3 Cara Sharing Folder / File di Windows Terlengkap

3 Cara Sharing Folder / File di Windows Terlengkap
3 Cara Sharing Folder / File di Windows Terlengkap
Cara Sharing Folder / File di Windows Terlengkap. Siapa orang-orang hari ini yang tidak menggunakan komputer? Rasanya seperti semua pekerjaan manusia telah dibantu oleh komputer. Di dunia kerja, fungsi komputer dapat meningkatkan efektifitas kerja dalam suatu perusahaan. Salah satu cara untuk meningkatkan efektivitas kerja dalam perusahaan, adalah dengan menerapkan sistem pembagian data antar komputer.

Data-data ini biasanya disimpan dalam folder khusus yang dimaksudkan sebagai tempat untuk berbagi file untuk dibagikan kepada orang-orang yang terhubung ke komputer Anda. Pembuatan folder khusus ini berguna agar orang tidak hanya membagi file mereka di beberapa folder yang sfiatnya tertutup.

Implementasi folder berbagi biasanya ditemukan di perusahaan yang menerapkan teknologi informasi atau TI di setiap pekerjaan. Aplikasi ini menggunakan jaringan komputer yang digunakan untuk menerapkan sistem berbagi folder terbatas pada jaringan lokal di perusahaan. Jika perusahaan memiliki banyak cabang di berbagai tempat, bahkan ke mancanegara, aplikasi folder berbagi di perusahaan dibantu oleh server terpusat yang terhubung melalui jaringan Internet yang aman dan terenkripsi.
3 Cara Sharing Folder / File di Windows Terlengkap

Apakah menggunakan jaringan lokal atau jaringan terenkripsi, salah satu cara untuk menjaga keamanan jaringan komputer yang harus digunakan perusahaan adalah dengan menggunakan perlindungan jaringan komputer tepercaya. Ini untuk mencegah pencurian data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Penggunaan jaringan komputer untuk berbagi folder seperti yang diterapkan oleh perusahaan adalah salah satu manfaat dari jaringan komputer yang dapat Anda temui. Tentu saja, tidak hanya perusahaan yang bisa melakukan itu. Anda juga dapat berbagi folder untuk kebutuhan Anda, misalnya ketika kerja kelompok. Anda dan rekan kerja Anda tidak lagi perlu menggunakan media penyimpanan fisik seperti flash disk, hard drive eksternal, atau sejenisnya. Jika Anda menggunakan media penyimpanan fisik, proses pembagian data dalam folder tersebut tidak akan efisien, karena mungkin diperlukan waktu lebih lama untuk mencabut media penyimpanan dan ketika menunggu folder yang selesai ditransfer, terutama jika komputer atau laptop yang Anda sambungkan besar. cukup.

Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas tentang cara berbagi folder. Namun, dalam artikel ini kami memiliki batasnya sendiri. Artikel kami kali ini tidak membahas tentang pembagian folder yang harus menggunakan jaringan internet, karena memerlukan konfigurasi yang lebih dalam. Selain itu, kami juga tidak membahas tentang pembagian folder melalui perangkat lunak jaringan komputer.

Cara yang akan kita bahas dalam artikel ini berlaku untuk Anda yang menggunakan Windows XP ke Windows versi terbaru, Windows 10. Tanpa banyak kata, berikut beberapa cara berbagi folder dari kami:

1. Pastikan Komputer Anda Terdapat Fitur Sharing Folder

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk sharing folder adalah memeriksa apakah layanan “Share Folder” sudah terinstal pada Windows Anda. Caranya:


  1. Klik Start pada Windows
  2. Pada Windows XP, pilih Setting > Network Connections. Sedangkan pada Windows Vista ke atas, pilih Control Panel > Network and Sharing Center.
  3. Selanjutnya, Anda akan menemukan jendela berisi daftar kartu jaringan yang terinstal pada komputer Anda. Pilih Local Area Conection (untuk pengguna jaringan LAN) atau Wireless Network Connection (untuk pengguna internet hotspot). Lalu pilih Properties.
  4. Periksa apakah “File dan Printer Sharing untuk Microsoft Networks” sudah diaktifkan atau belum. Cara mengetahuinya adalah dengan memeriksa tanda ceklis di sebelah tulisan. Jika sudah ada ceklis, tandanya fitur tersebut sudah diaktifkan.
  5. Namun jika ternyata belum terinstal, Anda perlu menginstal fitur ini, dengan pilih “File dan Printer Sharing untuk Microsoft Networks”, lalu klik Install.
  6. Ikuti petunjuk berikutnya pada layar komputer Anda.


2. Share folder yang ingin dibagikan

Setelah mengatur beberapa pengaturan pada Properties dari kartu jaringan yang Anda gunakan, selanjutnya Anda share folder yang ingin Anda bagikan. Caranya berbeda untuk beberapa OS. Berikut ini adalah cara sharing folder untuk Windows XP:


  • Klik kanan pada folder atau partisi harddisk yang akan Anda gunakan sebagai share folder. Lalu, pilih “Sharing and Security”
  • Pada jendela yang akan muncul selanjutnya, akan ada tulisan “If you understand the risk but still want to share the root of the drive, click here“. Klik pada tulisan tersebut.
  • Ceklis tulisan “Share this folder on the network” dan berikan nama folder yang akan digunakan untuk berbagi pada “Share name”. Nama folder tersebut adalah nama yang akan disebarkan ketika orang lain dalam jaringan komputer yang Anda gunakan hendak mengakses share folder yang Anda buat.
  • Jika Anda ingin mempersilahkan orang lain untuk mengubah isi dari file atau folder yang Anda bagikan dalam share folder, beri ceklis pada tulisan “Allow network users to change my files“.
  • Klik OK dan folder Anda kini sudah bisa diakses oleh semua komputer yang terhubung pada jaringan Anda.

Dan berikut cara sharing folder untuk Anda pengguna Windows Vista atau Windows di atasnya:


  • Buka Windows Explorer pada Windows Anda
  • Pilih folder yang ingin Anda share. Kemudian klik kanan pilih “Share with” > “Specific people”
  • Selanjutnya, tambahkan user “Everyone”, kemudian klik Add. Jika Everyone sudah ditambahkan, klik “Share”.
  • Setelah itu akan ada jendela konfirmasi yang bertuliskan “Your Folder is Shared”. Untuk menutup jendela, klik “Done”.

Selain folder, Anda juga bisa berbagi folder di dalam drive komputer Anda kepada komputer lain yang terhubung pada jaringan Anda. Berikut caranya:


  • Tentukan dulu drive yang ingin dibagikan. Lalu, klik kanan pada drive yang akan dibagikan, kemudian pilih Share with > Advanced sharing.
  • Beri ceklis pada tulisan “Share this folder”.
  • Pilih “Permissions” untuk menambahkan user dan mengatur permission dari user tersebut.
  • Pilih “Add” jika Anda ingin menambahkan user atau grup. Jika Anda ingin membagikannya untuk semua orang, pilih “Everyone”. Lalu atur permissions-nya.
  • Klik OK.
  • Sekarang, Anda kembali lagi ke jendela Properties. Pilih tab security.  Klik tombol Edit untuk menambahkan user serta mengatur permissions.
  • Klik “Add” untuk menambahkan user baru
  • Pada jendela “Select User or Group”, klik “Advanced”.
  • Pilih “Find now” terlebih dulu agar daftar user-nya muncul. Kemudian pilih “Everyone”.
  • Klik OK.
  • Pada object names yang sudah terisi, klik OK.
  • Atur permission dari object names tersebut. Caranya klik Everyone, lalu atur permission sesuai keinginan Anda. Terakhir klik OK.

Selain dibuatkan share folder, Anda juga dapat menetapkan partisi atau drive baru sebagai partisi khusus untuk berbagi file. Hal ini bisa memberi kemudahan bagi Anda untuk memisahkan folder yang pribadi dan folder untuk berbagi. Jadi, komputer lain yang hendak mengakses share folder Anda tidak perlu browsing melalui My Network Places, karena share folder Anda bisa diakses sebagai partisi lain. Misalnya partisi F:

Berikut langkah-langkahnya untuk melakukan hal tersebut:


  • Buka Windows Explorer
  • Pilih My Computer (Windows XP), Computer (Windows Vista & 7), atau This PC (Windows 8, 8.1, dan 10)
  • Pilih Map Network Drive.
  • Pada jendela yang muncul, Anda dapat memilih partisi dan share folder yang akan ditetapkan sebagai partisi baru.  Ceklis “Reconnect at logon”  jika Anda ingin partisi ini kembali muncul ketika Anda merestart komputer Anda.
  • Klik “Finish” untuk mengakhiri.


3. Cek Share Folder yang Telah Dibuat
Untuk memeriksa apakah Anda sudah dapat berbagi folder dengan komputer lain, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Cara pertama adalah mengetikkan alamat Internet Protocol (IP) komputer yang Anda inginkan untuk mengakses file di address bar Windows Explorer. Cara memeriksa Alamat IP dari komputer rekan Anda adalah dengan memeriksa Properti di Jaringan dan Pusat Berbagi. Misalnya, alamat IP komputer rekan Anda adalah 192.168.50.41. Lalu Anda mengetik "\\ 192.168.50.41" di bilah alamat Windows Explorer.

Cara yang sama juga dilakukan untuk memeriksa apakah komputer Anda dapat terhubung dengan komputer lain. Hanya saja Anda perlu memeriksanya di komputer lain (selain komputer Anda) dan alamat IP yang diketik adalah alamat IP komputer Anda.

Cara kedua adalah mengakses share folder yang tersedia pada jaringan yang Anda gunakan. Berikut langkah-langkahnya:

  • klik pada My Network Places (Windows XP) atau Network (Windows Vista ke atas)
  • Cek apakah partisi atau share folder yang Anda bagikan tersedia.
  • Jika share folder Anda tidak tersedia, tekan tombol F5 pada keyboard untuk me-refresh pencarian share folder pada jaringan yang Anda gunakan.
  • Jika share folder Anda masih belum muncul, pilih “Add Network Place” kemudian klik “Next”
  • Cari Share Folder yang telah Anda buat barusan dengan mengklik tombol “Browse”, lalu cari share folder yang telah dibuat, dan terakhir klik “Next”

Jika Anda mengalami masalah yang sering terjadi pada jaringan LAN, maka kemungkinan besar Anda tidak bisa melakukan sharing folder. Oleh karena itu, pastikan jaringan LAN yang Anda gunakan tidak bermasalah.

Sekian artikel kami kali ini mengenai cara sharing folder. Semoga cara-cara yang telah kami bahas di atas dapat membantu Anda untuk membuat share folder dalam lingkungan kerja Anda.