RESENSI : Pengertian, Unsur, Jenis, Tujuan, Manfaat

RESENSI: Pengertian, Unsur, Jenis, Tujuan, Manfaat - Pengertian Resensi adalah sebagai karangan yang berisi ulasan terhadap karya, baik berupa buku, film, atau album. Resensi biasa didefinisikan untuk memperdalam dari pengertian resensi, Definisi Rensensi menurut para ahli adalah suatu karangan yang berisi penilaian terhadap buku atau karya seni. Suatu tinjauan tertulis untuk mengenalkan buku atau seni kepada komunitas pembaca dan membantu mereka dalam memahami atau bahkan memilihnya. Unsur-unsur tinjauan terdiri dari identitas buku, ikhtisar buku, Karangan, Kelebihan dan Kelemahan. Untuk mengetahui penjelasan tentang unsur - unsur peninjau mari kita lihat pembahasannya seperti di bawah ini,.

Unsur-Unsur Resensi 
1. Identitas Buku
Identitas buku meliputi judul, nama pengarang, nama penerbit dan alamat nomor edisi, dan ketebalannya. Identitas buku ini mungkin juga mencakup volume buku, warna dan ilustrasi. Namun, yang penting dengan penulisan review itu jarang dibesarkan

Pengertian Resensi dan Unsur Resensi


2. Ikhtisar Buku
Gambaran buku disusun berdasarkan isi buku. Namun, karena buku yang akan Anda ulas adalah novel baru maka cara penentuan poinnya tidak sama dengan buku nonfiksi. pokok bahasan novel bisa ditentukan berdasarkan keadaan atau peristiwa penting.

3. Kepengarangan, 
sosok penulis sering diceritakan dalam novel reviewer. Hal ini terutama berkaitan dengan latar belakang, keterampilan, sikap, dan pekerjaannya. Bagian ini diberi tahu secara singkat dan umumnya tidak melebihi satu paragraf. Tokoh penulis umumnya tercantum di halaman pertama atau di bagian belakang novel tersebut. Dari situ Anda bisa berbicara tentang unsur kepengarangan. Bagi penulis terkenal, Anda bisa membacanya dari sumber lain. Dari internet anda bisa mendapatkan lebih banyak informasi


4. Kelebihan dan Kelemahan, 
Keunggulan dan kelemahan dalam peninjauan dapat dikaitkan dengan unsur-unsur baru. Terhadap unsur-unsur ini, Anda membuat penilaian, apakah berdasarkan kesatuan, kejelasan kekhususan, pemecahan masalah, dan aspek yang ditentukan sendiri.

Jenis-jenis Resensi

Secara garis besar resensi dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:

  1. Informatif, disini resensi disampaikan secara singkat dan umum dari keseluruhan isi buku.
  2. Deskriptif, yaitu resensi yang membahas secara detail pada setiap bagian atau bab nya.
  3. Kritis, yaitu resensi yang mengulas detail buku menggunakan metodologi ilmu pengetahuan tertentu. Isi resensi biasanya objektif dan kritis dalam menilai isi buku.

Tujuan Resensi

Perlu kita ketahui bahwa tujuan resensi diantaranya sebagai berikut:
  1. Mengetahui kelebihan dan kekurangan buku yang di resensi.
  2. Memberikan gambaran kepada pembaca dan penilaian umum dari sebuah karya secara ringkas.
  3. Memberikan masukan kepada penulis berupa kritis dan saran terhadap isi, substansi, cara penulisan buku.
  4. Mengetahui latar belakang dan alasan buku tersebut diterbitkan.
  5. Menguji kualitas buku dan membandingkan terhadap karya lainnya.
Manfaat Review /resensi

1. Pertimbangan Material
Memberikan gambaran kepada pembaca tentang sebuah karya dan memengaruhi mereka dalam pekerjaan.

2. Saran Promosi Buku
Buku resensi biasanya merupakan buku baru yang belum pernah diulas. Jadi dengan melakukan ini bisa menjadi salah satu bentuk promosi buku yang begitu terkenal dan banyak terjual.

3. Pengembangan Kreativitas
Seperti kita ketahui bahwa semakin sering kita menulis semakin baik tingkat keahlian kita, maka rajin rajin secara tidak langsung dapat mengembangkan kreativitas menulis.

4. Nilai Ekonomi
Dan hal yang mungkin tidak Anda bayangkan adalah dengan meninjau kembali buku kita bisa mendapatkan reward dalam bentuk uang atau lainnya. Tidak buruk!

Itulah pembahasan lengkap resensi yang berisi pengertian, unsur beserta jenisnya, serta tujuan dan manfaatnya. Misalnya resensi InshaAllah akan terus berdiskusi di artikel selanjutnya.

Demikian artikel tentang RESENSI : Pengertian, Unsur, Jenis, Tujuan, Manfaat semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RESENSI : Pengertian, Unsur, Jenis, Tujuan, Manfaat"

Posting Komentar