4 Cara Mengatasi Sound Speaker PC Tidak Bunyi / Tidak Bersuara pada Windows

4 Cara Mengatasi Sound Speaker PC Tidak Bunyi / Tidak Bersuara pada Windows
4 Cara Mengatasi Sound Speaker PC Tidak Bunyi / Tidak Bersuara pada Windows
Cara Mengatasi Sound Speaker PC Tidak Bunyi / Tidak Bersuara pada Windows. Hari ini komputer telah menjadi salah satu dari banyak perangkat yang dimiliki oleh orang-orang di Indonesia. Meskipun kehadiran komputer perlahan mulai 'terlantar' karena kehadiran laptop yang semakin hari menyebabkan laptop lambat dapat diatasi dengan baik, tetapi komputer rumah atau PC masih memiliki potensi yang luar biasa karena kita dapat melakukan build up yang fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan kita. Karena itulah komputer atau PC masih banyak digunakan oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang membutuhkan komputer canggih dengan melakukan perakitan-perakitan sesuai dengan keinginan mereka.

Meskipun komputer adalah salah satu perangkat yang saat ini dimiliki hampir semua orang di dunia, ada banyak masalah komputer yang tidak dapat ditangani semua orang. Bahkan beberapa masalah yang cenderung sepele atau biasa-biasa saja tidak dapat diselesaikan dengan baik jika Anda tidak tahu bagaimana menyelesaikannya.
4 Cara Mengatasi Sound Speaker PC Tidak Bunyi / Tidak Bersuara pada Windows


Masalah Suara di Windows

Salah satu masalah yang mungkin dialami pengguna komputer dengan sistem operasi Windows mungkin adalah tidak adanya suara atau tidak ada suara yang keluar dari sistem operasi, bahkan jika Anda telah memutar video, musik, atau sesuatu. Apakah ini masalah? Tentu saja ini bisa menjadi masalah! Masalah ini sama pentingnya dengan BSOD yang dapat Anda atasi dengan mengatasi layar biru Windows.

Mengetahui cara memperbaiki suara PC tidak terdengar pada Windows cukup penting. Itu karena suara adalah salah satu hal penting ketika Anda bekerja dengan laptop, apakah Anda mencoba untuk menonton video, mendengarkan musik, mengedit video dan sebagainya. Itu sebabnya Anda perlu tahu bagaimana menangani suara PC yang tidak berbunyi di Windows agar dapat mengatasi masalah Windows tidak muncul bunyi dengan mudah dan cepat, meskipun ada banyak kelebihan dan kekurangan Windows lainnya.

Lalu bagaimana cara memperbaiki PC suara yang tidak ada suara di Windows? Berikut beberapa cara untuk mengatasi suara PC yang tidak berbunyi
di Windows yang dapat Anda lakukan mulai sekarang. Silakan lanjutkan membaca di bawah ini ya!

1. Ganti soundcard atau kartu suara yang terpasang di komputer Anda

Suara atau suara yang dikeluarkan oleh komputer Anda, dikelola oleh perangkat perangkat keras tertentu yang lebih dikenal sebagai kartu suara. Soundcard menerima instruksi dari prosesor atau dari aplikasi yang Anda jalankan di PC atau dari Windows Anda untuk mengeluarkan suara tertentu, berdasarkan kode bit tertentu. Dengan kata lain, soundcard memiliki tugas mengubah input data digital menjadi data analog dan menghasilkan suara yang kemudian akan terdengar atau diproses melalui speaker, headset, atau perangkat keras keluaran suara lainnya. Karena itu, secara logis, jika perangkat kartu ini rusak, tentu saja suara itu tidak akan dikeluarkan oleh PC Anda yang berjalan dengan sistem operasi Windows.

Dengan kata lain, jika kartu suara komputer Anda rusak, maka yang harus Anda lakukan hanyalah menggantinya dengan perangkat kartu suara lain. Untuk memastikan perangkat kartu suara ini benar-benar rusak, Anda dapat mencoba mengujinya di komputer lain atau dengan menggunakan sistem operasi lain untuk melihat apakah berfungsi atau tidak. Langkah ini mirip dengan cara mengatasi suara PC yang tidak berbunyi.

2. Mengganti speaker

Selain suara, pembicara adalah bagian yang memainkan peran penting untuk membuat suara setelah diproses oleh kartu suara di komputer. Dengan kata lain, jika tidak ada suara yang keluar dari komputer, bisa jadi speaker dan bukan kartu suara di dalamnya. Oleh karena itu Anda harus membuat pembicara Anda dalam masalah atau tidak, dan setelah itu langkah selanjutnya adalah mengganti speaker ketika sudah pasti bermasalah dan tidak dapat berfungsi dengan baik.

3. Menginstall driver sound card
Selain masalah speaker dan masalah kartu suara, masalah yang membuat komputer Anda menjalankan Windows tidak dapat mengeluarkan suara adalah karena tidak ada driver yang tepat atau tepat untuk perangkat keras Anda. Windows  membutuhkan driver tertentu yang cocok dengan model perangkat serta versi bit Windows untuk menjalankan program dengan maksimal.

Melihat fakta-fakta ini, maka langkah kita selanjutnya untuk memecahkan masalah suara PC tidak berbunyi pada windows adalah menginstal driver kartu suara sesuai dengan model kartu suara yang Anda miliki agar fungsi soundcard dapat diaktifkan dengan baik. Jika Anda tidak memiliki driver kartu suara yang diperlukan untuk Windows, Anda dapat mengunduhnya dari banyak situs unduhan di internet untuk memastikan Anda memiliki materi yang sesuai dengan model kartu suara Anda.

Setelah Anda mengunduhnya, maka langkah selanjutnya adalah Anda harus menginstal aplikasi driver saat Anda menginstal aplikasi lain. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara menginstalnya, maka satu langkah yang dapat Anda lakukan adalah menginstal driver tanpa CD yang telah kita bahas di artikel lain.

4. Menginstall Codec
Selain masalah driver dan perangkat masalah seperti yang telah kita bahas di atas, salah satu masalah lain yang menyebabkan suara tidak keluar ketika Anda menggunakan komputer Anda adalah karena tidak ada codec atau kode bit suara decode untuk membaca atau memutar file suara yang ingin Anda mainkan. Sama seperti driver yang dapat Anda instal dengan perangkat lunak pencarian driver otomatis tanpa koneksi internet, codec juga dapat Anda instal dengan mudah lo.

Dalam bahasa sederhana, codec seperti 'driver' diperlukan oleh aplikasi yang Anda jalankan untuk dapat membaca data suara yang telah ditulis dalam file terenkripsi tertentu, seperti mp3, mpeg, aac, dan berbagai jenis file lainnya. Codec diperlukan agar aplikasi Anda dapat membaca kode suara yang terdapat dalam file yang ingin Anda mainkan. Hasil pembacaan ini akan dikeluarkan oleh kartu suara yang Anda miliki dan kemudian memberikan output ke speaker atau pengeluaran suara lain yang Anda miliki.

Lalu bagaimana Anda bisa mendapatkan dan menginstal codec ini? Caranya relatif mudah. Anda hanya perlu mengunduh codec yang tersedia di internet, atau jika Anda ingin menggunakan cara yang lebih mudah, Anda hanya perlu menginstal aplikasi codec seperti K-Lite Codec Pack, atau pemain tertentu yang pada saat yang sama menginstal yang diperlukan codec seperti AIMP, VLC dan sebagainya. Jangan lupa periksa penyebab RAM berkurang sehingga dalam instalasi codec bisa bekerja dengan sempurna.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi suara PC yang tidak berbunyi di Windows 7 yang bisa Anda lakukan mulai sekarang juga. Perlu diingat bahwa masalah komputer Anda tidak berbunyi pada Windows 7 di dapat disebabkan oleh banyak hal, oleh karena itu Anda harus memastikan terlebih dahulu dan kemudian menerapkan satu atau beberapa cara yang telah kami sampaikan di atas.

Jangan lupa pelajari cara mengatasi laptop hang ketika dinyalakan, penyebab laptop cepat panas, cara mengatasi layar hitam pada laptop Windows 7, dan artikel lainnya sehingga Anda lebih ahli dalam merawat laptop Anda ya!

Selamat memperbaiki komputer Anda!