3 Cara Melihat Password Wifi di Laptop Paling Mudah

Cara Mengetahui Password Wifi di Laptop Paling Mudah. Ada beberapa kasus yang terkait dengan Wifi yang mungkin terjadi pada komputer, laptop, atau perangkat keras lain yang Anda miliki. Salah satunya adalah, Anda lupa kata sandi wifi pada jaringan tertentu yang telah terhubung sebelumnya di laptop Anda, tetapi Anda perlu memberikan kata sandi kepada teman-teman Anda atau keluarga lain sehingga mereka juga dapat mengakses jaringan yang sama, ketika Anda telah menginstal wifi penguat sinyal di laptop sehingga koneksi wifi Anda dapat dimanfaatkan oleh teman-teman Anda. Tidak hanya itu, Anda juga telah membantu mengatasi wifi terbatas dengan mengatasi wifi terbatas Windows 10 atau cara mengatasi wifi akses terbatas Windows 8 seperti yang telah Anda pelajari sebelumnya.

Sayangnya Anda lupa apa kata sandinya, dan kabar buruknya adalah Anda tidak dapat meminta kata sandi dari orang lain karena mereka tidak di rumah atau karena Anda satu-satunya orang yang benar-benar tahu tentang kata sandi, sedangkan jaringan wifi juga tidak terbatas pada cara membatasi baut wifi pengguna.
3 Cara Melihat Password Wifi di Laptop Paling Mudah

Ini adalah cara mengetahui kata sandi wifi pada laptop yang dapat Anda terapkan ke laptop Anda. Dengan menggunakan metode berikut, Anda dapat mengetahui kata sandi jaringan wifi yang telah terhubung ke laptop Anda dengan mudah dan cepat.

1. Menggunakan Control Panel pada Windows untuk Mengetahui Password Wifi di Laptop

Di jaringan internet yang mengandalkan media wifi, tentu saja kata sandi WiFi adalah salah satu hal yang paling penting dan menentukan apakah Anda dapat mengakses jaringan atau tidak baik itu jaringan wifi di tempat-tempat umum seperti kampus, area pemerintahan, restoran, atau di tempat pribadi , seperti rumah Anda sendiri atau di rumah teman Anda. Jangan lupa untuk menggunakan aplikasi penguat sinyal laptop wifi.

Ketika Anda berselancar ria dengan jaringan dan lupa apa kata sandi dari jaringan, akan sulit jika Anda ingin menambahkan perangkat yang terhubung ke jaringan. Oleh karena itu Anda perlu tahu apa kata sandi jaringan wifi telah terhubung ke laptop Anda. Cara pertama adalah menggunakan Control Panel ketika Anda menggunakan OS Windows.

  • Buka Panel Kontrol


Pertama Anda perlu membuka Control Panel, dengan mengklik Start Menu, lalu pilih Control Panel. Setelah itu Anda akan dibawa ke jendela Control Panel yang akan menampilkan banyak opsi pengaturan dan informasi lainnya seperti tentang Tampilan, Suara, Driver, dan sebagainya. Control Panel juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi wifi Windows 10 yang terbatas.

  • Mengakses Menu “Network and Internet”


Untuk mengetahui kata sandi wifi Anda, Anda dapat menggunakan menu pengaturan Jaringan dan Internet di jendela Control Panel yang muncul. Di jendela Network and Internet yang muncul akan ada beberapa opsi, Anda dapat memilih Network and Sharing Center untuk mencari tahu jaringan apa yang pernah terhubung ke laptop Anda. Di jendela baru yang muncul, pilih menu atau tulis "Kelola Jaringan Nirkabel".

  • Membuka Manage Wireless Network


Di jendela yang muncul, Anda dapat melihat daftar semua jaringan wifi yang telah terhubung ke laptop yang Anda miliki. Cara mengetahui kata sandi wifi di laptop berikutnya adalah dengan mengklik salah satu jaringan yang ingin Anda ketahui kata sandinya, maka akan muncul jendela tab baru, buka tab keamanan dan periksa opsi karakter di dalam kata sandi, itu akan lihat kata sandi wifi yang dimiliki oleh jaringan. Dengan demikian Anda dapat menggunakan kata sandi itu untuk menambahkan perangkat lain yang mungkin ingin Anda hubungkan di jaringan yang sama. Jika Anda merasa prosesor Anda lambat ketika mengakses menu ini, cobalah untuk menerapkan cara meng-upgrade prosesor laptop.

2. Menggunakan command prompt
Pada sistem operasi Windows, ada aplikasi yang mirip dengan shell di linux atau command prompt bernama MacOS. Aplikasi yang satu ini memiliki banyak fitur atau kekuatan yang dapat Anda gunakan untuk melakukan berbagai pekerjaan salah satunya adalah dengan mengetahui kata sandi wifi apa di jaringan wifi yang sebelumnya telah terhubung dengan laptop Anda. Cara mengetahui password wifi pada laptop berikut ini juga cukup mudah dilakukan karena Anda tidak membutuhkan aplikasi selain dari perintah promt. Lalu bagaimana cara menggunakannya?

  • Membuka Command Prompt


Pertama tentu saja Anda harus membuka aplikasi command prompt itu sendiri. Caranya adalah dengan mengklik menu start atau tekan tombol dengan logo windows di keyboad Anda. Lalu cari aplikasi berjalan atau cukup ketik "run" di jendela start menu yang muncul. Setelah itu ketik "cmd", lalu tekan ok atau masuk. Setelah itu akan muncul jendela command prompt yang dapat Anda gunakan untuk menemukan banyak hal tentang komputer Anda.

  • Menginput Perintah Netsh


Pada jendela prompt perintah, ketik perintah "netsh wlan show profiles" dan tekan enter pada keyboard Anda. Setelah itu, tidak lama kemudian akan dimunculkan daftar jaringan wifi yang sebelumnya telah Anda hubungkan di laptop Anda. Lihatlah jaringan yang telah ditampilkan, dan Anda dapat menggunakan daftar jaringan untuk mengetahui wifi apa yang akan Anda temukan kata sandinya.

Ketik ulang perintah "netsh wlan show profiles [nama wifi yang telah diidentifikasi oleh laptop Anda, misalnya" joko "] key = split", lalu tekan enter on keyboard. Setelah itu akan muncul konten kunci yang menjadi kata kunci atau kata sandi wifi di jaringan wifi yang telah Anda pilih untuk membuka kata sandi. Dengan cara ini Anda dapat menemukan kata sandi wifi di laptop yang sebelumnya terhubung ke laptop Anda. Melalui CMD Anda juga dapat melakukan cara mengatur bandwidth wifi dengan cara mengatur bandwidth wifi atau bagaimana membagi bandwidth wifi router dan bagaimana membatasi kecepatan wifi yang telah kita bahas di kesempatan lain.

3. Menggunakan Cain and Abel

Cain and Abel adalah salah satu aplikasi password cracking terpopuler yang digunakan di Windows. Aplikasi ini memiliki banyak fitur, salah satunya adalah membuka password akun administrator windows, membuka password jaringan, memulihkan file password yang terlupakan, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan aplikasi ini, salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah mengetahui kata sandi wifi yang telah terhubung ke laptop Anda sebelum menggunakan enkripsi WEP atau WPA / WPA2 yang telah populer digunakan sebagai salah satu keamanan jaringan wifi yang ada di sekitar Anda.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara mengetahui kata sandi wifi pada laptop yang dapat Anda lakukan secara manual dengan menggunakan laptop Anda. Bagi Anda yang memiliki sistem operasi yang berbeda, seperti GNU / Linux atau MacOS, Anda dapat menerapkan prinsip yang sama, yaitu membuka sistem pengaturan jaringan untuk mencari tahu jaringan apa yang terhubung dan memilih jaringan apa yang ingin Anda buka kata kunci atau kata sandi. Semoga dengan cara ini Anda bisa menemukan kata sandi wifi yang Anda lupa ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel