3 Cara Memasang WhatsApp di Laptop Tanpa Bluestack Dan Error

3 Cara Memasang WhatsApp di Laptop Tanpa Bluestack Dan Error
3 Cara Memasang WhatsApp di Laptop Tanpa Bluestack Dan Error
WhatsApp adalah salah satu aplikasi ponsel pintar yang diperuntukkan untuk chatting. Tidak seperti aplikasi obrolan lainnya, Anda cukup mendaftarkan nomor ponsel Anda dan tidak perlu kata sandi untuk memasukkan aplikasi ini. Selain itu, aplikasi ini memiliki kelebihan sebagai aplikasi bebas iklan dan memiliki tampilan yang sederhana. Itu sebabnya, WhatsApp adalah aplikasi obrolan yang paling banyak dipasang di Indonesia. Menurut perhitungan data dari comScore, WhatsApp memiliki 35,8 juta pengguna. Selain itu, berdasarkan perhitungan rata-rata penggunaan, setiap pengguna memiliki waktu buka hingga 8 jam dalam sebulan.

Seiring waktu, WhatsApp semakin mengembangkan fitur obrolannya. Salah satunya adalah dengan menggunakan fitur status. Tidak hanya itu, WhatsApp baru-baru ini meluncurkan fitur untuk menggambar pesan "salah kirim" kepada seseorang.

Anda harus sering kerepotan saat bekerja dengan laptop dan harus selalu memeriksa notifikasi whatsapp di smartphone. Nah, jika Anda termasuk orang yang harus berkomunikasi melalui WhatsApp melalui laptop, WhatsApp sekarang dapat diakses di laptop.
3 Cara Memasang WhatsApp di Laptop Tanpa Bluestack Dan Error

Yup, selain dibuka di smartphone, WhatsApp juga bisa dibuka di komputer atau laptop. Cara menggunakan emulator Android, misalnya BlueStack. Namun, cara ini dapat dianggap merepotkan, karena Anda perlu menginstal ulang perangkat lunak lain untuk membuka WhatsApp. Selain itu, BlueStacks hanya dapat dijalankan jika koneksi lancar dan cepat.

Oleh karena itu, WhatsApp telah merilis perangkat lunak WhatsApp khusus untuk komputer atau laptop, di mana Anda tidak perlu menginstal perangkat lunak atau emulator pihak ketiga. Nah, di artikel ini, kita akan membahas tentang cara menginstal WhatsApp di laptop tanpa Bluestack dan teman-temannya (baca: Android emulator). Inilah caranya:

1.Whatsapp Web 

Metode ini sebenarnya bisa dilakukan meskipun WhatsApp yang Anda gunakan tidak up to date. Namun, masih banyak pengguna Whatsapp yang tidak tahu cara menggunakan Whatsapp di laptop dengan cara ini.

Dengan Whatsapp Web, Anda dapat menerima pemberitahuan di laptop Anda, di mana pemberitahuan akan muncul di sudut kanan bawah layar laptop Anda. Jika pesannya cukup penting, Anda dapat langsung membuka dan membalas, atau Anda dapat mengabaikannya tanpa terganggu.

Sebelum menggunakan Web Whatsapp, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan, termasuk:


  1. Memiliki smartphone yang sudah terinstal Whatsapp di dalamnya.
  2. Whatsapp yang digunakan minimal versi 2.11.500. Jika di bawah versi itu, silahkan diupdate terlebih dulu.
  3. Smartphone Anda memiliki koneksi internet, baik wifi maupun dari provider.
  4. Laptop Anda sudah terpasang browser internet.
  5. Laptop kalian pastinya harus terkoneksi dengan internet.
  6. Gunakan laptop milik Anda pribadi. Yah, kecuali jika Anda meminjam laptop orang, pastikan Anda ingat untuk log out dari WhatsApp Web di laptop tersebut.

Nah, berikut ini cara menggunakan WhatsApp di laptop menggunakan WhatsApp Web:

  1. Pastikan bahwa ponsel cerdas Anda memiliki versi terbaru dari Whatsapp yang terpasang dan memiliki koneksi internet. Kenapa harus versi terbaru? Karena Whatsapp Web adalah fitur baru untuk versi 2.11.500.
  2. Pastikan laptop Anda terhubung ke internet dan telah menginstal peramban internet versi terbaru.
  3. Anda harus terlebih dahulu mendaftar di WhatsApp. Cara mendaftar WhatsApp adalah suatu keharusan menggunakan smartphone.
  4. Ketik alamat situs web web.whatsapp.com di browser laptop Anda
  5. Tunggu hingga situs web menampilkan QR Code.
  6. Sekarang, buka aplikasi WhatsApp Anda di smartphone Anda, lalu pilih menu (arahkan tiga di sudut kanan atas), dan pilih Whatsapp Web. Selanjutnya akan muncul QR Code Scanner.
  7. Arahkan kamera ponsel cerdas Anda ke Kode QR yang muncul di layar laptop Anda. Jangan biarkan siapa pun memblokir proses pemindaian, juga mengatur kursor atau kecerahan layar laptop untuk Kode QR yang dapat dibaca oleh kamera ponsel cerdas Anda.
  8. Jika Kode QR dibaca, maka layar laptop Anda akan langsung menuju halaman beranda Web WhatsApp.

Kelebihan cara ini adalah notifikasi yang akan muncul di layar laptop. Jadi, Anda bisa langsung membaca isi percakapan terbaru. Anda juga tidak perlu membuka percakapan untuk membacanya. Namun, cara ini memiliki kekurangannya, yaitu koneksi internet WhatsApp di smartphone Anda harus stabil. Jika terputus, maka WhatsApp Web tidak dapat digunakan. Ini karena sistem Whatsapp Web adalah untuk menghubungkan Whatsapp pada smartphone dengan laptop. Jadi selama menggunakan WhatsApp Web di laptop, koneksi internet di smartphone Anda juga harus terus berjalan.

2.Aplikasi Whatsapp for PC

Cara kedua ini merupakan alternatif bagi Anda yang tidak ingin menggunakan browser untuk chatting dan browsing sekaligus. Berbeda dengan Whatsapp Web, dengan aplikasi ini Anda akan mendapatkan notifikasi obrolan di taskbar dari layar laptop. Bersiap untuk menggunakan Whatsapp di laptop dengan aplikasi Whatsapp untuk PC tidak jauh berbeda dengan cara pertama, termasuk:

  1. Anda memiliki ponsel cerdas yang sudah terpasang dan masuk ke aplikasi Whatsapp.
  2. Whatsapp diinstal setidaknya versi 2.11.500 atau versi terbaru.
  3. Laptop dan smartphone Anda memiliki koneksi internet, baik dari wifi, atau paket data dari provider. Bagaimana cara menghubungkan wifi ke laptop? Ah, kamu pasti sudah tahu bagaimana hehe dong.
  4. WhatsApp memberikan informasi bahwa OS yang digunakan setidaknya harus Windows 8 atau Mac OS X 10.9. Namun, ada beberapa pengguna yang menggunakan Windows 7 ternyata aplikasi tersebut dapat dibuka. Jadi initnya, Anda bisa menggunakan WhatsApp untuk PC di laptop yang diinstal Windows OS atau Mac OS.

Lalu, gimana cara menggunakan WhatsApp for PC di laptop? Berikut ini cara menggunakan aplikasi Whatsapp For PC di laptop Anda:

  1. Pastikan koneksi internet di smartphone dan laptop Anda berjalan lancar.
  2. Pastikan WhatsApp yang Anda gunakan pada ponsel cerdas Anda adalah versi terbaru.
  3. Unduh WhatsApp untuk aplikasi PC di web whatsapp.com. Anda dapat memilih aplikasi mana yang sesuai dengan spesifikasi laptop Anda. Pastikan Anda mengetahui sedikit OS di laptop Anda, karena ada perbedaan 32 bit dan 64 bit yang harus Anda ketahui.
  4. Cara memasang WhatsApp di laptop ini sama seperti menginstal aplikasi lain (jika jendela muncul, cukup klik "Run") dan tunggu sampai instalasi selesai.
  5. Setelah instalasi selesai, maka akan ada Kode QR seperti ketika Anda membuka Web Whatsapp
  6. Pindai Kode QR dengan masuk ke WhatsApp Web di aplikasi WhatsApp pada ponsel cerdas Anda. Caranya, pilih Menu (Arahkan tiga di sudut kanan atas), lalu pilih WhatsApp Web.
  7. Anda sudah dapat menggunakan Whatsapp untuk aplikasi PC seperti menggunakan WhatsApp di smartphone.

Keunggulan Whatsapp untuk PC adalah sistem berbasis aplikasi, jadi Anda tidak perlu membuka perangkat lunak lain di laptop. Selain itu, tampilan aplikasi WhatsApp untuk PC dapat diatur, sehingga Anda dapat menyesuaikannya untuk melihat percakapan. Sedangkan kekurangan cara ini adalah notifikasi obrolan yang ada di taskbar laptop dan Anda tidak bisa langsung mengetahui isi obrolan. Jadi Anda perlu membuka aplikasi terlebih dahulu dan tidak bisa mengabaikan pesan masuk.