4 Cara Mengatasi Laptop Hanya Muncul Starting Windows (Mentok di Logo)

4 Cara Mengatasi Laptop hanya muncul starting windows (Mentok di Logo) Apakah Anda pengguna sistem operasi Windows? Jika demikian, tentu saja Anda perlu menguasai beberapa teknik pemecahan masalah dan cara untuk mengatasi kerusakan sistem operasi Windows. Ada banyak jenis masalah kesalahan di Windows yang dapat disebabkan karena berbagai hal, baik masalah sistem, aplikasi, perangkat keras dan lain sebagainya. Salah satu kerusakan yang dapat mempengaruhi Windows Anda, adalah penghentian sistem operasi Windows Anda di layar loading atau pada logo boot yang tidak kembali alias Anda terjebak dalam logo. Dengan kesalahan seperti ini tentunya Anda tidak dapat melakukan apa-apa dan mungkin komputer Anda juga tidak akan banyak berguna karena pekerjaan yang dibuat tidak akan bisa.

Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah ini, maka tentu saja Anda perlu mengetahui cara mengatasi laptop yang menempel di logo atau terjebak pada proses boot dan tidak pernah berakhir sehingga Anda tidak dapat bekerja dengan baik. Apa sajakah cara untuk memecahkan masalah komputer atau laptop yang terjebak dalam proses boot ini? Silakan gunakan beberapa cara alternatif untuk mengatasi laptop yang macet di logo di bawah ini ya.
4 Cara Mengatasi Laptop hanya muncul starting windows (Mentok di Logo)


1. Mengganti perangkat keras yang rusak

Windows yang ketika dihidupkan hanya berhenti dalam proses booting dapat disebabkan karena perangkat keras yang telah rusak. Salah satu perangkat keras tersebut adalah modul RAM. Modul RAM yang rusak pada satu chip akan membuat prosesor tidak akan dapat memproses instruksi dengan benar, mengalami kegagalan dan sejenisnya sehingga Windowsmu tidak akan bisa boot dengan sempurna dan hanya berhenti pada proses boot. Selain masalah RAM, perangkat lain seperti prosesor, VGA, monitor, atau bahkan IC juga cenderung menyebabkan Windows Anda tidak akan berhasil boot. Pada tingkat kerusakan yang sangat parah, sejak pertama kali Anda menyalakan laptop Anda, layar selamat datang standar dari BIOS tidak akan dapat berfungsi dengan baik.

Seperti yang kita ketahui, mengganti perangkat keras membutuhkan sejumlah kecil uang, kadang mencapai jutaan rupiah. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda tidak secara sembarangan dengan memutuskan untuk membeli ini atau itu ketika penyebab Windows booting sempurna Anda tidak tahu pasti. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu apa yang menyebabkan Windowsmu gagal boot, maka cukup atasi dengan langkah yang tepat. Tidak ada salahnya memastikan dengan meminta bantuan dari teman ahli atau tukang yang Anda percayai.

2. Melakukan install ulang Windows

Cara berikut mungkin salah satu cara yang kurang disukai oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang tidak suka repot menginstal Windows, adalah menginstal ulang sistem operasi Windows itu sendiri. Dengan menginstal ulang pada Windows, kita dapat menghapus semua file (dan tentu saja termasuk file pribadi) yang dapat menyebabkan kesalahan sehingga Anda dapat membuat Windows Anda berjalan lancar tanpa masalah, dengan kesalahan sumber adalah karena kerusakan pada sistem file.

Walaupun kedengarannya kuat, tetapi Anda juga tidak bisa langsung memutuskan untuk menginstal ulang itu hanya karena faktor risiko dan juga tingkat keberhasilan yang mungkin rendah, tergantung penyebab yang sebenarnya menyebabkan laptop kita tidak bisa boot dengan baik. Jika kegagalan boot Windows disebabkan karena sistem file yang rusak, kemungkinan langkah ini bisa mengatasinya. Namun, jika kegagalan boot yang dialami oleh laptop Anda karena bad sector pada hard drive, atau kerusakan perangkat keras lainnya misalnya, maka menginstal ulang Windows tidak akan banyak membantu.

3. Menghapus aplikasi penyebab gagal boot lewat safe mode

Mode aman adalah salah satu jenis boot Windows yang memungkinkan kita mengatasi berbagai masalah karena mode aman hanyalah fitur atau proses kunci yang akan diaktifkan oleh Windows. Oleh karena itu, dengan menggunakan mode ini, kita dapat menghapus file secara langsung, atau melakukan pemindaian virus secara efektif tanpa mengkhawatirkan penyebaran atau aktivitas virus di latar belakang. Oleh karena itu, cara berikutnya yang dapat Anda lakukan untuk memecahkan masalah laptop atau komputer yang tidak membuatnya menjadi Windows adalah masuk ke mode aman untuk mengutak-atik file sistem, melakukan pemindaian virus, dan sebagainya yang pada prinsipnya memastikan atau memperbaiki file yang rusak.

Untuk masuk safe mode, Anda bisa menekan F8 saat booting Windows berjalan, lalu akan muncul menu boot tambahan yang dimiliki oleh Windows. Cari menu mode aman, atau mulai lanjutan dan pilih mode aman, setelah itu laptop Anda akan dinyalakan kembali dan mulai lagi dengan masuk ke dalam sistem mode aman. Jika F8 tidak berfungsi, Anda dapat memasuki mode aman dengan kombinasi kombinasi keyboard lain sesuai dengan versi Windows Anda.

Setelah memasuki mode aman, maka sudah saatnya Anda menghapus aplikasi, memindai virus atau malware, menghapus instalan driver, dan file atau aplikasi lain yang menyebabkan kegagalan boot Windows. Namun, langkah ini mengharuskan kita untuk mengetahui file atau file apa yang menyebabkan Windows gagal untuk boot. Jika pada saat boot Anda melihat pesan tertentu seperti layar biru kematian, maka melalui pesan yang dapat Anda gunakan untuk mencari tahu file apa yang perlu dicegah atau diperbaiki sehingga Windows dapat berfungsi secara normal. Selain itu, Anda juga dapat mengandalkan memori dan log Windows yang merekam semua aktivitas sistem sehingga sangat membantu Anda menemukan aplikasi atau file apa yang membuat Windos Anda gagal untuk melakukan boot dengan benar.

4. Mengembalikan Wndows pada saat sebelumnya dengan memanfaatkan System Restore

Cara mengatasi laptop yang macet di logo berikut dapat Anda lakukan hanya jika Windows yang Anda miliki sudah atau telah membuat cadangan melalui fitur System Restore sebelumnya. Dengan menggunakan fitur ini Anda dapat mengembalikan sistem operasi Windows Anda ke keadaan saat Windows Anda masih baik-baik saja.

Namun, fitur ini hanya dapat mengatasi kegagalan boot ketika penyebabnya adalah masalah sistem file atau karena masalah aplikasi tertentu. Meskipun gagal booting terjadi karena kerusakan perangkat keras, kemudian memulihkan Windows mungkin tidak dapat membantu dengan cukup baik. Selain itu, fitur pemulihan sistem membutuhkan ruang atau ruang yang cukup besar. Bagi Anda yang memiliki ruang hard disk yang melimpah, tidak ada salahnya menggunakan fitur System Restore sebagai bentuk antisipasi ketika menghadapi kesalahan sistem operasi Windows yang terjadi karena masalah perangkat lunak. Namun, jika Anda memiliki hard drive kecil, maka tidak ada salahnya mematikan fitur ini dengan risiko harus menginstal ulang untuk memecahkan masalah kesalahan pada sistem operasi Windows Anda.

Itulah beberapa cara mengatasi laptop yang menempel di logo alias tidak bisa masuk Windows yang bisa Anda coba. Lacak blog ini ya, jadi Anda tahu tips dan trik komputer dan informasi lainnya yang penting untuk kami ketahui. Sampai ketemu lagi!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel