5 Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi Menggunakan CMD Dengan Mudah

5 Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi Menggunakan CMD Dengan Mudah
5 Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi Menggunakan CMD Dengan Mudah
Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi Menggunakan CMD Dengan Mudah. Bagi kebanyakan orang, internet yang lambat membuat frustrasi. Terutama ketika Anda ingin melakukan pekerjaan yang membutuhkan koneksi internet untuk diselesaikan. Perlu diingat bahwa dalam koneksi wifi ada banyak faktor yang mempengaruhi, termasuk perangkat untuk internet dan fungsinya. Dalam artikel ini saya ingin berbagi tentang cara meningkatkan koneksi wifi menggunakan cmd.

CMD atau lebih dikenal dengan Command Prompt adalah antarmuka baris perintah atau penerjemah baris perintah yang disediakan oleh Microsoft untuk sistem operasi windows. Fungsi command prompt itu sendiri adalah menjalankan perintah dalam sistem komputer dengan antarmuka DOS.

5 Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi Menggunakan CMD Dengan Mudah

Untuk dapat melakukan cara meningkatkan koneksi wifi menggunakan cmd Anda tidak perlu menghafal perintah dasar cmd dan fungsinya untuk mendapatkan hasil koneksi dengan kinerja yang baik pada pc / laptop Anda. Sebelum Anda meningkatkan kecepatan koneksi wifi, harap perhatikan untuk memeriksa kecepatan koneksi wifi Anda saat ini. Anda dapat menggunakan cmd untuk mencari tahu. Ikuti perintah ini:


  1. Tutuplah semua program yang menggunakan bandwith internet yang sedang berjalan
  2. Buka aplikasi Run dari Windows dengan menekan tombol keyboard Windows+R
  3. Ketik cmd (tanpa spasi) untuk menjalankan dialog Run
  4. Selanjutnya ketik ping (kemudian spasi) diikuti dengan website yang anda ingin cek kecepatannya.
  5. Nantinya jendela dari command prompt tersebut akan menunjukkan jumlah minimum, maksimum dan kecepatan rata – rata yang anda miliki dalam milisecond.

Berikut ini cara meningkatkan kecepatan wifi internet dengan menggunakan CMD pada Windows xp / 7/8 / 8.1 / 10. Di sini saya akan membahas tentang empat cara untuk meningkatkan koneksi wifi dengan menggunakan cmd. Ini adalah cara termudah dan paling umum digunakan. Inilah caranya:

1. Cara mempercepat internet dengan menggunakan cmd

Berikut merupakan cara mempercepat internet dengan menggunakan cmd :


  • Pilih Windows Logo pada dekstop anda dan kemudian pada bagian Search ketik cmd atau command prompt, setelah muncul klik kanan pada icon cmd, dan kemudian pilih run as administrator
  • Setelah itu tekan enter, dan masukkan perintah berikutnya, ketik netsh int tcp show globaldan tekan enter
  • ketik netsh int tcp set chimney=enabled dan tekan enter
  • selanjutnya ketik netsh int tcp set global autotuninglevel=normal dan tekan enter.
  • yang terakhir ketik netsh set global congestionprovider=ctcp dan tekan enter

2. Mempercepat internet dengan membersihkan DNS melalui cmd
Saat kami menggunakan internet, komputer kami akan menyimpan banyak alamat IP dari berbagai situs web yang telah kami kunjungi. Ini dilakukan agar kita dapat mengakses berbagai halaman dengan lebih mudah. Namun, seiring waktu dan meningkatnya jumlah alamat IP yang tersimpan, sebagian alamat IP biasanya tidak digunakan oleh pengguna. Jadi akan lebih baik membersihkan alamat IP secara berkala. Pada awalnya Anda mungkin merasa internet Anda sedikit lebih lambat dari biasanya tetapi seiring waktu Anda akan mendapatkan peningkatan kecepatan koneksi wifi internet Anda. Langkah-langkah berikut untuk mengonfigurasi DNS melalui cmd:


  • pergi ke Windows Logo dan pada bagian Search.
  • ketik cmd atau command prompt, setelah itu klik kanan pada icon cmd kemudian pilih run as administrator
  • Kemudian tekan enter, dan masukkan perintah berikutnya, ketik ipconfig /flushdns dan ketik enter



3. Mempercepat Internet dengan netsh int ip reset

Cara ini merupakan alternatif dari cara yang pertama. Berikut merupakan langkah – langkah yang dapat anda lakukan:


  • Sama seperti pada langkah sebelumnya buka command prompt sebagai administrator untuk menjalankan program command prompt
  • setelah itu tekan enter, dan masukkan perintah berikutnya
  • ketik netsh int ip reset c:\resetlog.txt dan tekan enter


4. Mempercepat internet dengan ping to default gateway

Cara ini akan membuat komputer anda terhubung secara terus menerus dengan sebuah server yang hendak di ping. Nantinya perintah ini akan dapat membantu dalam meningkatkan koneksi wifi internet dengan server yang dituju.


  • sama seperti langkah sebelumnya buka command prompt sebagai administrator untuk menjalankan program command prompt. Sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya ada perlu untuk mengetahui cara cek ip address pada perangkat anda anda.
  • Jika anda tidak mengetahui default gateway anda ketik ipconfig. Nantinya akan muncul informasi yang berhubungan dengan ip anda.
  • Ketika anda sudah mengetahui default gateway anda jalankan ping tersebut secara berkelanjutan dengan mengetik ping -t <alamat default gateawy anda> contohnya ping -t 172.2.010.1

Cara yang sudah disebutkan tidak terbatas hanya pada penggunaan wifi tapi juga dapat digunakan pada jaringan LAN, MAN, dan WAN.

Dengan mengikuti langkah – langkah diatas anda dapat dengan mudah meningkatkan koneksi wifi dengan menggunakan cmd. sampai jumpa lagi diartikel selanjutnya.

Itu tadi artikel tentang cara meningkatkan koneksi wifi menggunakan cmd. Sampai jumpa lagi diartikel selanjutnya.