4 Cara Mematikan Laptop Error Atau Hang Terlengkap Dan Mudah

Cara Mematikan Laptop Error Atau Hang Terlengkap Dan Mudah. Pernahkah Anda mengalami kondisi di mana laptop hang tiba-tiba? Tujuan hang disini bisa berarti dua hal, pertama ketika layar masih menyala dan windows masih berjalan tetapi dalam keadaan hang, dan kedua ketika layar mati dan OS Windows di laptop masih berjalan. Dalam dua kondisi seperti ini, terkadang kita ingin laptop bisa dimatikan dengan cepat. Tujuannya adalah agar setelah shut down dan restart (restart), laptop dapat kembali berfungsi secara normal. Lalu bagaimana cara membuat laptop yang dalam kondisi hang bisa dengan mudah shutdown (dimatikan)?

Dalam artikel berikut, kami akan memberi Anda beberapa cara mematikan laptop untuk Anda. Nah, ini dia caranya:
4 Cara Mematikan Laptop Error Atau Hang Terlengkap Dan Mudah


1. Kombinasi tombol Alt + F4, terus Enter

Untuk langkah pertama, terapkan pada kondisi di mana Anda tidak dapat mengakses perangkat lunak komputer yang Anda gunakan dan Anda tidak dapat kembali ke tampilan desktop. Mari kita tidak ke tampilan deskop, untuk mengakses Start Menu sepertinya waktu yang lama untuk belas kasihan. Sampai-sampai, Anda sangat sulit mematikan laptop. Untuk itu Anda bisa menggunakan bantuan lain (tanpa melihat monitor), yaitu dengan bantuan kombinasi keyboard. Kombinasi tombol keyboard yang perlu Anda tekan adalah tombol Alt + F4 dan tombol Enter

4 Cara Mematikan Laptop Error Atau Hang Terlengkap Dan Mudah

Saat Anda menekan kombinasi tombol ALT + F4, layar laptop Anda akan memunculkan kotak dialog yang berisi opsi penutupan OS Windows. Jika kondisi laptop saat itu dalam keadaan mati, maka Anda tidak bisa melihat tampilan di layar. Selanjutnya, ketika Anda menekan Enter, Anda dapat langsung memilih Shutdown> OK.

Sebagai catatan tambahan, jika Anda membuka beberapa program seperti browser, Windows Explorer, dan perangkat lunak lainnya, maka ketika Anda menekan kombinasi tombol Alt + F4, Anda juga akan menutup aplikasi yang sedang berjalan. Bisa jadi ketika layar laptop Anda mati, Anda harus menekan beberapa kali kombinasi tombol Alt + F4 untuk menutup aplikasi atau perangkat lunak yang sedang berjalan, kemudian ke kombinasi Alt + F4 untuk mematikan laptop dan tekan Enter sebagai langkah terakhir .

Tapi itu semua tergantung pada keadaan ketika laptop Anda dalam keadaan menggantung. Bisa jadi Anda hanya perlu menekan tombol sekali kombinasi tombol Alt + F4 dan ENTER. Secara otomatis, laptop akan mati. Jika cara pertama ini belum berhasil mematikan laptop Anda, Anda dapat mencoba untuk melanjutkan ke cara kedua.

2. Menutup layar laptop dan Menekan tombol power

Agar cara kedua ini berfungsi, Anda harus memulai. Persiapan yang dimaksud adalah adanya pengaturan yang dibuat terlebih dahulu saat laptop dalam kondisi normal. Anda dapat membuat pengaturan tersebut di Panel Kontrol> Perangkat Keras dan Suara> Opsi Daya dan pilih "Ubah apa yang dilakukan tombol daya". Nah, jendela berikutnya akan muncul di mana Anda akan menemukan beberapa pengaturan sebagai berikut:

  • When i press the power button, yaitu kondisi ketika Anda menekan tombol power pada laptop
  • When i press the sleep button, yaitu keadaan ketika Anda menekan tombol sleep
  • When i close the lid, yaitu keadaan ketika Anda menutup layar laptop
  • On battery, yaitu kondisi saat laptop hanya menggunakan baterai sebagai sumber tenaga
  • Plugged in : yaitu kondisi saat laptop Anda dalam keadaan sedang di-charge ke sumber listrik


Beberapa pengaturan ini dapat Anda temukan pada tombol daya (tombol daya), tombol tidur (tombol tidur) dan ketika menutup laptop (tutup penutup). Dalam pengaturan itu Anda perlu mengubah bagian "Saat saya menekan tombol daya" dengan pengaturan berikut:

  • On battery : Shutdown
  • Plugged in : Shutdown

Saat berada di "When i close the lid" juga diganti dengan pengaturan berikut:

  • On battery : Shutdown
  • Plugged in : Shutdown

Loh, kenapa diganti dengan "shutdown" semua? Ini sangat nanti ketika laptop Anda hang, maka Anda dapat langsung mematikan laptop tanpa harus menggunakan kombinasi tombol keyboard dengan cara sebelumnya. Anda dapat mematikan laptop Anda dengan cepat hanya dengan menekan tombol daya atau dengan menutup layar laptop. Dengan pengaturan ini akan sangat mudah bagi Anda untuk mematikan laptop dengan cepat ketika laptop dalam keadaan menggantung.

Sebenarnya pengaturan ini bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan masing - masing. Karena saat ini kami sedang membahas cara mematikan laptop hang, maka pengaturan yang kami bahas adalah pengaturan untuk mematikan laptop. Jika pengaturan di atas telah diubah, simpan pengaturan Anda dengan menekan tombol "Simpan perubahan" di layar laptop Anda.

3. Menekan lama tombol power

Selain kombinasi tombol keyboard, Anda juga bisa mematikan laptop saat nge-hang cukup lama dengan menekan tombol power di laptop. Untuk cara ini, Anda tidak perlu mengatur apa pun, karena pabrikan laptop biasanya menanamkan fungsi "darurat" ini di semua jenis laptop.

Caranya cukup mudah kok, Anda hanya perlu menekan tombol power lama di laptop Anda selama sekitar 3 hingga 4 detik. Selanjutnya, layar laptop Anda akan mati dan suara dari dalam laptop akan berhenti seketika. Ini dikenal sebagai "shutdown keras". Dan cara ini adalah satu langkah terakhir jika laptop Anda tidak dapat dimatikan oleh dua cara yang telah kami bahas di atas.

4. Cabut Baterai Laptop

Cara terakhir lainnya untuk menjadi solusi pamungkas ketika laptop Anda dalam keadaan menggantung, adalah langsung mencabut daya atau mencabut baterai laptop. Cara ini tidak boleh terlalu fatal, karena efeknya seperti saat Anda mengguanakan laptop dan tiba-tiba catu daya dari PLN mati.

Cara ketiga dan keempat adalah beberapa cara untuk mengatasi laptop ngehang ketika dihidupkan, karena Anda tidak mungkin untuk menekan kombinasi tombol keyboard atau mengatur shutdown otomatis ketika laptop baru Anda menyala.

Namun, baik cara ketiga dan cara keempat tidak boleh terlalu sering dilakukan, karena bisa mengakibatkan kerusakan komponen elektronik di dalam laptop Anda. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui beberapa penyebab laptop atau komputer sering hang, termasuk:

  • OS Windows di laptop Anda bermasalah. Bisa jadi karena sistem file yang hilang, korup dan virus. Untuk mengatasinya, coba lakukan pemindaian registri dengan CCleaner dan pindai virus dengan perangkat lunak antivirus.
  • RAM dan kipas laptop kotor. Untuk mengatasinya, tentunya dengan cara membersihkan. Anda dapat membersihkan RAM menggunakan penghapus karet. Sedangkan untuk kipas laptop menggunakan sikat atau penyedot debu. Jika ragu, bawa laptop Anda ke teknisi tepercaya.
  • Kemungkinan lain Anda dapat meninjau lebih baik, bisa disebabkan oleh motherboard laptop yang bermasalah. Untuk mengatasinya, Anda harus membawa laptop Anda ke teknisi atau pusat layanan terdekat. Jika Anda ingin mencobanya sendiri, Anda harus mengonsulatinya dengan orang yang lebih terampil terlebih dahulu.
  • Bisa jadi ketika Anda mengunjungi situs ilegal atau mengunduh program aneh, laptop Anda terkena virus yang memengaruhi kinerja laptop Anda. Untuk itu, Anda perlu berhati-hati dan selalu melakukan pemindaian dengan antivirus terbaik. Untuk penyebab yang satu ini, Anda perlu tahu cara mengatasi laptop yang hang saat berselancar.
  • Menumpuk file sementara (file cache), cache dan sejarah di browser Anda. Coba bersihkan semuanya dengan perangkat lunak CCleaner.
  • Jika laptop hang terjadi saat Anda sedang bermain game, kemungkinan besar penyebabnya adalah karena spesifikasi laptop Anda yang tidak memadai. Ini bisa diindikasikan dari kipas laptop yang mati, masalah hard disk, VGA Card (kartu grafis) dan Processor terlalu panas, dan RAM atau VGA Card rusak. Cara mengatasi laptop ngelag saat bermain game atau ngehang saat game masih berlangsung bisa Anda lihat di situs kami.

Begitu banyak artikel kita kali ini tentang cara mematikan laptop hang. Agar laptop Anda dapat digunakan kembali, Anda harus melakukan beberapa cara untuk mengatasi laptop yang sudah kami bahas di situs ini. Semoga artikel kami kali ini dapat bermanfaat bagi Anda untuk memperbaiki laptop yang ada dalam kondisi nge-hang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel