Sejarah Singkat Sumpah Pemuda, Makna, Isi Teks Sumpah Pemuda

Sejarah Singkat Sumpah Pemuda, Makna, Isi Teks Sumpah Pemuda - Kali ini tentang sejarah sumpah pemuda, arti sumpah pemuda, isi teks pemuda sumpah baik teks asli sumpah pemuda dan pembaharuan teks sumpah pemuda. Sumpah Pemuda adalah ikrar kedaulatan pemuda yang isinya 3 poin, masing-masing merupakan sumpah bagi seluruh pemuda Indonesia dalam Gerakan Pemuda dan Gerakan Perempuan di Indonesia. Pemuda lebih aktif dalam mengusir penjajah Belanda dan kemerdekaan Indonesia. Dalam gerakan pemuda, ada berbagai cara mulai dari kemunculan satu persatu organisasi pemuda dan mempertemukan organisasi pemuda dengan kongres I sampai kongres kedua yang bertujuan menyatukan para pemuda di kongres dan pada kongres II lahirnya isi Sumpah Pemuda yang bersumpah untuk para pemuda Indonesia. Dalam mengetahui sejarah Sumpah Pemuda dan 3 poin Isi Sumpah Pemuda, mari kita lihat diskusi di bawah ini dengan tema Gerakan Pemuda.

Sejarah Sumpah Pemuda, Makna, Isi Teks Sumpah Pemuda

Organisasi Pemuda Indonesia pertama didirikan di Jakarta oleh Satiman Wiryosanjoyo pada tahun 1915. Organisasi tersebut diberi nama Tri Koro Dharmo yang berarti Tiga tujuan utama. Anggotanya sebagian besar terdiri dari siswa sekolah menengah dari Jawa Tengah dan Jawa Timur (Jawa). Nama Tri Koro Dharmo kemudian berubah menjadi Jong Java. Nama berubah untuk menghilangkan kesan seolah-olah hanya memperhatikan orang Jawa, tanpä termasuk pemuda Sunda dan Madura.

Kelahiran / pendirian Tri Koro Dharmo menjadi simbal bagi pemuda daerah lain untuk membentuk sebuah organisasi yang mengikuti jejak rekan mereka di Jawa. Kemudian menyusul berdirinya organisasi pemuda, misalnya di Sumatera berdiri Jong Sumatranen Bond, Minahasa Jong Minahasa, dan kemudian Ambon Jong Ambon. Meski tetap regional, namun kemunculan organisasi ini menunjukkan kesadaran tinggi. Orang muda tidak mau ketinggalan dan orang tua dalam mencapai kemajuan dan kemandirian.

Pada tahun 1927 di Bandung muncul / bérdiri organisasi pemuda nasional, yaitu Pemuda Indonesia, dengan tujuan Penyebaran dan penguatan. cita cita kebangsaan Indonesia. Sebagai organisasi nasional Pemuda Indonesia yang tumbuh pesat. Dalam waktu singkat para anggotanya berkembang biak. Beberapa cabangnya memiliki seorang gadis muda bernama Putri Indonesia. Sementara itu mahasiswa muda Indonesia tidak tinggal diam. Jika siswa yang belajar di Belanda telah berhasil membentuk Masyarakat Indonesia pada tahun 1908, maka siswa-siswa di tanah air baru pada tahun 1926 berhasil membentuk Himpunan Mahasiswa Indonesia (= PPPI).

Anggota kebanyakan adalah siswa SMA yang berada di Jakarta dan Bandung. Organisasi kemahasiswaan ini sangat dipengaruhi oleh Masyarakat Indonesia. Sejak pendiriannya, PPPI telah berkecimpung dalam dunia politik. Garis gawang-perjuangan tegas, yaitu: untuk meraih Indonesia Merdeka. PPPI juga selalu menggemakan semangat persatuan. Bagi sejumlah besar organisasi pemuda, disarankan untuk bersatu dalam satu organisasi saja.

Tapi kekhasannya, pada tahun 1930 terbentuk PPPI Muda Indonesia malah tidak ikut dilebur ke dalamnya. Langkah-langkah untuk mewujudkan seluruh serikat pekerja muda Indonesia dimulai pada tahun 1926. Perwakilan semua organisasi pemuda mengadakan kongres pertama di Jakarta. Meskipun pada saat itu tidak berhasil membentuk organisasi pemuda, hal itu menunjukkan betapa kuatnya semangat semangat persatuan di kalangan kaum muda.

Kongres pemuda kedua diadakan pada tanggal 26-28 Oktober 1928. Membahas langkah-langkah pemersatu pemuda di seluruh Indonesia. Tapi itu belum berhasil. Di perwakilan Kongres pemuda di seluruh Indonesia mendeklarasikan sebuah janji tekad, mengakui:


Isi Teks Asli Sumpah Pemuda

Isi teks asli sumpah pemuda berdasarkan hasil kongres pemuda kedua antara lain sebagai berikut...

  1. Isi Teks Asli Sumpah Pemuda Pertama: Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe, Tanah Indonesia. 
  2. Isi Teks Asli Sumpah Pemuda Kedua: Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Berbang Jang Satoe, Bangsa Indonesia 
  3. Isi Teks Asli Sumpah Pemuda Ketiga: Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mendjoengjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia.

Isi Sumpah Pemuda

Isi teks sumpah pemuda antara lain sebagai berikut..
  1. Isi Teks Sumpah Pemuda Pertama: Kami Putra Putri Indonesia Mengaku Bertumpah Darah Yang Satu, Tanah Indonesia
  2. Isi Teks Sumpah Pemuda Kedua Kami Putra Putri Indonesi Mengaku Berbangsa Satu, Bangsa Indonesia 
  3. Isi Teks Sumpah Pemuda Ketiga: Kami Putra Putri Indonesia Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia 

Panitia-Panita Dalam Kongres Pemuda

Inilah panitia Kongres Pemuda terdiri dari :
  1. Ketua : Soegondo Djojopoespito (PPPI)
  2. Wakil Ketua : R.M. Djoko Marsaid (Jong Java)
  3. Sekretaris : Mohammad Jamin (Jong Sumateranen Bond)
  4. Bendahara : Amir Sjarifuddin (Jong Bataks Bond)
  5. Pembantu I : Djohan Mohammad Tjai (Jong Islamieten Bond)
  6. Pembantu II : R. Katja Soengkana (Pemoeda Indonesia)
  7. Pembantu III : Senduk (Jong Celebes)
  8. Pembantu IV : Johanes Leimena (yong Ambon)
  9. Pembantu V : Rochjani Soe'oed (Pemoeda Kaoem Betawi)


Peserta :
  1. Abdul Muthalib Sangadji
  2. Purnama Wulan
  3. Abdul Rachman
  4. Raden Soeharto
  5. Abu Hanifah
  6. Raden Soekamso
  7. Adnan Kapau Gani
  8. Ramelan
  9. Amir (Dienaren van Indie)
  10. Saerun (Keng Po)
  11. Anta Permana
  12. Sahardjo
  13. Anwari
  14. Sarbini
  15. Arnold Manonutu
  16. Sarmidi Mangunsarkoro
  17. Assaat
  18. Sartono
  19. Bahder Djohan
  20. S.M. Kartosoewirjo
  21. Dali
  22. Setiawan
  23. Darsa
  24. Sigit (Indonesische Studieclub)
  25. Dien Pantouw
  26. Siti Sundari
  27. Djuanda
  28. Sjahpuddin Latif
  29. Dr.Pijper
  30. Sjahrial (Adviseur voor inlandsch Zaken)
  31. Emma Puradiredja
  32. Soejono Djoenoed Poeponegoro
  33. Halim
  34. R.M. Djoko Marsaid
  35. Hamami
  36. Soekamto
  37. Jo Tumbuhan
  38. Soekmono
  39. Joesoepadi
  40. Soekowati (Volksraad)
  41. Jos Masdani
  42. Soemanang
  43. Kadir
  44. Soemarto
  45. Karto Menggolo
  46. Soenario (PAPI & INPO)
  47. Kasman Singodimedjo
  48. Soerjadi
  49. Koentjoro Poerbopranoto
  50. Soewadji Prawirohardjo
  51. Martakusuma
  52. Soewirjo
  53. Masmoen Rasid
  54. Soeworo
  55. Mohammad Ali Hanafiah
  56. Suhara
  57. Mohammad Nazif
  58. Sujono (Volksraad)
  59. Mohammad Roem
  60. Sulaeman
  61. Mohammad Tabrani
  62. Suwarni
  63. Mohammad Tamzil
  64. Tjahija
  65. Muhidin (Pasundan)
  66. Van der Plaas (Pemerintah Belanda)
  67. Mukarno
  68. Wilopo
  69. Muwardi
  70. Wage Rudolf Soepratman
  71. Nona Tumbel

Peristiwa tahun 1928 itulah yang hingga sekarang kita peringat sebagai Hari Sumpah Pemuda. Meskipun usaha mempersatukan pemuda seluruh Indonesia telah dua kali mengalami kegagalan, usaha ke arah itu terus dilakukan Pada tahun 1930 terbentuk Indonesia muda sebagai hasil peleburan (fusi) beberapa organisasi pemuda seperti:
  1. Jong Java, 
  2. Jong Sumatranen Bond,
  3. Jong Celebes, 
  4. Pemuda Indonesia 
  5. Sikar Rukun (Sunda).


Organisasi pemuda yang telah bergabung ke dalam Indonesia Muda kemudian bubar. Pembentukan Indonesia Muda dimaksudkan sebagai satu-satunya wadah gerakan pemuda di seluruh Indonesia. Tujuan mulia tidak sepenuhnya tercapai. Masih terlalu banyak organisasi-pemuda yang tidak ingin bergabung sendiri di Indonesia Muda. Mereka masih berdiri sendiri sebagai sebuah organisasi. Ada yang tidak mau bergabung, kecuali PPPI, terutama organisasi pemuda dari kelompok agama dan partai politik. Jadi sampai tahun 1942 ketika Belanda meninggalkan Indonesia ada berbagai organ muda. Upaya untuk mengumpulkan mereka dalam satu organisasi saja tidak berhasil.

Begitulah informasi tentang sejarah Sumpah Pemuda, Makna, Isi Teks Sumpah Pemuda. Semoga teman-teman saya bisa menerima dan menguntungkan kita semua, baik itu sejarah sumpah pemuda, arti sumpah pemuda, isi teks sumpah reformasi pemuda, teks asli sumpah pemuda, pemuda komite kongres, organisasi kongres sumpah pemuda. Itu semua dan terima kasih. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Singkat Sumpah Pemuda, Makna, Isi Teks Sumpah Pemuda"

Posting Komentar