3 Cara Menghapus Gmail Di Perangkat Lain ( Laptop, Komputer, Android) Dengan Mudah

Produk dan layanan yang ditawarkan oleh Google tampaknya merupakan kebutuhan yang harus dimiliki oleh masyarakat modern saat ini, mulai dari mesin pencari Google.com yang sangat populer yang digunakan untuk mencari "apa saja" oleh "siapa saja" dari berbagai kalangan, Youtube.com bahkan dibuat sebagai "pekerjaan" yang dibuat oleh sebagian orang (yang kita kenal sebagai Pengguna YouTube) adalah salah satu dari sekian banyak manfaat dari YouTube, Google Drive untuk menyimpan dan mengatur file pribadi dan pekerjaan dengan ruang besar, dan banyak lagi.

Hampir semua produk Google ditawarkan secara gratis, beberapa produk berbayar yang rilis Google umumnya untuk kepentingan bisnis besar, dan untuk menikmati semua fasilitas yang Google tawarkan, ada "tiket" yang harus Anda miliki sebagai pengguna, Google akun yang kita kenal sebagai Gmail (Google Mail).
3 Cara Menghapus Gmail Di Perangkat Lain ( Laptop, Komputer, Android) Dengan Mudah

Ya, kita dapat menggunakan mesin pencari Google.com atau mengakses Youtube.com tanpa memiliki akun Google (Gmail), tetapi untuk mengunggah video ke Youtube, mengunggah file ke Google Drive, dll. Otentikasi akun Gmail diperlukan.

Kegunaan akun Google (Gmail) meliputi:


  • Login ke Gmail.com

Tentu saja, layanan pertama yang ditawarkan Google saat Anda pertama kali membuat akun Google adalah layanan email yang dikirim melalui email, Gmail (Google Mail). Dengan satu akun Google, Anda dapat menikmati berbagai produk dan layanan yang ditawarkan Google secara gratis.

Masuk ke Google Chrome (termasuk Toko Web Chrome, Chromebook, dan Chromecast)
Untuk menyinkronkan aplikasi, isiotomatis (data formulir), bookmark, ekstensi, riwayat, kata sandi, pengaturan, tema & wallpaper, buka tab dan informasi tentang kartu kredit dan alamat menggunakan Google Pembayaran.

Dengan begitu jika Anda memiliki lebih dari satu perangkat menggunakan peramban web Google Chrome, semua data yang disinkronkan dapat diakses melalui peramban web Google Chrome di perangkat apa pun yang masuk dengan akun Google yang sama (Gmail).


  • Masuk ke Google Kontak

Google menyediakan aplikasi untuk menyimpan dan mengatur kontak yang disimpan baik melalui akun Google (Gmail) dan yang Anda simpan melalui perangkat seluler Anda, banyak dari Anda mungkin telah menggunakan dan menikmati berbagai keuntungan Google Kontak.

Saya sendiri merasa sangat membantu ketika saya mengubah perangkat smartphone saya dan / atau harus melakukan hard reset ponsel cerdas saya karena suatu alasan, dengan Google Kontak saya hanya perlu masuk dengan akun Google saya (Gmail) dan semua kontak saya dapat diakses lagi.

  • Login ke Google Drive (termasuk Google Docs dan Google Photos)

Tidak ada orang asing di Google Drive? Anda juga dapat menyertakan orang yang mempercayai file pribadi atau bekerja di Google Drive seperti Saya untuk akses mudah ke file di mana saja dan kapan saja, selain berfungsi untuk menyimpan data (penyimpanan cloud yang merupakan salah satu jenis komputasi awan) Google Drive juga terintegrasi dengan Google Docs untuk keperluan membuat dokumen, melihat dokumen, dan mengedit dokumen secara online.

  • Login ke Youtube.com

Saya rasa bagian ini tidak perlu penjelasan lebih lanjut karena mungkin Anda sudah memiliki saluran YouTube sendiri untuk berbagi video atau hanya membuat daftar putar video favorit Anda dari saluran lain.


  • Login ke Google Play Store

Google Play Store tentu sangat akrab di kalangan pengguna ponsel cerdas Android, entah itu hanya menggunakannya, untuk pengembang perangkat lunak (dikenal sebagai Apps) khusus untuk sistem operasi ponsel cerdas Android, dengan akun Gmail Anda dapat mengakses Google Play Store untuk mengunduh dan perbarui aplikasi Android Anda di ponsel cerdas Anda dengan mudah dan interaktif dengan mengaktifkan Play Store terlebih dahulu menggunakan akun Gmail Anda.


  • Login ke Google Foto

Layanan Google Foto juga dapat dinikmati oleh pengguna perangkat seluler (smartphone), dengan foto Google. Anda dapat mengunggah file foto momen favorit Anda dan mengatur serta membagikannya, layanan ini juga terintegrasi dengan Google Drive.

Masuk ke Google Maps, Google+ (Google Plus), dan berbagai situs web yang menggunakan Akun Google OAuth, mengingat banyak manfaat akun Google (Gmail), bukankah mengerikan ketika perangkat lain dapat mengakses akun Gmail Anda tanpa izin atau tanpa sepengetahuan Anda, Anda? Misalkan Anda mentransfer (menjual atau mengirim) ponsel cerdas atau perangkat komputer Anda ke orang lain dan Anda lupa untuk keluar dari akun Gmail Anda dari perangkat itu.

Tentu saja yang paling mengkhawatirkan adalah orang lain yang mungkin (mungkin) tidak dapat mengakses data dari peramban web Google Chrome Anda, melihat dan mengelola kontak Anda di Google Kontak, melihat dan mengelola file Anda di Google Drive bahkan melihat dan mengelola foto di Google Foto dan risiko lainnya.

Namun, skenario ini tidak lolos oleh prediksi Google, Google telah menyiapkan fitur khusus untuk menangani skenario terburuk ini dengan menghapus Gmail di perangkat lain yang tidak Anda gunakan, sehingga akun Gmail Anda akan secara otomatis keluar dari perangkat saat dihapus.

Untuk menghapus atau lebih tepatnya me-“logout” akun Gmail dari perangkat lain, ikuti langkah – langkah berikut :

1. Sign In ke Akun Gmail Anda

Gunakan komputer apabila memungkinkan, buka URL https://myaccount.google.com/ menggunakan web browser favorit Anda (Saya sarankan untuk menggunakan web browser Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, atau web browser terbaik lainnya), klik tombol “Sign In” apabila Anda tidak otomatis masuk ke halaman Google Account, masukkan username (alamat Gmail Anda, tanpa @gmail.com / @gmail.co.id juga tak masalah) kemudian password seperti biasa.

Jika Anda memiliki lebih dari satu akun Google, login dengan akun yang ingin Anda hapus dari perangkat lain, setelah berhasil login Anda akan melihat 3 tab menu utama dari akun Google yaitu:

“Sign-in & security” (dapat Anda akses langsung via URL https://myaccount.google.com/security),
“Personal info & privacy” (dapat Anda akses langsung via URL https://myaccount.google.com/privacy), dan
“Account preferences” (dapat Anda akses langsung via URL https://myaccount.google.com/preferences).

2. Pilih tab “Sign-in & security”

Anda akan di arahkan ke https://myaccount.google.com/security, geser ke bawah, cari bagian “Device activity & notifications”, Anda akan menemukan panel “Recently used devices”, pada bagian ini akan terlihat daftar perangkat yang memiliki akses ke akun Gmail Anda, akan ada keterangan mengenai kapan terakhir kali perangkat tersebut mengakses akun Gmail Anda (misalnya sekian menit yang lalu, sekian hari yang lalu, atau pada tanggal sekian dan jam sekian).

3. Klik Review Device untuk meninjau perangkat yang mengakses akun Google Anda

Untuk menghapus Gmail di perangkat lain yang Anda kehendaki, klik “Review Devices”, klik pada perangkat yang ingin hak aksesnya Anda hapus, kemudian klik tombol “Delete”, akan muncul kotak dialog konfirmasi penghapusan akses, klik “Hapus” sekali lagi dan akun Gmail Anda akan secara otomatis logout dari perangkat tersebut.

Ulangi langkah yang sama untuk menghapus hak akses perangkat lain yang Anda kehendaki jika ada, pastikan hanya perangkat yang Anda percaya (atau sebaiknya hanya perangkat milik Anda) yang Anda beri hak akses ke akun Google Anda.

Untuk keamanan akun Gmail Anda, ada baiknya apabila Anda secara berkala mengganti password akun Gmail Anda, atau mengintegrasikannya dengan nomor telepon seluler Anda dan akun email Anda yang lain (biasanya akan sangat di butuhkan pada saat recovery password apabila Anda lupa password).

Jika Anda masih memiliki akses ke perangkat Cara Menghapus Akun Gmail di HP

Saya pikir cukup sekian pembahasan singkat mengenai cara menghapus Gmail di perangkat lain, semoga bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan, selamat mencoba dan sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel