4 Cara Mudah Memperbaiki Flashdisk Minta Format Terus Menerus

4 Cara Mudah Memperbaiki Flashdisk Minta Format Terus Menerus
4 Cara Mudah Memperbaiki Flashdisk Minta Format Terus Menerus
Flashdisk adalah salah satu perangkat keras yang biasa digunakan oleh berbagai orang untuk bergerak menggunakan komputer. Karena itu, jika perangkat yang satu ini bermasalah, tak jarang pekerjaan kita menjadi terganggu. Karena itu, jika flashdisk rusak, seperti meminta diformat terus menerus, maka kita harus melakukan cara memperbaiki flash yang meminta agar format berlanjut dengan benar. Jika ini belum dilakukan, tentu kita akan tetap sulit dalam melakukan pekerjaan kita, apalagi jika flashdisk masih sering error. Data bisa hilang, meskipun ada cara untuk mengembalikan flash data yang hilang.

Apakah Anda sudah tahu cara memperbaiki flashdik yang meminta format berlanjut? Tenang saja, jika Anda tidak mengetahuinya, maka Anda bisa membaca artikel kami yang satu ini secara tuntas guna mencari tahu bagaimana cara yang tepat untuk memperbaiki pendrive dengan format yang tertunda. Dengan membaca artikel yang satu ini untuk menyelesaikan, Anda pasti tahu dan dapat mencoba untuk memperbaiki flash yang meminta format berlanjut dengan lebih mudah dan cepat.
4 Cara Mudah Memperbaiki Flashdisk Minta Format Terus Menerus

Apa sajakah cara untuk memperbaiki flashdisk yang diminta untuk format itu? Inilah beberapa di antaranya.

1. Melakukan Low Level Format

Melakukan format low lwvel adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki flashdik yang meminta agar formatnya berlanjut sekaligus tanpa perangkat lunak. Cara melakukan satu tindakan ini relatif mudah, yaitu Anda hanya perlu membuka aplikasi Manajemen Komputer melalui menu mulai di Windows. Atau jika Anda ingin memendekkannya, Anda dapat melakukannya dengan membuka melalui aplikasi Run, dengan menekan Win + R lalu mengetik compmgmt.msc dan menekan tombol enter pada keyboard.

Setelah melakukan hal di atas, maka jendela aplikasi manajemen komputer akan keluar. Dari jendela ini, Anda dapat menemukan lokasi flash drive Anda (tentu saja harus dicolok terlebih dahulu) kemudian Anda dapat memilih untuk memformat flash. Dalam opsi pemformatan yang muncul, Anda dapat memilih dengan tipe partisi FAT32.

Setelah melakukan hal di atas, Anda hanya perlu menunggu hingga proses pemformatan selesai. Setelah itu coba cabut dan masukkan kembali flashdisk Anda. Jika tidak ada permintaan muncul untuk memformat lagi, maka selamat karena flashdisk Anda telah berhasil dipulihkan. Tetapi jika tidak, Anda bisa lewat cara lain di bawah ini. Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak format flash terbaik untuk memformatnya.

2. Format flashdisk melalui CMD
Selain melakukan hal di atas, alternatif cara lain yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah pending format flash adalah menggunakan command prompt aplikasi atau CMD. Aplikasi "terminal" Windows memiliki fungsi yang sangat banyak, diantaranya dapat digunakan untuk memformat flashdisk atau harddisk yang kita miliki. Langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk memformat flash melalui CMD dapat Anda temukan di paragraf berikutnya. Dengan cara ini, Anda bisa melakukan cara untuk memperbaiki format flashdisk tanpa perangkat lunak dengan relatif cepat.

Cara pertama Anda harus pergi sehingga Anda dapat memformat dengan CMD tentu saja adalah menjalankan aplikasi CMD terlebih dahulu. Untuk melakukan ini, Anda dapat melakukan ini dengan membuka jendela Run dengan menekan tombol Win + R, dan setelah itu Anda hanya perlu mengetik "cmd" dan kemudian tekan enter pada keyboard.

Jendela command prompt akan keluar, dan setelah itu Anda perlu mengetikkan perintah "format [nama flash drive]". Ubah nama flash drive sesuai dengan nama drive yang muncul di laptop Anda. Sebagai contoh jika nama flash drive Anda adalah "H:", Anda harus mengetikkan perintah "format H:". Setelah mengetikkan perintah di atas, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menunggu proses pemformatan untuk dijalankan dan setelah itu hanya perlu melakukan pemeriksaan lagi untuk melihat apakah format yang Anda lakukan berhasil atau tidak.

3. Format flashdisk melalui CMD Versi Ke-2
Selain melakukan langkah-langkah di atas, Anda juga dapat menggunakan aplikasi CMD dengan cara lain untuk memformat flashdisk yang Anda miliki masalah. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi CMD dengan perintah chkdsk ke checkdisk pada flashdisk Anda. Bisakah kamu melakukannya? Jika Anda belum bisa melakukannya, maka Anda dapat membaca langkah-langkah di bawah ini.

Langkah pertama adalah membuka aplikasi command prompt. Seperti di atas, Anda dapat memulai prompt perintah melalui jendela yang dijalankan. Setelah command prompt terbuka, langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah mengetikkan perintah berikut "chkdsk [nama flash drive] / R". Anda harus mengganti nama drive agar sesuai dengan nama flash drive yang Anda miliki. Tunggu hingga proses perbaikan berlangsung.

Jika Anda ingin memformat secara langsung, langkah yang dapat Anda lakukan adalah mengetikkan perintah di jendela prompt perintah yang muncul "chkdsk [nama flash drive] / F". Dengan format perintah ini, Anda akan langsung membuat format pada flashdisk yang Anda miliki tanpa sebelumnya melakukan pemeriksaan kesehatan flash terlebih dahulu. Setelah melakukan ini, Anda bisa menerapkan cara membuat virus kekebalan flash dengan CMD untuk flash juga menjadi kebal terhadap virus.

4. Mengganti perangkat USB atau mencoba kembali memasukkan flashdisk

Selain mengambil langkah-langkah di atas, cara lain yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki flash Anda adalah meminta format kontinu adalah dengan melepas dan pasang perangkat flash Anda kembali ke slot USB yang dimiliki oleh komputer atau laptop yang Anda gunakan. Metode ini biasanya dapat mengatasi masalah format flash yang tertunda ketika Anda tidak sempurna memasukkan flash ke slot USB yang tersedia di laptop atau komputer Anda. Tentu saja cara ini tidak akan dapat mengatasi masalah format permintaan perangkat usb disebabkan karena masalah lain. Beberapa masalah ini, seperti masalah kerusakan permanen pada flashdisk dan lain sebagainya.

Itu semacam cara untuk memperbaiki format flashdisk yang dapat Anda terus lakukan dari sekarang. Dengan melakukan berbagai cara di atas, Anda dapat memperbesar kemungkinan lebih besar untuk memperbaiki pendrive Anda dalam format pendrive. Tentunya Anda harus berusaha mencari cara terbaik untuk memperbaiki flashdisk Anda yang sedang bermasalah. Tentu saja, Anda tidak akan dapat memperbaiki flash Anda dengan cara di atas jika masalahnya adalah masalah perangkat keras yang terdapat di flash Anda. Jangan lupa baca tips lain seperti cara membuat flash menjadi antivirus ya.

Semoga beberapa informasi di atas berguna bagi Anda ya. Selamat memperbaiki flash Anda!