13 Cara Mengatasi Laptop Ngelag Patah Patah Saat Bermain Game

Kebanyakan laptop saat ini sudah mendukung game 3D terbaru yang membutuhkan spesifikasi perangkat keras yang tinggi, seperti Call of Duty GTA, PES, NFS, dan banyak lagi. Jenis motherboard laptop dan / atau PC saat ini mendukung penggunaan game modern saat ini. Meski begitu, terkadang ada kondisi tempat permainan berjalan Tiba-tiba mengalami lag atau macet. Dalam hal ini ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, dalam artikel ini akan dibahas langkah pemecahan masalah jika ada masalah seperti di atas. Harap tinjau artikel ini untuk menyelesaikan.

Di artikel ini, akan dibahas bagaimana cara mengatasi laptop yang ngelag saat memainkan game. Selamat membaca.
13 Cara Mengatasi Laptop Ngelag Patah Patah Saat Bermain Game


1. Menutup aplikasi yang tidak dibutuhkan

Cara mengatasi laptop yang ngelag saat memainkan game pertama adalah dengan menutup aplikasi aktif yang tidak diperlukan yang dapat mengganggu kinerja gaming, meski tidak digunakan. Oleh karena itu, sebelum menjalankan game, disarankan agar aplikasi yang tidak diperlukan hanya ditutup karena proses menjalankan game menjadi lancar.

2. Membatasi waktu penggunaan atau working time

Lag dapat terjadi salah satunya karena waktu penggunaan yang tinggi atau waktu kerja yang mengakibatkan suhu spesifik perangkat kerasnya adalah CPU yang tinggi, sehingga kinerja tidak maksimal. Oleh karena itu, penggunaan game harus dibatasi dengan melihat jam penggunaan atau waktu buka dan memperhitungkan suhu aktif perangkat keras saat ini. Meskipun demikian, beberapa motherboard dan perangkat keras high-end mutakhir saat ini mentolerir hal itu dengan banyak fitur yang menjaga suhu dan kinerja perangkat keras stabil untuk pengoperasian jangka panjang.

3. Tuning pengaturan Game

Setting atau pengaturan tuning game dapat dilakukan untuk mencapai performa game terbaik pada spesifikasi perangkat keras yang digunakan. Beberapa pengaturan seperti FPS (Frame per Second), grafis Aperture, resolusi, mode window (windowed atau non windowed) dan banyak lagi, dapat diatur untuk mendapatkan hasil performa terbaik. Untuk mode grafis, gunakan pengaturan rendah atau mediun untuk kinerja terbaik.

4. Setting mode hardware atau laptop

Sebagian besar laptop kini memiliki pengaturan bawaan untuk mengelola kinerja perangkat keras dengan menyediakan profil perangkat keras yang telah disesuaikan dengan kinerja tertentu. Pengaturan ke mode perangkat keras tinggi atau agresif, untuk mendapatkan kinerja perangkat keras terbaik. Ini bisa dilakukan melalui aplikasi bawaan PC atau motherboard laptop yang telah disediakan.

5. Menggunakan game booster

Cara mengatasi laptop ngelag saat bermain game yang kelimdah adalah dengan menggunakan aplikasi game booster. Aplikasi penguat permainan digunakan untuk mempercepat kinerja permainan dengan menyediakan berbagai pengaturan dan opsi pengaturan sistem otomatis, serta mencakup berbagai aplikasi backgrround yang tidak perlu, yang akan mengganggu kinerja permainan saat dimainkan.

6. Pengaturan overclock

Overclock juga diyakini menjadi penyebab masalah kinerja CPU karena overclock ini dapat menyebabkan panas di harware yang mengakibatkan penurunan kinerja gaming, belum lagi CPU, grafik, dan RAM komputer. Untuk pengaturan overclock yang ideal diperlukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jika Anda tidak ingin mematikan fitur overclock, setidaknya lakukan pengaturan dengan mengembalikan beberapa overclock yang paramater ke kondisi default untuk mendapatkan peningkatan perfodma gaming.

7. Nonaktifkan antivirus

Antivirus juga diklaim memperlambat kinerja gaming. Bagaimana tidak, kinerja gaming menjadi melambat karena sumber daya sistem sebagian masih dialokasikan untuk program antivirus berjalan di latar belakang ini. Oleh karena itu menonakifkan antivirus dapat menjadi solusi yang dapat dilakukan untuk mempercepat proses atau kinerja game ini. Atau setidaknya, dengan menonaktifkan beberapa fitur antivirus yang tidak perlu seperti perisai email, perisai web, selain itu juga dapat dilakukan dengan menambahkan fitur pengecualian antivirus ke folder dan sistem permainan sehingga file sistem permainan tidak termasuk dalam daftar scannng antivirus, jadi tidak ada lagi proses scanning jika game dijalankan penuh.

8. VGA atau BIOS bermasalah

Untuk Karakteristik VGA rusak atau bermasalah sendiri umumnya ditandai dengan rendering grafis yang lambat atau tidak tepat. Untuk self checking sebaiknya minta bantuan teman yang sudah berpengalaman dalam mendiagnosa hardware grafis, atau bisa dibawa ke service PC atau notebook terdekat.

BIOS yang bermasalah dapat mengakibatkan sistem tidak stabil atau tidak stabil, tidak terkecuali untuk pemrosesan yang terkait dengan Unit Pemrosesan Grafik atau biasa disingkat GPU, dalam hal ini kartu grafis dan fungsi chipset. Biasanya BIOS bermasalah ini terjadi ketika pembaruan BIOS diperbarui, mengingat banyak motherboard sekarang mendukung pembaruan BIOS atau fitur flashing dengan memperbarui file melalui USB Drive. Solusinya adalah mengembalikan BIOS ke versi sebelumnya.

9. Driver yang tidak up-to-date atau kadaluarsa

Driver adalah file sistem yang berfungsi sehingga sistem operasi dapat berinteraksi dengan perangkat keras atau perangkat terkait. Jadi bisa dikatakan driver grafis VGA tidak up-to-date atau dengan kata lain kedaluwarsa yang mengakibatkan kinerja menjadi tidak optimal, yang mempengaruhi kinerja gaming yang menurun dan juga munculnya lag bahkan sampai crash. Oleh karena itu selalu perbarui driver PC atau laptop dengan yang terbaru terutama driver grafis, karena ini secara langsung berkaitan dengan kinerja dan kinerja dari game itu sendiri.

10. Daya PSU (Power Supply) yang tidak optimal

Cara mengatasi laptop yang ngelag saat memainkan game terakhir adalah menggunakan PSU yang berkualitas. PSU berfungsi untuk menyediakan kebutuhan pasokan listrik ke berbagai komponen yang membutuhkan, memilih catu daya yang tepat. Catu daya yang tepat untuk game komputer sendiri dapat diperoleh dengan melihat spesifikasi dan konstruksinya. pemilihan PSU yang tepat tidak hanya menjaga kualitas perangkat keras tetapi juga menjaga kinerja perangkat keras tetap stabil dan optimal.

Pemilihan PSU dengan spesifikasi yang tidak tepat atau tidak dapat mendukung secara optimal persyaratan daya perangkat grafis gaming dan CPU akan menghasilkan kinerja grafis yang tidak stabil dan cenderung melambat. Oleh karena itu, pemilihan PSU yang tepat akan dapat memberikan kinerja terbaik dari semua alat permainan yang ada.

11. Upgrade hardware

Upgrade perangkat keras menjadi opsi terakhir yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil terbaik, upgrade ini dilakukan untuk mendapatkan kinerja gaming yang lebih baik dan apik. Beberapa perubahan perangkat keras yang paling banyak dilakukan adalah upgrade dari VGA, Memori, dan juga motherboard. Asesoris lain seperti keyboard dan mouse gaming, meski tidak secara khusus meningkatkan kinerja gaming, tetapi cukup membantu dari ergonomi.

12. Hardware yang bermasalah atau rusak

Perangkat keras bermasalah atau rusak dapat berdampak pada kinerja dan munculnya lag saat game dijalankan. Jika hard disk bermasalah maka akan berpengaruh pada pemrosesan data baca / tulis, maka perangkat keras yang terkait langsung dengan kinerja gaming adalah kartu grafis, dan juga catu daya. Untuk tanda-tanda power supply komputer yang rusak itu sendiri ditandai dengan tegangan watt yang rendah ketika diperiksa langsung menggunakan tester perangkat.

Jadi artikel review cara mengatasi laptop ngelag saat bermain game, semoga bisa memberikan wawasan tambahan dalam hal troubleshooting perangkat lunak dan penanganan game yang bisa dilakukan jika game berjalan lag laptop atau crash, sehingga penanganan yang tepat bisa dilakukan sehingga Proses judi itu sendiri dapat berjalan dengan baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel