukaan bumi disebut plutonisme. Dalam terjadinya vulkanisme terbagi menjadi tiga tempat atau tiga zona, yaitu zona antara lain ..

Zona Vulkanisme
1). Vulkanisme ke zona Divergene
2). Volcanisme di Zona Konvergensi
3). Vulkanisme di tengah kerak bumi (ngotot)

Demikian artikel tentang Pengertian Vulkanisme dan Penjelasannya semoga bermanfaat terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Vulkanisme, Contoh dan Penjelasannya"

Posting Komentar