4 Cara Menghapus Virus Trojan Secara Manual di Laptop / Komputer Windows

4 Cara Menghapus Virus Trojan Secara Manual di Laptop / Komputer Windows
4 Cara Menghapus Virus Trojan Secara Manual di Laptop / Komputer Windows
Cara Menghapus Virus Trojan Secara Manual di Laptop / Komputer windows. Virus Trojan atau disebut juga dengan nama yang lebih pendek yaitu trojan, adalah salah satu jenis virus yang banyak ditakuti oleh pengguna komputer. Virus ini menyebar dengan cepat untuk membebani kinerja sistem yang mengakibatkan komputer terasa lebih lambat, dan juga sangat sulit untuk dibuang atau dihancurkan dengan antivirus, karena ia memiliki mekanisme fail-safe yang dapat membuatnya aman dari deteksi atau dari penghapusan antivirus. upaya.

Meskipun trojan umumnya tidak memiliki mekanisme penyalinan otomatis, tetapi ketika trojan diinstal dengan benar pada sistem, trojan dapat mengambil tindakan serius seperti menghapus data, memblokir data, memodifikasi data, menyalin data, dan sebagainya tanpa diketahui oleh pengguna komputer diri . Oleh karena itu, pencuri informasi biasanya mengandalkan aktivitas pencurian data dengan mengirimkan berbagai jenis trojan ke berbagai sistem komputer yang dapat diakses olehnya. Karena itu, trojan dianggap sebagai salah satu masalah serius yang mengancam privasi seseorang.
4 Cara Menghapus Virus Trojan Secara Manual di Laptop / Komputer Windows

Oleh karena itu, maka Anda sebagai pengguna komputer, apakah sudah ahli atau belum, pasti harus tahu setidaknya cara-cara sederhana untuk melawan virus trojan tidak terus menyerang Anda. Salah satu hal yang perlu kita ketahui adalah cara menghapus trojan virus secara manual ketika kita sudah mengenali file trojan. Selain ancaman privasi terancam, komputer kita juga semakin lambat dan lambat, sehingga mau tidak mau Anda harus bisa menghapus trojan virus secara manual.

Apa yang perlu kita lakukan untuk menghapus trojan ini secara manual? Berikut ini beberapa langkah yang kami rangkum dari berbagai sumber. Harap dicatat sebelumnya bahwa langkah-langkah di bawah ini mungkin lebih efektif jika Anda memiliki antivirus yang dapat menjelaskan di mana dan apa trojan di komputer Anda, sehingga Anda tidak perlu ragu lagi ketika akan melakukan penghapusan trojan virus yang ada di komputer Anda. Namun, jika Anda sudah memiliki cukup pengalaman, mengidentifikasi file yang mencurigakan dapat dengan mudah dilakukan karena perilaku atau perilaku file yang mencurigakan kurang lebih sama.

Tanpa menunda-nunda lagi, berikut ini cara menghapus virus trojan secara manual yang dapat kamu lakukan.

1. Mematikan aktivitas trojan dari memori

Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah menghentikan aktivitas trojan dari memori komputer. Kita bisa melakukan ini menggunakan Task Manager. Tekan Ctrl + Alt + Del untuk menampilkan jendela Task Manager, buka tab "Processes", dan kemudian klik bagian "User Name" untuk mengurutkan proses apa pun yang sedang berjalan berdasarkan nama pengguna. Setelah itu, lihat apakah ada bagian yang terlihat mencurigakan. Jika perlu, kurangi satu per satu proses yang berjalan untuk mempersempit pencarian untuk proses yang mencurigakan.

Memuat virus trojan ke dalam memori biasanya merupakan file .exe. Oleh karena itu kita dapat mematikan semua file .exe yang berjalan di memori kita. Namun, jangan nonaktifkan atau matikan file yang masuk ke dalam kategori Sistem, Layanan Lokal, dan Layanan Jaringan, karena dapat membuat sistem kami mengalami kesalahan. Namun, ketahuilah bahwa ada juga trojan yang menyembunyikan diri dari Windows Task Manager, dan oleh karena itu kami membutuhkan aplikasi yang lebih kuat untuk melihat proses apa yang sedang berjalan di Windows seperti Process Explorer.

2. Menonaktifkan trojan dari Start-up Windows

Langkah selanjutnya untuk memberantas trojan adalah dengan menghapus kode untuk memulai trojan ketika komputer aktif, atau ketika start-up berjalan. Untuk menonaktifkan trojan memasuki memori dari start-up, kita perlu memodifikasi libido bintang yang kita miliki. Untuk dapat melakukannya juga relatif mudah.

Langkah pertama adalah menggunakan perintah msconfig. Caranya adalah dengan mengklik menu Start, buka aplikasi Run, maka cukup isi kotak input yang tersedia dengan msconfig, lalu tekan enter pada keyboard dan setelah itu akan muncul aplikasi System Configuration Utility. Di jendela yang muncul, pilih Startup. Jika Anda tidak tahu persis mana yang dimuat virus, Anda dapat memilih Nonaktifkan Semua untuk menonaktifkan semua runtimes dalam startup Windows. Tidak perlu khawatir karena dapat diaktifkan kembali jika trojan telah dibersihkan dari laptop atau komputer Anda. Tetapi jika Anda memahami virus mana yang tidak, tentu langsung menonaktifkan virus startup adalah hal yang lebih tepat.

3. Menghapus file trojan dari komputer

Langkah selanjutnya adalah menghapus file .exe yang dimiliki oleh trojan. Kita dapat menemukannya dengan menggunakan fasilitas pencarian bawaan Windows Explorer. Cara menemukan file virus (contoh: jolodong.exe) yang dimuat sebelumnya atau membuka dimemori atau startup Windows. Pastikan file yang sebelumnya tersembunyi (tersembunyi) ditampilkan oleh Windows Explorer sehingga kita dapat melihat secara lengkap file apa pun yang ada di hard drive.

File-file trojan biasanya disimpan oleh penulis di folder Windows atau System32 sehingga terkesan merupakan bagian dari sistem operasi dan membuat pengguna ragu untuk menghapusnya. Setelah ditemukan, hapus secara permanen dari hard drive Anda dengan menekan Shift + Delete dari keyboard.

4.Menghapus file virus dari registry

Setelah menghapus file virus dari hard drive, maka langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah menghapus virus dari registry komputer sehingga komputer kita tidak menyimpan informasi trojan. Untuk melakukan ini, oleh karena itu kita perlu membuka regedit dan menghapus trojan registry dengan menggunakan aplikasi.

Untuk membuka regedit, klik Start menu, kemudian klik Run dan masukkan regedit dan tekan enter. Setelah memasuki menu regedit, tekan CTRL + F lalu masukkan nama trojan yang sebelumnya telah kita temukan dari proses dan juga dari hardisk. Pilih temukan, kemudian ketika Anda telah menemukan, hapus semua registri yang terkait dengan file, satu per satu hingga tidak ada lagi masukan dengan nama trojan yang dapat ditemukan di registri komputer Anda. Langkah ini merupakan langkah penting karena dengan menghapus input registri ini, kami memblokir dan membebaskan komputer dari beban trojan.

Itulah beberapa langkah untuk menghapus virus trojan dari komputer Anda secara manual. Pada prinsipnya, melakukan penghapusan trojan hanya membutuhkan keberanian dan pengetahuan yang cukup tentang trojan yang Anda hadapi. Setelah dua hal terpenuhi, tanpa aplikasi apa pun Anda sudah dapat membersihkan trojan dari komputer Anda. Selamat atas trojan dan terus pantau DosenIT untuk kiat, trik, dan informasi tentang dunia komputer dan teknologi informasi terkini ya!